Piala Asia U-23 2020: Selamat! Korea Selatan Menjadi Juara

Piala Asia U-23 pertama untuk Korea Selatan

Final Piala Asia U-23 2020 dua kontestan terbaik akan saling bertemu, yaitu Korea Selatan berhadapan dengan Arab Saudi. Keduanya akan berhadapan pada hari Minggu (26/1/2020).

Rajamangala Stadium akan menjadi tempat berlangsungnya pertandingan final. Korea Selatan berhasil menjadi juara setelah Jeong Tae-Wook mencetak satu-satunya gol di laga ini.

1. Perjalanan kedua tim menuju final

Piala Asia U-23 2020: Selamat! Korea Selatan Menjadi Juarathe-afc.com

Kedua tim lolos dari fase grup sebagai juara grup. Arab Saudi sebagai juara Grup B dengan mengumpulkan 7 poin. Lalu di perempat final berhasil menang 1-0 dari tuan rumah, Thailand. Di semifinal Arab Saudi juga menang 1-0 dari Uzbekistan.

Sementara itu Korea Selatan yang mencatatkan hasil sempurna di fase Grup C terus berlanjut sampai menuju final. Di perempat final Korea Selatan berhasil menang 2-1 dari Yordania lalu ketika semifinal melawan Australia berhasil menang 2-0. 

2. Tidak ada gol di babak pertama

Piala Asia U-23 2020: Selamat! Korea Selatan Menjadi Juarathe-afc.com

Jeong Woo-yeong mendapat kesempatan di menit ke-20 akan tetapi, kiper Al Yami bereaksi dengan cepat sebelum ada tendangan mengarah ke gawangnya.

Arab Saudi mulai mengancam melalui Abdullah Al Hamdan, tapi masih gagal. Oh Se-hun melakukan tembakan, namun belum membuat Korea Selatan memperoleh skor.

Baca Juga: Piala Asia U-23 2020: Korea Selatan Melaju ke Final

3. Babak kedua tetap sama kuat

Piala Asia U-23 2020: Selamat! Korea Selatan Menjadi Juarathe-afc.com

Selepas jeda Korea Selatan mengancam melalui Lee Dong-jun, tapi ditepis oleh tangan kiri Al Yami. Korea Selatan memperoleh beberapa peluang yang berbahaya, namun belum ada yang berhasil menjadi gol.

Pertandingan babak kedua berakhir 0-0.

4. Jeong Tae-Wook membawa Korea Selatan juara

Piala Asia U-23 2020: Selamat! Korea Selatan Menjadi Juarathe-afc.com

Pertandingan berlanjut ke babak perpanjangan waktu. Kedua tim berusaha memperoleh angka. Arab Saudi harus merelakan gelar juara, setelah pemain Korea Selatan Jeong Tae-Wook memperoleh gol di menit ke-113.

Lee Dong-gyeong melakukan tendangan bebas yang akurat, dengan memberikan bola kepada Jeong Tae-Wook yang memasukkan bola dengan sundulan.

5. Tim yang pernah menjadi juara

Piala Asia U-23 2020: Selamat! Korea Selatan Menjadi Juarathe-afc.com

Piala Asia U-23 telah diselenggarakan sebanyak empat kali dan keempat edisi tersebut memiliki juara yang berbeda-beda. Iraq memenangi edisi pertama di 2013. 3 tahun setelahnya Jepang yang menjadi juara. Uzbekistan berhasil menjadi juara dalam edisi sebelumnya, pada tahun 2018. Lalu sekarang Korea Selatan yang menjadi juara di 2020.

Selamat untuk Korea Selatan U-23 yang berhasil menjadi juara Piala Asia.

Baca Juga: Piala Asia U-23 2020: Arab Saudi Sukses Mengalahkan Uzbekistan 1-0

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya