3 Fakta Menarik di Balik Kekalahan Liverpool dari West Ham

Rekor 25 laga nirkalah Liverpool harus terhenti

Jakarta, IDN Times - Liverpool akhirnya tumbang di Premier League musim 2021/22. Bentrok dengan tuan rumah, West Ham United, Mohamed Salah dan kolega harus menyerah 2-3 dalam duel yang digelar di London Stadium, Minggu (7/11/2021).

Tiga gol kemenangan West Ham lahir lewat gol bunuh diri Alisson Becker (4'), Pablo Fornals (67'), dan Kurt Zouma (74'). Sementara, dua gol Liverpool dicetak Trent Alexander-Arnold (41') dan Divock Origi (83').

Kekalahan ini membuat Liverpool harus turun kasta. Dengan meraih enam kemenangan, empat imbang, dan sekali kalah, Liverpool ada di posisi empat, digusur oleh West Ham.

Selain catatan baru tersebut, berikut fakta-fakta menarik yang lahir usai Liverpool dikalahkan West Ham seperti dikutip Opta.

1. Rekor tak terkalahkan Liverpool terhenti

Rentetan nirkalah Liverpool yang sudah tercipta dalam 25 laga terakhir akhirnya harus terhenti. Mereka harus puas mencatatkan 18 kemenangan dan tujuh hasil imbang dalam perjalanannya, sebelum akhirnya kalah dalam pertandingan ke-26. Walhasil, rekor tak terkalahkan terpanjang kedua dalam sejarah klub berakhir.

Liverpool juga pernah mencatatkan rekor tanpa kekalahan dalam 25 aksinya di berbagai kompetisi. Hal itu terjadi pada 39 tahun silam, tepatnya pada 1982 saat diperkuat legenda-legenda seperti Kenny Dalglish, Ian Rush, hingga Greame Souness.

Kekalahan ini juga memastikan tak ada lagi klub yang nirkalah di Premier League musim ini. Sebelumnya, hanya Liverpool yang tersisa dan tak terkalahkan dalam 10 pekan pertama kompetisi edisi kali ini. 

Baca Juga: Alisson Jadi Biang Kerok Liverpool Kalah

2. Meraih poin tertinggi ketiga sepanjang 2021

3 Fakta Menarik di Balik Kekalahan Liverpool dari West HamWest Ham mampu menghentikan rekor nirkalah Liverpool. (Twitter/@LFC).

West Ham sebetulnya tak diperhitungkan untuk menghentikan rekor tersebut. Maklum, mereka bukan musuh bebuyutan, layaknya Manchester United atau Everton.

Kemenangan ini membuat West Ham mampu merangsek ke peringkat tiga klasemen sementara Premier League dengan raihan 23 poin dari 11 laga, melewati Liverpool yang baru mengumpulkan 22 poin.

Catatan itu membuat West Ham jadi klub ketiga yang bisa meraih poin paling banyak sejak memasuki 2021 di Premier League. Mereka mengoleksi 65 poin hingga 11 bulan terakhir. Catatan itu hanya kalah dari Manchester City (83 poin) dan Chelsea (67 poin).

3. Moyes akhiri kutukan saat jumpa Liverpool

David Moyes mengakhiri kutukan saat berhadapan dengan Liverpool. Dia harus melewati 14 pertandingan tanpa kemenangan jika berhadapan klub asal Merseyside itu, selama menjadi manajer Everton, Manchester United, Sunderland, hingga West Ham, dengan rincian empat hasil imbang dan 10 kekalahan.

Menariknya, kemenangan yang dipersembahkan Moyes juga sangat istimewa. Sebab, itu jadi tiga poin pertama The Hammers dalam 11 duel terakhirnya melawan Liverpool.

Sejak didapuk menjadi manajer West Ham, Moyes memang menunjukkan kebangkitan sebagai seorang juru taktik. Sebab, performanya sempat menurun tajam usai dipecat MU beberapa tahun lalu. 

Baca Juga: West Ham Bongkar Resep Jitu Bungkam Liverpool

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya