Comscore Tracker

2 Opsi Marc Klok ke Persija: Pinjam atau Beli dari PSM Makassar?

Persija sudah melakukan komunikasi untuk datangkan Klok

Jakarta, IDN Times - Pembina Persija, Ardhi Tjahjoko, buka suara terkait kemungkinan merapatnya pemain PSM Makassar, Marc Klok ke skuat besutan Sergio Arias di Liga 1 2020.

Kans tim asal ibu kota itu untuk mendapatkan Klok memang besar mengingat sudah adanya komunikasi yang dilakukan oleh kedua belah pihak.

"Pasti ke Persija? Kabar burung itu. Saya lihat dari pelatih memang sudah ada komunikasi, kemungkinan memang (bergabung dengan Persija) ada dari pelatih juga," kata pria yang juga merupakan anggota TNI Angkatan Udara tersebut kepada awak media di Stadion Soemantri Bojonegoro, Jakarta, Senin (27/1).

1. Manajemen Persija sudah lakukan komunikasi dengan Klok

2 Opsi Marc Klok ke Persija: Pinjam atau Beli dari PSM Makassar?instagram.com/marcklok

Selain itu, Arias juga sebelumnya mengatakan sudah tahu kemampuan Klok di lapangan. Bahkan, pelatih berpaspor Brasil itu secara terang-terangan sangat tertarik dengan kemampuan klok. Hal itu menyiratkan, jika Arias juga menginginkan jasa pemain yang tengah berusaha dinaturalisasi itu untuk musim ini.

"Sejauh ini, manajemen ada komunikasi dengan Klok, pelatih juga. Tapi finalnya belum tahu kami, tergantung nanti. Opsi peminjaman atau pembelian gitu," ujar Ardi yang sejak dua musim terakhir menjadi manajer Persija.

2. Klok sempat memperkuat Jong FC Utrecht

2 Opsi Marc Klok ke Persija: Pinjam atau Beli dari PSM Makassar?Dok. Istimewa (PSSI.org)

Secara kualitas, pemain kelahiran Belanda itu memang layak masuk dalam daftar pemain Persija, karena ia berhasil membuktikan kualitasnya semasa membela PSM Makassar.

Secara usia, ia juga masih sangat produktif lantaran masih berusia 26 tahun. Hal itu membuat Persija punya opsi untuk memberikan kontrak jangka panjang bagi Klok.

Pengalamannya tampil di kompetisi Belanda juga sangat banyak. Memulai karier sebagai pemain junior Klok tercatat pernah bergabung dengan di AVV Zeeburgia dan Utrecht. Itu membuatnya memiliki karakter sebagai gelandang modern saat ini.

Klok baru memulai petualangannya sebagai pemain profesional saat naik kelas dari pemain junior ke tim Jong FC Utrecht pada 2011. Ia mampu menyumbangkan dua gol bagi klub tersebut dalam 17 kali penampilannya di lapangan.

3. Klok mampu menunjukkan performa gemilang bersama PSM walau datang sebagai debutan di Liga 1

2 Opsi Marc Klok ke Persija: Pinjam atau Beli dari PSM Makassar?Instagram / marcklok

Klok kemudian berganti-ganti klub dengan hengkang ke Liga Skotlandia bersama Ross County (2013-2014). Lalu, pindah ke Bulgaria untuk membela Cherno More selama dua musim (2014-2016), ke Inggris berkarier dengan Oldham Athletic (2016), dan kembali ke Skotlandia dengan berseragam Dundee (2017).

Setelah itu, Klok akhirnya didatangkan oleh Robert Alberts, pelatih PSM saat itu untuk memperkuat lini tengah Juku Eja. Datang sebagai debutan, Marc Klok ternyata mampu membuktikan diri bisa tampil baik bersama klub asal Sulawesi Selatan itu. Hingga saat ini ia sudah mencatatkan 83 penampilan dan mencetak 14 gol dari di semua kompetisi.

Baca Juga: Farias Sebut Pemain Asing Persija, Marc Klok atau Keisuke Honda?

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya