Comscore Tracker

3 Pemain Kamboja yang Patut Diwaspadai Timnas Indonesia

Kamboja mengalami kekalahan pada laga perdana Piala AFF

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia bakal memulai langkahnya di Piala AFF 2020. Mereka akan diuji Kamboja dalam duel babak penyisihan Grup B yang digelar di Bishan Stadium, Singapura, Kamis (9/12/2021).

Skuad Garuda datang dengan motivasi tinggi dalam pertandingan nanti, karena mereka mengusung misi menang dalam laga perdananya. Hal itu dilakukan guna menjaga kans Timnas Indonesia lolos ka fase gugur.

Walau pada pertandingan pertama Kamboja menelan kekalahan, hal itu tak menjamin tim besutan Shin Tae Yong mudah meraih kemenangan. Sebab, Malaysia saja dibuat kesulitan saat berhadapan dengan tim yang dijuluki Pasukan Angkor itu. 

Selain ditangani duet pelatih asal Jepang, yakni Ryu Hirose dan Keisuke Honda, skuad Kamboja juga diisi pemain-pemain berkualitas. Walhasil, Timnas Indonesia harus mewaspadai ledakan yang bisa muncul dalam duel nanti.

Lalu, siapa saja penggawa Kamboja yang perlu diwaspadai? Berikut pemain-pemain yang berpotensi merepotkan Timnas Indonesia.

Baca Juga: Aura Positif Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

1. Chan Vathanaka

3 Pemain Kamboja yang Patut Diwaspadai Timnas IndonesiaPemain Timnas Kamboja, Chan Vathanaka, merupakan salah satu pemain yang patut diwaspadai Timnas Indonesia di Piala AFF. (affsuzukicup.com)

Jika bicara soal pemain yang punya peran vital di skuad Kamboja, nama pemain berpengalaman Chan Vathanaka tak bisa dikesampingkan. Pemain berusia 27 tahun itu adalah mesin gol utama tim besutan Honda dalam ajang dua tahunan ini. 

Kemampuan olah bola, kecepatan, dan visi bermainnya cukup bagus. Selain itu, ia juga dikenal sebagai eksekutor tendangan bebas yang baik. Tak ayal, ia sering dijuluki sebagai Lionel Messi-nya Kamboja. 

Bersama Kamboja, Vathanaka sudah bermain 33 kali dengan mengoleksi 12 gol. Hanya saja ia belum sama sekali mempersembahkan gelar untuk negaranya. 

Di level klub, Vathanaka lebih ganas lagi. Sudah dua gelar topskor Liga Kamboja sukses ia sabet. Total, ia sudah mencetak 90 gol dari 116 penampilannya bersama klub Beung Ket Angkot FC. Sebelumnya, ia juga tampil cukup baik saat membela Phnom Penh Crown dan Visakha. 

Menilik rekam jejakanya, tentu para pemain belakang Timnas Indonesia harus sangat waspada. Jika lengah, Vathanaka dipastikan bisa menghukumnya dengan gol-gol yang bakal merusak misi skuad Garuda dalam laga itu.

2. Sokumpheak Kouch

3 Pemain Kamboja yang Patut Diwaspadai Timnas IndonesiaPemain Timnas Kamboja, Sokumpheak Kouch merupakan salah satu pemain yang patut diwaspadai Timnas Indonesia di Piala AFF. (affsuzukicup.com)

Satu pemain tengah senior yang bisa menyulitkan Timnas Indonesia adalah Sokumpheak Kouch. Ia menjaga kedalaman permainan Kamboja di sektor gelandang bertahan. Kemampuannya mengontrol permainan, meng-cover pos yang kosong, hingga memulai serangan, tak perlu diragukan lagi

Total, ia sudah mengoleksi 64 caps bersama Kamboja dalam berbagai ajang dengan mengoleksi tujuh gol. Itu menunjukkan jika Sokumpheak merupakan gelandang bertahan dengan kemampuan mencetak gol yang baik.

Sokumpheak tercatat sudah tampil dalam beberapa edisi Piala AFF. Yang paling diingat tentu saat mentas pada ajang tersebut 13 tahun silam di Indonesia. Ia bahkan mencatatkan satu gol bagi Kamboja saat menang atas Myanmar. 

Ketenangan sang pemain tentu harus diwaspadai Timnas Indonesia. Jangan sampai Sokumpheak leluasa memegang komando di lini tengah saat bertanding nanti. Sebab, hal itu bisa membuat Kamboja menguasai jalannya pertandingan.

3. Lim Pishot

3 Pemain Kamboja yang Patut Diwaspadai Timnas IndonesiaPemain Timnas Kamboja, Lim Pishot, merupakan salah satu pemain yang patut diwaspadai Timnas Indonesia di Piala AFF. (Twitter/@@tomlegg)

Kamboja membawa 30 pemain di Piala AFF edisi kali ini. Mereka akan dipadukan dengan beberapa pemain muda berbakat yang bisa berpotensi bersinar dalam ajang ini. Para pemain itu akan dipandu di lapangan oleh seniornya seperti Chan Vathanaka dan Sokumpheak Kouch.

Yang paling menyita perhatian tentu ada pemain muda bernama Lim Pishot. Ia merupakan gelandang dengan kemampuan yang baik. Tak hanya itu, ia juga dikenal multiposisi. Tak jarang ia diberikan peran sebagai pemain sayap. 

Kecepatan dan kelincahan Lim Pishot memang jadi kekuatan utamanya. Hal itu terlihat saat ia tampil membela Kamboja kontra Malaysia. Ditempatkan sebagai penyerang sayap, ia beberapa kali menyulitkan bek-bek lawan.

Namun yang tak boleh disepelekan, ia juga punya umpan-umpan yang cukup baik. Jika para pemain belakang abai, bukan tak mungkin dengan mudah Lim Pishot bakal memberikan service bagus ke dalam kotak penalti Timnas Indonesia.

Tentu mereka bisa jadi kekuatan mengejutkan dan bisa membuat Timnas Indonesia tak berdaya dalam pertemuan nanti.

Baca Juga: Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Dibayangi Kutukan Laga Perdana 

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya