12 Rekrutan Gratis Terbaik Sejak Tahun 2000, Termasuk Pirlo

Kualitas mereka tidak ditentukan dari harga

Untuk memboyong pemain mumpuni klub-klub Eropa tak segan mengeluarkan dana besar, terutama klub besar. Transfer hampir mencapai 100 juta euro sudah sering dilakukan dalam beberapa tahun terakhir. 

Namun terkadang untuk memperoleh pemain hebat tidak diperlukan dana besar, bahkan bisa diperoleh dengan gratis. Sejak tahun 2000 sampai saat ini ada 12 pemain gratis terbaik. Berikut ini 12 pemain gratis tersebut.

1. Andrea Pirlo

12 Rekrutan Gratis Terbaik Sejak Tahun 2000, Termasuk Pirloen.as.com

Kehebatan Pirlo mengolah si kulit bundar sudah tak perlu diragukan lagi. Juventus sangat beruntung memperoleh Pirlo secara gratis di 2011. Bergabungnya Pirlo menandai awal dominasi Juventus di Serie A.

Empat tahun berseragam Juventus penampilan cemerlang ditunjukkan Pirlo di 164 laga dan berhasil memboyong empat Scudetto. 

2. Sol Campbell

12 Rekrutan Gratis Terbaik Sejak Tahun 2000, Termasuk Pirloskysports.com

Kontrak dengan Spurs yang berakhir di 2001, Campbell lalu melanjutkan karier di Arsenal. Kepindahan Campbell ke Arsenal membuatnya tidak disukai banyak penggemar Spurs.

Campbell menjalani lima musim yang sukses bersama Arsenal dengan meraih dua gelar juara Premier League dan Piala FA. 

3. Robert Lewandowski

12 Rekrutan Gratis Terbaik Sejak Tahun 2000, Termasuk Pirloplanetfootball.com

Dortmund gagal mempertahankan Robert Lewandowski pindah ke Bayern Munich. Untuk kesekian kalinya bintang Dortmund pindah ke Bayern.

Sejak bergabung ke Bayern di 2014 Lewandowski selalu tampil produktif dalam mencetak gol, dan menjadi adalan klub dalam mendominasi Bundesliga.

4. James Milner

12 Rekrutan Gratis Terbaik Sejak Tahun 2000, Termasuk Pirloliverpoolfc.com

Di tahun 2015 Liverpool beruntung mendapatkan James Milner yang memiliki banyak pengalaman secara gratis. Hadirnya Milner memberikan dampak besar untuk Liverpool bukan hanya permainannya yang bagus, tapi juga mentalitas kemenangan yang ditanamkan kepada para pemain Liverpool.

Milner telah membantu Liverpool menjadi yang terbaik di Liga Champions musim 2018/2019 dan menjadi juara Premier League musim 2019/2020.

5. Miroslav Klose

12 Rekrutan Gratis Terbaik Sejak Tahun 2000, Termasuk Pirlogoal.com

Kontrak dengan Bayern Munich yang tak berlanjut di tahun 2011 membuat  Miroslav Klose pindah ke Serie A membela Lazio. Di usia 33 tahun Klose menunjukkan bahwa dia masih tajam sebagai penyerang.

Selama lima musim bermain untuk Lazio, Klose tampil dalam 170 laga dan mencetak 64 gol. Klose merupakan top skor sepanjang masa Lazio untuk pemain dari luar Italia.

6. Esteban Cambiasso

12 Rekrutan Gratis Terbaik Sejak Tahun 2000, Termasuk Pirlogoal.com

Jarang dimainkan, Cambiasso dilepas Real Madrid ke Inter secara gratis di tahun 2004. Di Inter Cambiasso menunjukkan kehebatannya dengan menjadi andalan klub selama satu dekade. 10 tahun di Inter, Cambiasso tampil di 431 laga dan memenangkan lima gelar Serie A, empat Coppa Italia dan satu trofi Liga Champions.

Setelah 10 tahun di Inter kepindahan secara gratis kembali dilakukan Cambiasso yang kali ini menuju Leicester. Cambiasso membantu klub bertahan di Premier League dan menjadi pemain terbaik klub musim 2014/2015. Cambiasso hanya setahun di Leicester dia tidak menikmati musim luar biasa Leicester yang menjuarai Premier League.

Baca Juga: 10 Rekrutan Gratis dengan Nilai Pasar Tinggi dalam Sejarah Sepak Bola!

7. Jay Jay Okocha

12 Rekrutan Gratis Terbaik Sejak Tahun 2000, Termasuk Pirloplanetfootball.com

Pemain bintang asal Nigeria, Jay Jay Okocha diperoleh Bolton secara gratis di 2002. Jay Jay Okocha menjadi salah satu pemain kunci Bolton yang melaju ke kompetisi UEFA Cup.

8. Paul Pogba

12 Rekrutan Gratis Terbaik Sejak Tahun 2000, Termasuk Pirlojuvefc.com

Pogba diperoleh Juventus secara gratis di tahun 2012 Pogba berkembang dengan baik di Juventus dan menjadi andalan klub. Empat tahun di Juventus, Pogba selalu menjuarai Serie A.

Pogba juga menjadi sumber dana melimpah untuk klub saat dilepas kembali ke MU dengan harga 89 juta pounds.

9. Michael Ballack

12 Rekrutan Gratis Terbaik Sejak Tahun 2000, Termasuk Pirloskysports.com

Michael Ballack adalah kapten Jerman dan baru saja memenangkan gelar Bundesliga ketiganya dalam empat musim bersama Bayern Munich. Ballack yang tidak memperpanjang kontrak di Bayern hengkang ke Chelsea di 2006.

Ballack bergabung ke Chelsea yang sedang dalam performa impresif. total Ballack mencatatkan 166 penampilan selama empat tahun dan memenangkan satu gelar Premier League, dua Piala FA dan satu Piala Liga.

10. Raul Gonzalez

12 Rekrutan Gratis Terbaik Sejak Tahun 2000, Termasuk Pirloplanetfootball.com

Raul yang menjadi andalan Real Madrid selama 18 tahun pindah ke Schalke di tahun 2010 tanpa imbalan. Raul dengan mudah beradaptasi di tim barunya dan membawa klub ke semifinal Liga Champions 2011 dan posisi ketiga Bundesliga di tahun 2012.

Dua musim bermain untuk Schalke, Raul menjadi andalan di lini depan dengan catatan 40 gol dari 98 laga.

11. Henrik Larsson

12 Rekrutan Gratis Terbaik Sejak Tahun 2000, Termasuk Pirloskysports.com

Henrik Larsson yang produktif mencetak gol di Celtic berhasil direkrut Barcelona tanpa bayaran. Larsson  menggambarkan kepindahan itu sebagai impian yang terwujud.

Meski tidak menjadi pemain reguler dan hanya mencetak 19 gol dalam dua musim, Larsson memberikan kontribusi penting dalam pertandingan terakhirnya untuk klub di final Liga Champions 2006, ketika masuk dari bangku cadangan untuk berkontribusi dalam dua gol comeback 2-1 melawan Arsenal.

12. Gary McAllister

12 Rekrutan Gratis Terbaik Sejak Tahun 2000, Termasuk Pirloliverpoolecho.co.uk

Sebuah keputusan tepat dilakukan Liverpool  di tahun 2000 dengan mengontrak Gary McAllister. Saat itu McAllister telah berusia 35 tahun, tapi dia berhasil menjadi andalan di musim perdanannya dan tampil dalam 49 laga.

Bukan hanya itu saja McAllister berkontribusi membantu Liverpool meraih Piala FA, Piala Liga dan UEFA Cup.

Meskipun didapatkan secara gratis, gak mengurangi performa dari para pemain tersebut. Mereka tetap tampil maksimal dan berprestasi. Beberapa pemain di atas ada yang dianggap sudah habis masa kejayaannya, tapi dengan klub baru mereka berhasil tampil impresif dan memenangi gelar.

Baca Juga: Habis Kontrak, 7 Pemain Top Ini Bisa Didapatkan Gratis di Akhir Musim

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya