Apes, Deretan Kesialan Vietnam Saat Bertemu Timnas Indonesia

Agak sedih juga sih

Piala AFF U-18 sedang bergulir, empat dari sebelas negara sudah dipastikan lolos ke semifinal. Timnas Indonesia sendiri dijadwalkan akan bertemu dengan tim kuat Thailand pada 15 September mendatang. Di pertandingan lain, akan ada pertemuan antara Malaysia dengan Myanmar.

Indonesia sendiri lolos dengan perolehan sembilan poin, sama seperti Myanmar dan Vietnam. Namun ketidakberuntungan ada di pihak Vietnam. The Golden Stars muda terjerumus pada pertandingan akhir melawan Myanmar. Sungguh sial, padahal sebelumnya mereka tampil sangat impresif dengan perolehan gol yang cukup banyak, bahkan sempat membenamkan Indonesia 3-0.

Uniknya, kekalahan Vietnam juga tak lepas dari "ulah" pasukan garuda. Artinya, kegagalan Vietnam banyak dipengaruhi oleh Indonesia, baik secara langsung maupun tidak. Berikut ini rentetan kesialan timnas Vietnam yang IDN Times rangkum.

Kegagalan lolos di fase grup AFF U-18.

Apes, Deretan Kesialan Vietnam Saat Bertemu Timnas Indonesia  vov.vn

Tampil cukup meyakinkan pada awal laga, Vietnam justru terseok di pertandingan terakhir. Dirangkum dari AseanFootball, Vietnam sempat menjadi pemimpin klasemen hingga pertandingan ketiga. Mereka mengantungi tiga kemenangan menyakinkan dengan membungkam Brunei 8-1, melibas Filipina 5-0, dan bahkan mempermalukan Garuda Muda 3-0.

Nahas bagi Vietnam, saat tiket ke semifinal sudah di depan mata, tim asuhan Hoang Anh Tuan justru dikalahkan Myanmar 1-2 dalam laga yang dihelat di Stadion Thuwunna, Yangon, Rabu (13/9/2017). Andai Indonesia tak menang dengan skor besar, sebenarnya Vietnam masih bisa lolos karena mereka memiliki surplus gol 14. Sayangnya, Indonesia justru menghujani Brunei dengan 8 gol. Artinya, Indonesia dan Myanmar sama-sama memiliki surplus 17 gol.

Kegagalan lolos di fase grup SEA Games 2017.

Apes, Deretan Kesialan Vietnam Saat Bertemu Timnas Indonesia  bola.com

Nguyen Cong Phuong cs sempat tampil sangat impresif di SEA Games 2017. Dirangkum dari situs lokal Vietnam vov.vn, mereka menghancurkan Timor Leste dengan skor 4-0, menggrogoti Kamboja dengan 4-1, dan terakhir mempermalukan Filipina 4-0.

Kesialan Vietnam dimulai saat mereka hanya bisa bermain imbang 0-0 melawan Timnas Indonesia U-22. Padahal, saat itu Indonesia harus bermain dengan 10 orang pemain lantaran salah satu pemain terkena kartu merah. The Golden Stars pun akhirnya pulang dengan kekecewaan mendalam setelah pada pertandingan akhir penyisihan Grup B (24/9/17) kalah 0-3 dari Thailand. Sebaliknya, timnas Indonesia U-22  sendiri berhasil menjungkalkan Timor Leste 2-0 dan membuat mereka lolos ke semifinal.

Baca juga: Deretan WAG's dari Pemain Timnas Indonesia, Tak Kalah Anggun Lho

Kesialan Vietnam juga terjadi di level senior.

Apes, Deretan Kesialan Vietnam Saat Bertemu Timnas Indonesia  foxsportasia.com

Kesialan juga terjadi pada tim senior mereka. Pada semifinal Piala AFF 2016 misalnya, Vietnam tersingkir oleh Indonesia. Kalah 1-2 di Pakansari, Vietnam harus puas bermain imbang 2-2 di leg kedua. Hal serupa juga terjadi pada gelaran piala AFF 2010 yang saat itu masih bernama Piala Tiger. Kala itu, Indonesia sukses meredam Vietnam pada babak semifinal dengan skor 3-2 di Rajamangala Stadium, Bangkok.

Tapi, kesialan-kesialan tak lantas membuat Vietnam bisa dianggap remeh. Sepak bola tidak mengenal adanya keberuntungan atau kesialan dalam bentuk apapun, semua bisa saja terjadi kebetulan.

Baca juga: 7 WAGs Inilah yang Bikin Semangat Timnas U-22 Berlipat

Topik:

Berita Terkini Lainnya