4 Fakta Menarik di Balik Kesempurnaan Belanda

Memphis Depay dan Goran Pandev ciptakan rekor

Jakarta, IDN Times - Belanda berhasil mengamankan laga terakhir di babak penyisihan Piala Eropa 2020 dengan sempurna. Mereka mampu mengalahkan Makedonia Utara dengan skor 3-0 dalam laga pamungkas Grup C di Amsterdam Arena, Senin (21/6/2021) malam. 

Gol kemenangan skuat De Oranje diciptakan dua pemain andalannya, Memphis Depay dan Georginio Wijnaldum. Depay mencetak satu gol di laga ini (menit 24), sedangkan Wijnaldum mencetak brace (menit 51 dan 57).

Walau sudah dipastikan lolos ke fase gugur, sepanjang laga Belanda tetap tampil ngotot yang berujung kemenangan telak. Hal itu kemudian melahirkan banyak fakta menarik di balik duel seru itu. 

Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah fakta menarik di balik kemenangan telak Belanda atas Makedonia Utara dalam laga terakhirnya di Grup C.

Baca Juga: [BREAKING] Tampil Sempurna! Belanda Kuasai Grup C Piala Eropa 2020

1. Belanda ganas

4 Fakta Menarik di Balik Kesempurnaan BelandaBelanda berhasil meraih kemenangan atas Makedonia Utara dalam laga terakhirnya di Grup C Piala Eropa 2020. (Twitter/@EURO2020).

Belanda selalu mencetak dua gol atau lebih dalam 10 pertandingan terakhirnya di berbagai ajang. Catatan tersebut merupakan rekor terpanjang yang pernah diraih Belanda saat mentas di lapangan.

Catatan dua gol lebih per laga itu mengalahkan rekor sebelumnya yang sempat ditorehkan Belanda sepanjang medio 1934 hingga 1935. Kala itu, mereka bisa menang dengan skor meyakinkan secara beruntun dalam sembilan pertandingan.

Menariknya, di Piala Eropa kali ini Belanda masih jadi tim paling produktif dengan raihan delapan gol. Hal itu mengingatkan kita pada Belanda dengan gaya total football era Johan Cruyff. 

2. De Oranje sempurna

Belanda mampu meraih kemenangan di tiga pertandingan babak penyisihan. Menang tipis atas Ukraina (3-2) di pertandingan pertama, Georginio Wijnaldum dan kolega mampu menang beruntun atas dua lawannya di Grup C, yakni mengalahkan Austria (2-0) dan Makedonia Utara (3-0).

Meraih kemenangan di tiga pertandingan babak penyisihan Piala Eropa ini jadi yang ketiga kalinya bagi Belanda. Sebelumnya, mereka berhasil tampil sempurna dengan torehan sembilan poin di Piala Eropa 2000 dan 2008. Mereka adalah satu-satunya kesebelasan yang mencatatkan 100 persen kemenangan di babak penyisihan ajang ini.

Rekor 100 persen kemenangan ini terasa sangat spesial bagi pelatih Belanda Frank de Boer. Sebab, ia dua kali merasakannya, yakni saat tampil sebagai pemain di Piala Eropa 2000 dan ketika menjadi pelatih negaranya di edisi kali ini.

3. Memphis Depay catat rekor individu

4 Fakta Menarik di Balik Kesempurnaan BelandaBelanda berhasil meraih kemenangan atas Makedonia Utara dalam laga terakhirnya di Grup C Piala Eropa 2020. (Twitter/@EURO2020).

Memphis Depay mencatatkan rekor individu. Dia menjadi pemain yang paling banyak terlibat dalam gol Belanda. Dalam 68 laga yang sudah dijalani, eks penyerang Manchester United ini berhasil mencetak 28 gol plus 23 assist bagi negaranya. Itu merupakan catatan terbaik yang belum pernah dicapai para pemain Belanda lainnya.

Penyerang anyar Barcelona ini hampir selalu terlibat dalam gol yang diciptakan Belanda dalam 10 pertandingan terakhir. Depay kini sudah menciptakan sembilan gol dan empat assist. Hanya sekali saja, dia absen melakukan menciptakan assist atau gol, yakni kala Belanda berhadapan dengan Ukraina dalam laga pertamanya di Piala Eropa edisi ke-16. 

Sebiji gol dan assist ke gawang Makedonia Utara membuat Depay kini sejajar dengan gelandang Belanda, Wesley Sneijder. Keduanya merupakan pemain yang bisa mencetak gol sekaligus memberi assist dalam satu pertandingan di Piala Eropa dan Piala Dunia.

4. Goran Pandev legenda sepak bola Makedonia Utara

4 Fakta Menarik di Balik Kesempurnaan BelandaBelanda berhasil meraih kemenangan atas Makedonia Utara dalam laga terakhirnya di Grup C Piala Eropa 2020. (Twitter/@EURO2020).

Kapten sekaligus legenda hidup Makedonia Utara, Goran Pandev dipastikan gantung sepatu usai tampil di Piala Eropa 2020. Beberapa rekor pun berhasil dipecahkan eks pemain Inter Milan ini bersama negaranya, yakni pemain dengan caps terbanyak (122 penampilan) dan top scorer sepanjang masa (38 gol). 

Tak hanya itu, Pandev juga kini tercatat namanya dalam sejarah sepak bola Makedonia Utara. Dia adalah pencetak gol pertama Makedonia Utara di turnamen besar. 

Baca Juga: [BREAKING] Austria Dampingi Belanda ke Fase Gugur Piala Eropa 2020

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya