Comscore Tracker

8 Pemain La Masia yang Debut Musim Pertama Guardiola di Barcelona

Hanya Pique dan Busquets yang menjadi andalan Barcelona

Pada 2008 Barcelona memilih Pep Guardiola pelatih Barcelona B menjadi pelatih tim senior menggantikan Frank Rjikaard.  Selama empat tahun melatih Barcelona Guardiola mempersembahkan dua gelar Liga Champions, tiga gelar La Liga dan dua Cop del Rey. Guardiola juga sukses mengantarkan Barcelona meraih treble winner di musim pertamanya.

Di musim pertamanya, Guardiola melepas beberapa pemain senior mumpuni, mendatangkan beberapa pemain baru dan memberi kesempatan delapan pemain jebolan La Masia untuk debut. Berikut ini delapan pemain jebolan La Masia tersebut.

1. Oier

8 Pemain La Masia yang Debut Musim Pertama Guardiola di Barcelonaskysports.com

Oier harus bersaing ketat saat diberikan kesempatan menembus tim utama dia harus bersaing dengan Victor Valdes, Jose Pinto dan Jorquera yang jauh lebih berpengalaman. Debut Oier tiba saat Barca bermain seri 2-2 di Copa del Rey melawan CD Alcoyano.

Oier harus menunggu lebih dari setahun untuk kembali diberikan kesempatan tampil. Penampilannya yang kurang memuaskan membuat Barca melepasnya ke Granada di 2014. Kemudian dia bergabung ke Levante di 2017 dan mulai memperoleh kesempatan tampil reguler.

2. Gerard Pique

8 Pemain La Masia yang Debut Musim Pertama Guardiola di Barcelonaskysports.com

Pique merupakan jebolan La Masia yang sempat pindah ke Manchester United di 2004, tapi kurang diberikan kesempatan tampil, Guardiola yang melihat potensinya membawa Pique kembali ke Barca di musim panas pertamanya.

Pique bisa membuktikan kemampuannya di Barcelona di musim pertamanya meraih tiga gelar, termasuk mengalahkan MU di final Liga Champions. Sejak kembali ke Baraca, Pique tak tergantikan sebagai bek andalan Barcelona.

3. Alberto Botia

8 Pemain La Masia yang Debut Musim Pertama Guardiola di Barcelonagivemesport.com

Alberto Botia mendapat kesempatan debut di pertandingan terakhir Barcelona musim 2008/2009. Botia masuk sebagai pengganti Pique di laga imbang 2-2 melawan Deportivo.

Penampilan tersebut menjadi yang pertama dan terakhir Botia di tim senior, setelahnya Botia di pinjamkan ke klub lain dan dilepas secara permanen di 2010 ke Sporting Gijon. Kemudian Botia membela Sevilla, Elche, Olympiakos, Al-Hilal, dan Al-Wehda klub Arab Saudi.

4. Marc Muniesa

8 Pemain La Masia yang Debut Musim Pertama Guardiola di Barcelonaskysports.com

Muniesa sempat dianggap akan menjadi bintang masa depan Barca dia debut pada usia 17 tahun 56 hari. Muniesa harus menunggu tiga tahun lagi untuk diberikan kesempatan tampil di musim 2011/2013. Total Muniesa hanya bermain empat kali di Barcelona.

Muniesa dilepas Barcelona pada tahun 2013 ke Stoke City kembali ke La Liga pada tahun 2018 membela Girona. Saat ini, Muniesa membela Al-Arabi klub asal Qatar. 

Baca Juga: Gagal Juara La Liga, Ini 10 Pemain Barcelona dengan Banderol Tertinggi

5. Victor Sanchez

8 Pemain La Masia yang Debut Musim Pertama Guardiola di Barcelonaskysports.com

Seperti Oier, Sanchez membuat penampilan pertamanya di Barcelona dalam hasil imbang 2-2 dengan CD Alcoyano. Selama di Barca, Victor Sanchez gagal bersaing dan hanya membuat delapan kali penampilan.

Sanchez sempat dipinjamkan selama dua musim ke klub lain, sebelum dilepas permanen ke Neuchatel Xamax di 2011. Setahun kemudian Sanchez kembali ke kota Barcelona membela Espanyol sampai saat ini.

6. Sergio Busquets

8 Pemain La Masia yang Debut Musim Pertama Guardiola di Barcelonatribuna.com

Salah satu pemain La Masia yang sukses diberikan debut oleh Guardiola ialah Sergio Busquets.  Busquets telah menjadi andalan Guardiola sejak di Barcelona B. Sampai saat ini perannya sebagai gelandang bertahan Barcelona masih sulit tergantikan.

Sergio Busquets debut saat meraih hasil imbang 1-1 melawan Racing Santander. Di musim pertamanya tersebut total penampilan Sergio Busquets 41 kali, termasuk penampilan di final Liga Champions.

7. Thiago Alcantara

8 Pemain La Masia yang Debut Musim Pertama Guardiola di Barcelonaskysports.com

Thiago Alcantara debut ketika berusia 18 tahun, sebagai pemain pengganti saat kalah 2-1 di Mallorca. Selama lima musim di Barca penampilan Thiago tidak jelek hanya saja sulit baginya untuk menggeser posisi Busquets, Xavi dan Iniesta.

Pada tahun 2013 Guardiola melatih Bayern dan membawa Thiago ke Bayern disana Thiago menjadi andalan Guardiola.

8. Xavi Torres

8 Pemain La Masia yang Debut Musim Pertama Guardiola di Barcelonagivemesport.com

Xavi Torres debut menjelang akhir musim 2008/2009 saat melawan Mallorca. Torres tidak mampu bersaing dia hanya tampil dua kali sebelum dilepas pada 2009 ke Malaga. 

Setelah dari Malaga klub yang dibela adalah Levante, Getafe, Betis, Sporting Gijón,  Perth Glory, Elche, dan kini sama seperti Muniesa memebela Al-Arabi.

Itulah delapan pemain jebolan La Masia yang debut di musim pertama era kejayaan Barcelona bersama Pep Guardiola. Banyak dari mereka gagal bersaing Barcelona saat itu memiliki skuad yang sangat kuat dan sulit tergantikan.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Dani Olmo, Calon Bintang Spanyol Lulusan La Masia

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya