4 Fakta Menarik di Balik Duel Liverpool Kontra Real Madrid

Madrid tim paling sering tampil di Liga Champions

Jakarta, IDN Times - Liverpool disingkirkan Real Madrid di babak perempat final Liga Champions 2020/21. The Reds tersingkir lantaran kalah agregat dari Madrid.

Mereka tak mamu membalas kekalahan 3-1 dari Real Madrid di leg pertama pekan lalu. Skuat besutan Juergen Klopp ini hanya bisa menahan imbang 0-0 tamunya Real Madrid pada laga leg kedua di Anfield Stadium, Kamis (15/4/2021). 

Duel keduanya memang berjalan seru. Walau Liverpool mampu mendominasi jalannya laga, Madrid juga tak kalah memberikan perlawanan sengit. Mereka berhasil sesekali merepotkan pertahanan tuan rumah melalui serangan balik.

Opta mengungkapkan, banyak catatan menarik terjadi atas kegagalan Liverpool di perempat final Liga Champions ini Berikut adalah ulasannya.

1. Real Madrid paling sering tampil di semifinal Liga Champions

4 Fakta Menarik di Balik Duel Liverpool Kontra Real Madridgoal.com

Real Madrid jadi klub paling sering melangkah ke babak semifinal Liga Champions sepanjang sejarah. Total, mereka sudah berhasil tampil di fase tersebut sebanyak 30 kali, atau unggul 10 kali di banding tim manapun.

Selain itu, Real Madrid sejak dibesut Zinadine Zidane jarang sekali gagal setiap melewati duel di fase gugur yang dilangsungkan dalam dua leg. Dari 12 duel dengan format tersebut, mereka hanya gagal sekali saja.

Kejadian itu terjadi saat mereka ditumbangkan Manchester City di babak 16 besar Liga Champions 2019/20. Musim lalu, mereka mampu dikalahkan The Citizens dengan skor 2-1 di leg pertama dan hasil serupa di leg kedua.

Baca Juga: Jelang Real Madrid Vs Real Sociedad Di Primera Division, Ini 3 Faktanya!

2. Punya rekor jeblok saat bersua Chelsea

4 Fakta Menarik di Balik Duel Liverpool Kontra Real MadridPesepak bola Chelsea Mason Mount (kiri) melakukan selebrasi bersama rekannya Reece James seteah berhasil mencetak gol ke gawang Liverpool dalam laga lanjutan Liga Inggris, di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Kamis (4/3/2021). Chelsea berhasil mengalahkan Liverpool 1-0 lewat gol yang dicetak Mason Mount pada menit ke-42. ANTARA FOTO/Pool via Reuters-/Phil Noble

Diimbangi Liverpool dengan skor 0-0 merupakan yang pertama diraih Real Madrid di Liga Champions sejak lima tahun lalu. Terakhir, hasil serupa didapat ketika bersua Manchester City di leg pertama semifinal Liga Champions 2015/16.

Kini mereka ditunggul Chelsea di babak semifinal Liga Champions edisi kali ini. Hal itu membuat Madrid kembali mengingat statistik pertemuan jebloknya melawan The Blues sepanjang sejarah pertemuan kedua klub.

Mereka sudah menderita kekalahan sebanyak dua kali, dan imbang sekali. Namun semuanya terjadi di luar kompetisi ini. Duel Real Madrid melawan Chelsea di semifinal nanti merupakan pertemuan pertama di Liga Champions.

3. Liverpool tak berdaya saat bersua El Real atau klub asal Spanyol

4 Fakta Menarik di Balik Duel Liverpool Kontra Real MadridPesepak bola Liverpool Jordan Henderson (kiri), Trent Alexander-Arnold (kedua kanan), dan Thiago Alcantara (kanan) terlihat kecewa setelah pertandingan usai meawan Brighton & Hove Albion dalam laga lanjutan Liga Inggris, di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Rabu (3/2/2021. Brighton & Hove Albion berhasil mengalahkan Liverpool 1-0 lewat gol yang dicetak oleh Steven Alzate. ANTARA FOTO/Pool via Reuters-Phil Noble

Liverpool selalu kesulitan jika bersua Real Madrid. Sudah lima laga yang dijalani setiap bersua El Real, tak pernah meraih kemenangan. Mereka kalah sebanyak dalam empat pertemuan sebelumnya, dan bermain imbang di laga tadi malam sekali.

Mereka memang acap kali kesulitan saat bersua wakil Spanyol. Hal itu sudah lama terjadi di kompetisi Eropa. Total, mereka hanya meraih tiga kemenangan dan tujuh kekalahan dari 11 laga saat duel lawan klub asal Negeri Matador itu.

4. The Reds kalah 12 kali dari 14 duel di babak gugur

4 Fakta Menarik di Balik Duel Liverpool Kontra Real Madridtwitter/LFC

Liverpool sudah gagal sebanyak 12 kali di babak gugur Liga Champions, setelah di leg pertama menderita kekalahan dengan margin dua gol atau lebih. Teranyar, Real Madrid yang melakukannya.

Mereka terakhir kali berhasil melakukan comeback saat tampil di Liga Champions edisi 2018/19. Mentas di babak semifinal melawan Barcelona, mereka kalah 3-0 di Camp Nou. Siapa sangka, di laga kedua mereka mampu membalikan keadaan dengan meraih kemenangan telak 4-0 atas Blaugrana.

Kegemilangan Liverpool pun terus berlanjut hingga babak final. Mereka pun akhirnya keluar sebagai kampiun di kompetisi antar klub paling elite Eropa dalam edisi itu.

Baca Juga: Rating Pemain Terbaik dan Terburuk di Duel Liverpool vs Real Madrid

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya