Comscore Tracker

Kesuksesan Liverpool Musim Lalu Telah Meningkatkan Omzet Klub

Kesuksesan Liverpool masih berlanjut di musim ini

Kesusksesan Liverpool musim lalu memenangi Liga Champions yang keenam kalinya telah membuat omzet Liverpool telah meningkat dari 78 juta pound menjadi 533 juta, dari hasil perhitungan musim 2018/2019. Omzet yang meningkat juga karena bergabungnya sembilan mitra baru untuk klub dan penjualan di toko resmi yang meningkat.

Laba Liverpool di musim 2018/2019 sebelum dipotong pajak sebesar 42 juta pound tidak sebesar periode sebelumnya yang mencapai 125 juta pound, pencapaian tersebut terbantu dengan penjualan Philippe Coutinho ke Barcelona.

1. Mengalami peningkatan pendapatan

Kesuksesan Liverpool Musim Lalu Telah Meningkatkan Omzet Klubgoal.com

Omzet Liverpool yang naik dari 78 juta pound menjadi 533 juta pound, karena berbagai sektor pendapatan Liverpool mengalami peningkatan pendapatan media meningkat dari 41 juta pound menjadi 261 juta pound, komersial dari 34 juta pound menjadi 188 juta pound dan dari pertandingan dari 3,5 juta pound menjadi 84 juta pound.

Pendapatan yang bertambah juga diikuti tagihan gaji yang naik dari  263 juta pound di 2017-18 menjadi 310 juta pound di 2018-19, angka tetap berada di sekitar 58% dari omzet klub.

Liverpool juga berhasil mengurangi utangnya. Utang bersih bank mereka telah turun dari 46 juta pound menjadi hanya 12 juta, sementara utang antar perusahaan mereka, yang terkait dengan pinjaman pemilik klub Fenway Sports Group (FSG) mengambil peran untuk membiayai pembangunan tempat utama baru di Anfield, turun dari 100 juta pound menjadi 79 juta pound. Liverpool memakai fasilitas kredit mereka untuk membiayai pembangunan kembali Anfield Road sebesar 60 juta pound, tanpa perlu pinjaman kedua dari FSG.

2. 223 juta pound habis untuk belanja pemain

Kesuksesan Liverpool Musim Lalu Telah Meningkatkan Omzet Klubskysports.com

Selama musim 2018/2019 Liverpool menghabiskan 223 juta pound untuk memperkuat skuad dengan belanja pemain. Pemain yang dibeli, yaitu Alisson Becker, Naby Keita, Fabinho dan Xherdan Shaqiri. Liverpool juga memberikan kontrak jangka panjang untuk Salah, Mane, Firmino, kapten klub Jordan Henderson dan sejumlah pemain lainnya.

Baca Juga: Diincar Barcelona dan Manchester United, Werner Ingin Gabung Liverpool

3. Ekspansi klub semakin berkembang

Kesuksesan Liverpool Musim Lalu Telah Meningkatkan Omzet Klubpremierleague.com

Ekspansi klub Liverpool semakin berkembang toko resmi klub mengalami peningkatan kunjungan. Toko baru juga akan dibuka di Malaysia dan Thailand. Liverpool juga membuka toko di Amazon untuk menjual ke Amerika, Kanada dan Jerman. Pesanan toko daring telah dikirim ke lebih dari 190 negara.

4. Andy Hughes investasi Liverpool sukses

Kesuksesan Liverpool Musim Lalu Telah Meningkatkan Omzet Klubskysports.com

Chief Operating Officer (COO) klub Liverpool Andy Hughes, dikutip dari Sky Sports mengatakan bahwa investasi Liverpool yang dikeluarkan lebih dari 220 juta pound telah sukses dan membuat klub mengalami peningkatan secara komersial.

5. Liverpool juga investasi untuk fasilitas klub

Kesuksesan Liverpool Musim Lalu Telah Meningkatkan Omzet Klubskysports.com

Dilansir dari Sky Sports Andy Hughes juga mengatakan bahwa Liverpool akan berinvestasi 50 juta untuk meningkatkan fasilitas tempat latihan baru di Kirkby dan kapasitas Anfield akan ditingkatkan menjadi 61.000 di musim 2022/2023. Berikut pernyataan Andy Hughes.

"Apa yang kami lihat adalah pertumbuhan berkelanjutan di semua area klub yang selaras dengan kinerja terkini di lapangan."

"Sejak periode pelaporan ini kami terus berinvestasi kembali dalam infrastruktur klub, dan kami menantikan pembukaan pangkalan pelatihan baru kami di Kirkby menjelang musim baru yang akan menyediakan fasilitas kelas satu untuk para pemain dan staf kami."

"Kami juga baru saja menyelesaikan konsultasi tahap kedua tentang perluasan yang diusulkan dari Anfield Road Stand yang akan membuat peningkatan kapasitas stadion, memberikan lebih banyak pendukung kesempatan untuk melihat tim. Ada lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan dan yang terpenting kami akan melanjutkan dialog kami dengan semua pemangku kepentingan utama termasuk penduduk lokal, bisnis dan kelompok masyarakat."

"Hasil keuangan ini dan periode pertumbuhan solid yang berkelanjutan ini merupakan bukti kepemilikan kami, Fenway Sports Group, yang terus mendukung ambisi klub dan terus berinvestasi kembali pendapatan baik dalam memperkuat skuad tim dan infrastruktur klub untuk membangun masa depan."

Kesuksesan Liverpool musim lalu telah memberikan banyak dampak secara komersial untuk pertumbuhan klub.

Baca Juga: Liverpool Terancam Kehilangan Salah di Awal Musim Depan

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya