Comscore Tracker

3 Fakta Menarik di Balik Kemenangan ManCity Atas Brighton

Phil Foden tampil cemerlang bersama The Citizen

Jakarta, IDN Times - Manchester City lagi-lagi tampil gemilang dalam laga lanjutan Liga Inggris 2021/2022. Kali ini, giliran Brighton & Hove Albion yang merasakan keperkasaan tim besutan Pep Guardiola tersebut.

Bertandang ke markas Brighton di Falmer Stadium, Sabtu (23/10/2021) malam, ManCity langsung tak memberi ampun tuan rumah dengan skor 1-4. Empat gol kemenangan mereka dicetak Ilkay Gundogan (13’), Brace Phi Foden (28’, 31’) dan Riyadh Mahrez (92’).

Satu gol hiburan tuan rumah dilesakan lewat titik putih dari Alexis Mac Allister sembilan menit sebelum laga berakhir.

Penampilan menawan The Citizen begitu mendominasi Birghton dalam duel ini. Alhasil, beberapa catatan mentereng dalam laga ini pun bisa dibukukan beberapa penggawa ManCity.

Berikut adalah fakta menarik di balik kemenangan ManCity atas Brighton. 

1. Gundogan selangkah lagi melewati rekor Mesut Ozil sebagai pemain Jerman tersubur

Gundogan mampu mengontrol lini tengah ManCity sepanjang pertandingan. Tak hanya itu, perannya dalam gol-gol yang diciptakan tim dalam laga ini sangat besar, salah satunya adalah lesakannya di awal yang membuat mereka unggul lebih dulu atas Brighton menit 13.

Dikutip dari William Hill, catatan gol tersebut terasa semakin istimewa bagi penggawa Timnas Jerman tersebut. Ia sudah mengoleksi 30 gol selama menjalani karier di Liga Inggris sejak lima tahun terakhir. Hal itu membuatnya kini dinilai sebagai salah satu gelandang sukses skuad Der Panzer.

Kini, Gundogan membutuhkan empat gol lagi untuk bisa melewati catatan Mesut Ozil (33 gol) sebagai pemegang rekor gol terbanyak di Liga Inggris. Hal itu tak akan sulit diraih eks pemain Borussia Dortmund tersebut. Mengingat ia merupakan pemain andalan Pep Guardiola di lini tengan ManCity.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik di Balik Kemenangan PSG atas ManCity

2. Kontribusi nyata Phil Foden

3 Fakta Menarik di Balik Kemenangan ManCity Atas Brightonpremierleague.com

Satu lagi pemain andalan ManCity yang acap kali tampil menawan jika diberi kesempatan. Ia adalah Phi Foden. Dalam duel melawan Brighton, ia terlibat dalam tiga gol yang diciptakan ManCity sepanjang pertandingan.

Foden mampu mencatatkan dua gol dan satu assist untuk membawa ManCity menang. Catatan gemilang itu dilengkapi dengan statistik menawan dengan akurasi umpan 94 persen, delapan tendangan dan empat di antaranya tepat sasaran, dan menciptakan dua peluang.

Tentu performanya ini membuktikan jika Foden sangat layak diberi kepercayaan lebih oleh Pep Guardiola. Maklum, selama musim ini, ia tak selalu jadi pilihan utama di lini depan ManCity karena harus bersaing dengan banyak pemain berkualitas lainnya.

3. Dominasi ManCity atas Brighton di Liga Inggris semakin kentara

Dominasi ManCity atas Brighton semakin kentara. Kemenangan ini membuat mereka memperpanjang rekor tak terkalahkan dalam sembilan pertemuannya di Liga Inggris. Total, mereka meraih delapan kemenangan dan sekali imbang, sudah termasuk laga terakhir yang dimainkan.

ManCity juga memperpanjang rekor tak terkalahkan musim ini di Liga Inggris. Usai dibekuk Tottenham Hotspurs saat memulai langkah di Premier League, ManCity dalam delapan pertandingan terakhirnya tak lagi merasakan pahitnya kekalahan.

Tentu hal itu membuat mereka tetap menjaga peluang mempertahankan gelar juara Liga Inggris musim ini.

Baca Juga: Brighton Dihajar Manchester City 1-4, Guardiola Puji Pemain

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya