Comscore Tracker

3 Raksasa Eropa Terancam Gagal ke 16 Besar Liga Champions

Barcelona butuh kemenangan saat bersua Bayern Munich

Jakarta, IDN Times - Tiga tim besar berpotensi gagal melangkah ke babak 16 besar Liga Champions 2021/22. Hal itu tak lepas dari performa mereka yang kurang meyakinkan sepanjang fase grup. 

Ketiga klub yang kini tengah di ujung tanduk itu adalah Atletico Madrid, AC Milan, dan Barcelona. Mereka membutuhkan keajaiban untuk menang dan bisa lolos ke fase gugur.

Atletico dan Milan bahkan harus berebut satu tiket tersisa di Grup B. Liverpool sudah lebih dulu merebut satu tiket di Grup B dan dipastikan jadi pemuncak, sisanya diperebutkan AC Milan, Atletico, dan Porto yang sebetulnya punya peluang sama untuk lolos.

1. Atletico jalani duel hidup dan mati melawan Porto

3 Raksasa Eropa Terancam Gagal ke 16 Besar Liga ChampionsPorto dan Atletico terus sudah tampil bersama dalam satu grup di tiga edisi Liga Champions. (eurosport.com)

Tugas berat harus dilalui Atletico, karena harus bertandang ke markas Porto, Estadio do Dragao, Portugal, Rabu dini hari WIB (8/12/2021). Bukan semata-mata harus memainkan laga di luar kandang, tapi Porto juga bakal tampil habis-habisan untuk meraih kemenangan melawan skuad Los Colchoneros.

Maklum, kans Porto menemani Liverpool jadi wakil Grup B untuk melangkah ke babak 16 besar paling besar. Mereka saat ini berada di peringkat dua dengan mengumpulkan lima poin, unggul satu angka dari Milan dan Atletico yang menguntit di belakangnya. Tentu, kemenangan akan mengantarkan mereka ke babak 16 besar.

Sementara, tim asuhan Diego Simeone butuh keajaiban untuk bisa melangkah lebih jauh. Jika bisa menang atas Porto, mereka belum tentu juga bisa lolos. Antoine Griezmann harus menanti hasil duel Milan kontra Liverpool lebih dulu. Jika Milan gagal meraup poin penuh, mereka bisa merebut posisi runner up Grup B dan lolos ke babak 16 besar. 

Baca Juga: Jadwal Liga Champions: Laga Krusial AC Milan dan Barcelona

2. AC Milan intip peluang

3 Raksasa Eropa Terancam Gagal ke 16 Besar Liga ChampionsTwitter.com/TheoHernandez

Jika dibandingkan dengan Atletico, AC Milan punya tugas lebih ringan untuk lolos ke fase gugur. Sebab, mereka bakal bertanding dengan tim yang tak akan tampil terlalu ngotot, karena Liverpool sudah dipastikan lolos.

Namun, hal itu bukan jaminan Liverpool mudah dikalahkan. Apalagi, Juergen Klopp tak mau timnya kehilangan muka saat tampil di San Siro. Mereka ingin menyapu bersih seluruh pertandingan di babak penyisihan dengan kemenangan.

Jika Milan menang dan duel Porto kontra Atletico berakhir imbang, Rossoneri sudah dapat dipastikan melaju mulus ke babak selanjutnya. Intinya, Milan harus menang karena itu jadi jalur teraman.

3. Barcelona wajib menang

3 Raksasa Eropa Terancam Gagal ke 16 Besar Liga ChampionsBarcelona vs Real Sociedad. (antaranews.com/ANTARA FOTO/Reuters-Albert Gea)

Matchday keenam jadi misi paling sulit bagi Xavi Hernandez bersama Barcelona. Sebab, Xavi harus mengantarkan Barcelona menang saat berhadapan dengan Bayern Munich di Allianz Stadium, Kamis dini hari WIB (9/12/2021).

Jika melihat skuad yang dimiliki dan performa tim, jelas tuan rumah sangat diunggulkan. Terlebih, mereka juga sedang dalam grafik permainan yang bagus. Namun, Barcelona tak mungkin mau melepas pertandingan nanti.

Mereka hanya punya satu cara untuk lolos, yakni dengan meraih kemenangan. Sebab, jika bermain imbang, Blaugrana harus menggantungkan nasibnya pada pertandingan lain antara Benfica melawan Dynamo Kiev.

Jika Benfica menang, terlebih dengan skor besar, dan Barcelona imbang, klub asal Portugal itu yang bakal lolos ke fase gugur, karena unggul dalam urusan head to head.

Baca Juga: Jadwal Liga Champions: Laga Krusial AC Milan dan Barcelona

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya