Comscore Tracker

3 Fakta Menarik di Balik Duel Skotlandia vs Republik Ceko

Skotlandia andalkan Andy Robertson

Jakarta, IDN Times - Walau tak seperti duel Belanda vs Ukraina yang sangat ditunggu kiprahnya di Piala Eropa 2020, pertarungan kontestan Grup D, yakni Skotlandia dengan Ukraina tak bisa dilewatkan begitu saja. Kedua tim ini menegaskan siap bersaing dan membuktikan diri tak kalah kelas dari lawan lainnya. 

Semua mata bakal tertuju pada duel Skotlandia di Hamperd Park, Senin (14/6/2021). Para pendukung sudah melakukan penanantian panjang selama 23 tahun untuk menyaksikan tim kesayangannya mentas di Piala Eropa. 

Sementara, Republik Ceko yang tampil lebih banyak di ajang ini, juga tak mau kalah. Meski minim pemain bintang, kolektivitas mereka diprediksi bakal menyulitkan lawan-lawanya di Grup D, termasuk Skotlandia.

Selain itu, masih banyak  beberapa catatan menarik yang menghiasi laga ini. Berikut merupakan fakta-fakta unik di balik duel Skotlandia kontra Republik Ceko.

1. Penantian Skotlandia 23 tahun

3 Fakta Menarik di Balik Duel Skotlandia vs Republik CekoAndrew Robertson di Timnas Skotlandia (instagram.com/andyrobertson94)

Skotlandia baru dua kali tampil di Piala Eropa, yakni 1992 dan 1996. Mereka sempat tampil sangat baik hingga akhirnya bisa masuk ke Piala Dunia 1998. Hanya saja, prestasi tim menurun tajam hingga dua dekade terakhir.

Meski banyak pemain bintang yang tampil di Liga Inggris, Skotlandia tetap tak mampu kembali berkiprah di kompetisi bergengsi. Setelah usaha berkali-kali, mereka akhirnya berhasil tampil ke putaran final ajang ini melalui babak play-off.

Baca Juga: 5 Pemain Ternama yang Masuk ke Skuad Timnas Ceko di Piala Eropa 2020

2. Republik Ceko mengandalkan pengalaman tampil di Piala Eropa 2020

3 Fakta Menarik di Balik Duel Skotlandia vs Republik CekoTimnas Republik Ceko. (worldsoccer.com).

Republik Ceko sudah enam kali tampil di enam edisi perhelatan ajang ini, dengan rincian (1996, 2000, 2004, 2008, 2012, 2016). Di edisi kali ini, mereka lolos dengan status runner-up dengan meraih 15 poin dari delapan laga (5 menang dan tiga kalah). Mereka berhasil mencetak 13 gol dan 11 kemasukan.

Mereka bakal mengandalkan Patrick Schick dengan mencetak empat gol di babak kualifikasi. Setidaknya ia menjadi jaminan untuk bisa jadi mesin gol untuk menjaringkan bola ke pesaing-pesainya di Grup D.

3. Duel Skotlandia dan Republik Ceko masih seimbang

3 Fakta Menarik di Balik Duel Skotlandia vs Republik CekoGOOGLE SOURCE

Duel Skotlandia melawan Republik Ceko di ajang internasional sudah berjalan sembilan kali. Kedua tim tampil sama kuat dengan meraih masing-masing empat kemenangan, dan satu kali pertandingan berakhir imbang.

Namun, itu semua terjadi bukan di turnamen besar resmi. Terakhir kali Skotlandia menang atas Ceko adalah di UEFA Nation League, yakni menang di laga tandang 1-2 dan 1-0 di kandang.

Hanya saja, itu tak bisa jadi patokan, kedua tim ini untuk pertama kalinya bertemu di ajang besar. Walhasil, mereka pasti tampil habis-habisan agar bisa meraih kemenangan dalam duel ini.

Baca Juga: Kembali ke Piala Eropa Setelah 23 Tahun, Skotlandia Pede Rebut Poin 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya