22 Pemain Timnas U-16 yang Diboyong Bima Sakti Lawan UEA

Timnas U-16 melakukan persiapan menuju Piala Asia U-16

Jakarta, IDN Times - Timnas U-16 dipastikan bakal berangkat ke Uni Emirat Arab (UEA) untuk menjalani rangkaian uji coba pada Senin (19/10/2020). Sebanyak 22 pemain diboyong untuk dilihat performanya dalam pertandingan internasional.

Penggawa Garuda Muda yang dibawa kali ini merupakan hasil seleksi yang sudah dilakukan saat pemusatan latihan terakhir pada 21 September-3 Oktober 2020.

Menurut rencana, Timnas U-16 akan melakoni dua laga uji coba melawan UEA U-16 pada 21 dan 24 Oktober 2020.

1. Timnas U-16 yang berangkat ke UEA didominasi muka lama

22 Pemain Timnas U-16 yang Diboyong Bima Sakti Lawan UEALatihan Tim Nasional U-16 di Stadion Patriot Bekasi (IDN Times/Herka Yanis)

Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti mengungkapkan, dari 22 nama pemain yang dibawa ke UEA, mayoritas diisi muka-muka lama. Hanya ada beberapa nama baru saja yang kali ini bakal menjalani debut internasional bersama skuat Garuda Muda di laga uji coba.

“Yang pasti sejak awal kami sudah punya kerangka timnya. Kami sudah memanggil beberapa pemain lain di luar kerangka tim yang ada sebagai tambal sulam. Hal ini kami lakukan karena tim membutuhkan beberapa posisi yang perlu diperkuat lagi.“ kata Bima Sakti.

2. Penambahan pemain dilakukan untuk mengganti pemain yang cedera

22 Pemain Timnas U-16 yang Diboyong Bima Sakti Lawan UEALatihan Tim Nasional U-16 di Stadion Patriot Bekasi (IDN Times/Herka Yanis)

Mantan pelatih Persiba itu juga mengutarakan jika penambahan pemain ini dilakukan untuk memperkuat kedalaman skuat Timnas U-16 kala bentrok dengan UEA. Terlebih, kali ini Bima kehilangan beberapa pemain yang mengalami cedera, termasuk pemain andalannya Rui Arianto.

“Cederanya Rui Arianto di posisi sayap kiri mengurangi kekuatan kami. Kemudian dengan posisi bek kanan juga harus diperkuat lagi, karena pos tersebut ditinggal oleh almarhum Alvin. Jadi kami harus mencari pengganti mereka yang hampir sama kualitasnya. Kemudian ada beberapa pemain tidak kami bawa karena tentu disesuaikan dengan regulasi” ujar pelatih berusia 42 tahun tersebut.

Baca Juga: 30 Nama Dipanggil TC Ketiga Timnas U-16, Ada 7 Pemain Baru

3. Fahmi Alvin Setyawan berpotensi jalani debut bareng Timnas U-16

22 Pemain Timnas U-16 yang Diboyong Bima Sakti Lawan UEATimnas U-16 menggelar TC perdana di tengah pandemik COVID-19, Senin (6/7/2020) (Dok. IDN Times/PSSI).

Beberapa wajah lama yang menghiasi skuat Timnas U-16 memang merupakan langganan yang acap kali jadi andalan Bima Sakti, sebut saja Marselino Ferdinan, Alexandro Felix Kamuru, Marcell Januar Putra, sampai Muhammad Valeron. Sementara, nama baru yang mendapatkan kesempatan langka ini, salah satunya adalah Fahmi Alvin Setyawan.

Pemain PSS itu pun bersyukur bisa masuk dalam skuat Timnas U-16 yang mentas di UEA. Dia pun bakal memanfaatkannya untuk menunjukkan performa gemilang dan membuktikan diri pantas dipercaya oleh Bima Sakti.

“Adaptasi awalnya sulit, tetapi teman-teman terbuka dan kami berteman semuanya. Saya sangat bangga bisa terpilih karena ini pertama kalinya saya mengikuti training camp di Timnas U-16. Ini kesempatan saya untuk membela negara dan membanggakan orang tua saya” kata Alvin.

4. Ini daftar pemain Timnas U-16 yang dibawa lawan UEA

22 Pemain Timnas U-16 yang Diboyong Bima Sakti Lawan UEASkuat Timnas Indonesia U-16 saat menjalani pemusatan latihan beberapa waktu lalu. pssi.org

Timnas U-16 sendiri kini dipersiapkan untuk menghadapi Piala AFC U-16 2020 yang rencananya akan digelar pada awal tahun 2021 . Sebagai salah satu persiapan, skuat Garuda Asia akan melakoni laga uji coba internasional kontra timnas UEA U-16.

 

Inilah 22 pemain yang diboyong Bima Sakti untuk menjalani uji coba kontra Uni Emirat Arab

1. I Made Putra Kaicen - Bali United
2. Raka Octa Bernanda - PSS Sleman
3. Mochamad Aditya Rangga Saputra - Persebaya Surabaya
4. Marcell Januar Putra -Bali United
5. Mikael Alfredo Tata - Waanal Bintuka FC
6. Alexandro Felix Kamuru - Barito Putera
7. Ferre Murari Albahar -Bhayangkara FC
8. Aditiya Daffa Al Haqi - Barito Putera
9. Dimas Juliono Pamungkas -Persib Bandung
10. Resa Aditya Nugraha - Persija Jakarta
11. Mochamad Faizal Shaifullah -Persela Lamongan
12. Raka Cahyana Rizky -Persija Jakarta
13. Marselino Ferdinan Philipus - Persebaya Surabaya
14. Diandra Diaz Dewari - Persib Bandung
15. Ahmad Athallah Araihan - SKO Ragunan
16. Vito Ramadyzky Chairil - Persikabo
17. Valeroen Irwan Yamin - Persib Bandung
18. Fahmi Alvin Setyawan - PSS Sleman
19. Muhammad Rafly Ikram Selang - SSB Insan Cendikia
20. Wibi Alprahmudi Mulyono - SSB Gemars
21. Muhammad Tezar Briantama - SSB Asiop Jakarta
22.Muhammad Raufa Aghastya - SSB Por Uni Bandung

 

 

Ikuti terus perkembangan dari persiapan Timnas U-16 di IDN Times!

Baca Juga: Ini Jadwal Uji Coba Timnas U-19 di Kroasia Selama Oktober

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya