7 Rekrutan Pertama Pep Guardiola Saat Melatih Barcelona

Tinggal Pique saja yang masih bertahan di Barcelona

Pep Guardiola melatih Barcelona dari 2008-2012 membawa klub meraih 14 gelar yaitu tiga gelar La Liga, tiga Piala Super Spanyol, dua Copa del Rey, dua Liga Champions, dua Piala Super UEFA, dan dua Piala Dunia Antarklub FIFA.

Di musim pertamanya melatih tim senior Barcelona, Pep Guardiola mengantarkan klub meraih treble winner. Di musim pertamanya tersebut Guardiola memboyong tujuh pemain, siapa saja mereka? Simak di sini untuk mengetahuinya.

1. Dani Alves

7 Rekrutan Pertama Pep Guardiola Saat Melatih Barcelonatribuna.com

Tahun 2008 Pep Guardiola membuat Barcelona mengeluarkan 31,95 juta pounds untuk untuk bek kiri Sevilla, Dani Alves. Pada masa itu merupakan dana yang banyak untuk pemain berposisi bek.

Dani Alves yang dikenal akan kecepatannya tidak hanya pandai bertahan, namun juga kerap kali membantu menyerang. Dani Alves membuktikan diri sebagai bek sayap mumpuni di era modern. Di Barcelona, Alves bertahan delapan tahun tampil di 391 laga. Saat ini Alves membela Sao Paolo.

2. Aleksandr Hleb

7 Rekrutan Pertama Pep Guardiola Saat Melatih Barcelonamarca.com

Pep Guardiola mendatangkan Aleksandr Hleb dari Arsenal dia buka rekrutan yang terlalu buruk, tapi juga tidak bisa dikatakan bagus. Barcelona memboyongnya dari Arsenal dengan biaya 15,3 juta pounds.

Hleb bermain 36 kali di musim pertamanya dan gagal menyumbangkan gol. Tiga musim berikutnya Hleb hanya dipinjamkan, sebelum dilepas Barcelona ke Krylia Sovetov di 2012. Di usia 38 tahun saat ini Hleb masih terus bermain.

3. Martín Caceres

7 Rekrutan Pertama Pep Guardiola Saat Melatih Barcelonawhatculture.com

Martin Caceres dikenal sebagai bek tengah asal Uruguay yang serba bisa diboyong dengan biaya 14,85 juta pounds, namun di Barcelona penampilannya jauh dari berkesan Caceres tampil 23 kali selama tiga tahun di Barcelona.

Pada tahun 2011 Caceres dilepas ke Sevilla dengan harga murah dan saat ini dia bermain untuk Fiorentina.

Baca Juga: 5 Pemain yang Jadi Andalan Pep Guardiola Saat Membesut Bayern Munchen

4. Seydou Keita

7 Rekrutan Pertama Pep Guardiola Saat Melatih Barcelonaskysports.com

Seydou Keita merupakan salah satu pemain Afrika yang sukses di Barcelona. Keita diboyong dari Sevilla dengan mahar 12,6 juta pounds. Selama empat tahun kariernya di Barcelona total penampilan Keita sebanyak 188 kali.

Keita hengkang dari Barcelona di tahun yang sama saat Guardiola berhenti melatih Barcelona di 2012. Keita kemudian membela Dalian Aerbin klub  asal Tiongkok, lalu kembali ke La Liga membela Valencia, kemudian pindah ke Roma, dan pensiun pada 2018 di Qatar setelah membela El-Jaish.

5. Henrique

7 Rekrutan Pertama Pep Guardiola Saat Melatih Barcelonasportskeeda.com

Pemain Barcelona yang bergabung di 2008 dan tidak pernah tampil untuk klub adalah Henrique diboyong dengan dana 7,2 juta pounds. Selama empat tahun Henrique hanya ipinjamkan yaitu ke Bayer Leverkusen, Racing Santander dan Palmeiras di Palmeiras kemudian dipermanenkan.

Henrique saat ini bermain di Timur Tengah membela Ittihad Kalba klub asal Uni Emirat Arab.

6. Gerard Pique

7 Rekrutan Pertama Pep Guardiola Saat Melatih Barcelonaskysports.com

Rekrutan paling sukses Guardiola selama di Barcelona adalah Gerad Pique dari Manchester United yang diperoleh dengan harga murah hanya 4,5 juta pounds. Sampai saat ini Pique masih menjadi bek andalan Barcelona.

Pique merupakan didikan La Masia, tapi pindah ke Manchester United di 2004 dan Guardiola memulangkannya ke Barcelona di 2008 Pique menjadi salah satu pemain kunci dalam meraih treble winner.

7. Jose Manuel Pinto

7 Rekrutan Pertama Pep Guardiola Saat Melatih Barcelonaskysports.com

Pep Guardiola juga mendatangkan kiper di musim pertamanya dia mengontrak kiper veteran Pinto yang berstatus bebas transfer. Pinto menghabiskan karier di Barcelona sampai tahun 2014 dia tampil sebanyak 90 kali menjadi kiper cadangan andalan Barcelona.

Dari tujuh pemain di atas hanya Pique dan Keita yang bermain secara reguler untuk Barcelona dan menjadi andalan. Yang mana pemain andalanmu?

Baca Juga: Diberi Modal Rp2,7 Triliun, Pep Guardiola Siap Boyong David Alaba!

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya