2 Pesaing Berat Timnas Indonesia Menang Perdana di Piala AFF 2020

Malaysia dan Vietnam meraih tiga poin di laga awal

Jakarta, IDN Times - Dua lawan terberat Timnas Indonesia di babak penyisihan grup B berhasil meraih hasil positif dalam laga pertamanya di Piala AFF 2020. Vietnam dan Malaysia sama-sama meraih tiga poin usai menundukkan lawannya masing-masing.

Skuad Negeri Jiran mampu mengandaskan Kamboja 3-1 dalam duel yang digelar di Bishan Stadium, Singapura, Senin (6/12/2021) pukul 16.30 WIB. Sementara, Vietnam berhasil menggilas Laos 2-0 dalam pertandingan yang digelar di tempat yang sama pukul 19.30 WIB.

1. Malaysia sempat mendapatkan perlawanan sengit dari Kamboja

2 Pesaing Berat Timnas Indonesia Menang Perdana di Piala AFF 2020Timnas Malaysia raih kemenangan perdana di Grup B Piala AFF usai mengandaskan Kamboja 3-1 pada Senin (6/12/2021). (affsuzukicup.com).

Malaysia yang sempat dibuat kesulitan Kamboja sepanjang laga, mampu tampil cerdik. Tim besutan Tan Cheng Hoe ini unggul pada menit 22 lewat sepakan penanti Safawi Rasid. Keunggulan satu gol Malaysia atas Kamboja itu pun bertahan hingga turun minum.

Mereka baru bisa menambah keunggulan mencetak gol Akhyar Rashid menit 61. Selanjutnya, Kogileswaran Raj kembali memperlebar jarak menjadi 3-0 saat 12 menit sebelum laga berakhir.

Kamboja baru bisa mencetak gol hiburan lewat Sath Rosib di pengujung laga. Ia membubuhkan namanya di papan skor melalui titik putih.

Baca Juga: Buka Piala AFF, Presiden FIFA: Momentum Sepak Bola ASEAN Mendunia

2. Vietnam tekuk Laos dengan skor 2-0

2 Pesaing Berat Timnas Indonesia Menang Perdana di Piala AFF 2020Timnas Vietnam meraih kemenangan perdana di Grup B Piala AFF usai mengandaskan Laos 2-0 pada Senin (6/12/2021). (affsuzukicup.com).

Sementara, pada laga lainnya Vietnam tampil digdaya atas Laos. Tim beustan Park Hang Seo baru bisa membuka keunggulan pada menit 26 lewat pemain andalannya, Nguyen Cong Phuong. Setelah itu, mereka tak dapat mencetak gol lagi di sisa babak pertama.

Baru usai turun minum Vietnam tampil lebih agresif. Namun, hanya satu gol saja yang berhasil dilesakan skuad The Golden Star. Gol itu lahir dari kaki penyerang Vietnam, Phan Van Duck, pada menit 55. 

Walau berusaha keras untuk menekan pertahanan Laos, mereka masih kesulitan mencetak gol. Sehingga, duel ini pun berakhir dengan kedudukan 2-0 untuk kemenangan Vietnam.

3. Malaysia pimpin klasemen Grup B dan Vietnam berada di peringkat dua

2 Pesaing Berat Timnas Indonesia Menang Perdana di Piala AFF 2020Timnas Vietnam meraih kemenangan perdana di Grup B Piala AFF usai mengandaskan Laos 2-0 pada Senin (6/12/2021). (affsuzukicup.com).

Dengan hasil itu, Malaysia untuk sementara memimpin klasemen Grup B dengan catatan tiga poin. Mereka berhasil mencetak tiga gol dan kemasukan sekali dalam satu laga yang sudah dijalani.

Sedangkan, Vietnam menempel ketat Malaysia di tempat kedua dengan catatan poin serupa. Mereka hanya kalah produktif dari pemuncak klasemen, karena baru bisa mencetak dua gol saja dalam satu laga yang sudah dijalani.

Timnas Indonesia tentu harus mewaspadai kedua tim tersebut. Jika ingin langkahnya dipermudah, skuad Garuda harus bisa meraih kemenangan dengan skor telak dalam dua laga awal. Sehingga, mereka tinggal mengejar kemenangan tipis saja dalam dua laga terakhirnya saat berjumpa Vietnam dan Malaysia. 

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia di Fase Grup Piala AFF 2020

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya