Comscore Tracker

4 Fakta Menarik di Balik Kemenangan Spanyol atas Slovakia

Sejarah gol bunuh diri terbanyak lahir di Piala Eropa 2020

Jakarta, IDN Times - Spanyol berhasil meraih kemenangan perdana di Piala Eropa 2020. Tampil dalam laga terakhir Grup E melawan Slovakia, La Furia Roja mampu mencukur habis lawannya itu dengan skor 5-0 di Estadio de La Cartuja, Sevilla, Kamis (24/6/2021) dini hari WIB.

Lima gol yang membawa Spanyol menang dilesakan oleh gol bunuh diri Martin Dubravka (30’), Aymeric Laporte (45+3’), Pablo Sarabia (56’), Ferran Torres (67’), dan bunuh diri kedua dari Juraj Kucka (71’). 

Statistik mencatat, Spanyol memang benar-benar menguasai jalannya pertandingan. Ball possession mereka mencapai 66 persen dalam laga ini dengan 666 umpan yang dilakukan. Berbanding terbalik dengan Slovakia yang hanya mencatatkan 34 persen penguasaan bola plus 345 umpan. 

Tambahan tiga poin membuat Spanyol naik ke peringkat dua klasemen Grup E dengan raihan lima poin. Hal itu sudah cukup mengantarkan mereka lolos ke fase gugur menemani Swedia yang kokoh di peringkat pertama dengan koleksi tujuh poin.

Lantas, apa saja fakta menarik yang terjadi dalam laga tersebut? Berikut ini empat fakta menarik yang terjadi usai Spanyol mempermalukan Slovakia di Euro 2020.

1. Rekor kemenangan terbesar Spanyol di Piala Eropa

4 Fakta Menarik di Balik Kemenangan Spanyol atas SlovakiaPara pemain Spanyol merayakan gol ke gawang Slovakia / Sky Sports

Spanyol untuk pertama kalinya berhasil mencetak lima gol dalam satu pertandingan di Piala Eropa. Laga melawan Slovakia sendiri merupakan duel ke-43 mereka di kompetisi empat tahunan tersebut.

Tak hanya itu, kemenangan dengan margin 5-0 ini merupakan yang kelima kalinya terjadi di Piala Eropa. Terakhir, pertandingan yang berakhir dengan skor serupa terjadi pada Piala Eropa edisi 2004, saat Swedia menumbangkan Bulgaria. 

Baca Juga: Morata yang Menyedihkan dan Perpanjang Kutukan Spanyol

2. Terjadi 10 gol dalam dua pertandingan bersamaan

4 Fakta Menarik di Balik Kemenangan Spanyol atas SlovakiaLaga terakhir Spanyol di Grup E Piala Eropa 2020 melawan Slovakia. (Twitter/@EURO2020).

Usai dua dekade berjalan, untuk pertama kalinya dua pertandingan yang berlangsung bersamaan di Piala Eropa 2020 menghasilkan total 10 gol. Spanyol meraih kemenangan 5-0 atas Slovakia dan Swedia berhasil mengakhiri perlawanan Polandia dengan skor 3-2.

Catatan tersebut pernah terjadi saat Piala Eropa 2000 yang digelar di Belgia dan Belanda. Namun, jumlahnya lebih besar, yakni 12 gol. Pada 21 Juni 2000, Spanyol menang tipis atas Yugoslavia dengan skor 4-3, dan Belanda menumbangkan Prancis 3-2.

3. Spanyol jadi klub yang gagal melakukan sepakan penalti terbanyak dalam satu edisi turnamen

Spanyol gagal mencetak dua penalti yang didapat di Piala Eropa 2020. Catatan itu merupakan yang pertama kali terjadi setelah 20 tahun, di mana sebuah tim gagal menyelesaikan penalti dalam dua kesempatan beruntun (tak termasuk adu penalti). Tim terakhir yang melakukan itu adalah Belanda pada edisi 2000.

Alvaro Morata menjadi pemain yang membuat Spanyol menghasilkan catatan tersebut. Namun, dia berhasil menjadi pemain yang paling sering melepaskan tembakan di laga melawan Slovakia, dengan total tendangan empat dan yang tepat sasaran tiga kali.

4. Catatkan rekor gol bunuh diri terbanyak

Gol bunuh diri Martin Dubravka merupakan yang ke-8 terjadi di Piala Eropa 2020. Itu jadi rekor gol bunuh diri terbanyak yang dicetak dalam sejarah turnamen ini. Pada edisi 2000 (1), 2004 (2), 2008 (0), 2012 (1) dan 2016 (3).

Sementara, Martin Dúbravka yang berhasil menepis tendangan penalti Morata adalah kiper keempat yang menyelamatkan penalti di Piala Eropa 2020.

Baca Juga: [BREAKING] Bantai Slovakia, Spanyol Melaju ke Fase Gugur Piala Eropa 2020

Topic:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya