4 Fakta Menarik Jelang Final Piala Menpora Persib Vs Persija

Persija selalu masuk final di empat turnamen terakhir

Jakarta, IDN Times - Dalam suasana tim yang sedang bagus, rasanya tak ada halangan bagi Persib Bandung melanjutkan serial kemenangan untuk meraih gelar juara pramusim, termasuk saat melawan Persija Jakarta di final leg 1 Piala Menpora 2021, Kamis (22/4/2021).

Tanpa harus merasa jemawa, kondisi Persib memang sedang bagus. Sejak bermain imbang 1-1 di laga perdana melawan Bali United, praktis Beckham Putra Nugraha dan kawan-kawan selalu menang di lima laga berikutnya.

Namun, Persija tetaplah lawan yang sangat kuat dan tak bisa dianggap enteng. Tak bisa dihindari, Persib sering kali kesulitan lawan Persija. Jika mengukur rekor pertemuan secara keseluruhan, Persija menyandang status tim spesialis bikin Persib sakit hati.

Piala Menpora jadi ajang bergengsi pertama yang bisa diraih kedua klub, mengingat sepak bola Indonesia sudah vakum selama setahun lebih. Tentu, meraih trofi di ajang ini, meski hanya pramusim, bisa meningkatkan moral para pemain dari kedua kubu, jelang kompetisi Liga 1 dimulai. 

Dengan gambaran macam ini, pastinya bakal tersaji persaingan panas antara Persib dan Persija di atas lapangan. Sebenarnya, situasi serupa sudah sering terjadi di duel-duel sebelumnya. Hal itu membuat laga tersebut dipenuhi beberapa catatan menarik.

Berikut adalah fakta menarik jelang duel Persib melawan Persija.

Baca Juga: Ezra Walian Buang Ambisi Jadi Top Scorer Piala Menpora

1. Persib paling produktif

4 Fakta Menarik Jelang Final Piala Menpora Persib Vs PersijaEzra Walian (kiri) saat berusaha merebut bola. (Instagram/@persib).

Persija mesti sedikit waspada dengan kekuatan Persib. Sejauh ini tim asal Kota Kembang itu paling produktif di ajang Piala Menpora 2021. Total, 12 gol berhasil disarangkan para pemainnya, dengan rata-rata dua gol per laga.

Trio penyerang Persib jadi momok bagi tim lain di ajang ini. Ezra Walian (3), Frets Butuan (3), dan Wander Luiz (2) berhasil mencetak 75 persen gol Persib di ajang ini. Sisanya gol-gol Persib dicetak Ferdinand Sinaga, Victor Igbonefo, dan Nick Kuippers.

Ketajaman lini depan Persib benar-benar bakal diuji dalam duel nanti. Terlebih, Persija punya rekor bagus dalam urusan pertahanan di Piala Menpora 2021.

2. Persija tim yang punya pertahanan terkokoh di Piala Menpora, tapi..

4 Fakta Menarik Jelang Final Piala Menpora Persib Vs PersijaKiper Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa (IDN Times/Herka Yanis)

Persija punya lini pertahanan terbaik di ajang ini. Mereka baru kemasukan tiga gol saja sepanjang turnamen. Bahkan, gawang Andritany Ardhiyasa tetap perawan sepanjang Persija menjalani fase gugur (tanpa menghitung gol di babak adu penalti).

Namun, kondisi berbalik 360 derajat kalau bicara urusan mencetak gol. Mereka hanya bisa mencetak tujuh gol dari enam laga yang sudah dijalani. Bahkan, pada babak semifinal yang digelar dalam format dua leg, tak sebiji gol pun diciptakan anak asuh Sudirman ini.

Grafik produktivitasnya memang terus menurun. Usai menang 4-0 atas Borneo FC, keganasan Persija terus menurun, yakni mengalahkan Bhayangkara FC 2-1 di laga terakhir babak penyisihan, mengandaskan Barito Putera 1-0 saat perempat final, dan dua kali bermain 0-0 kala bentrok dengan PSM di fase semfinal.

3. Maung Bandung unggul secara head to head

4 Fakta Menarik Jelang Final Piala Menpora Persib Vs Persijapersija.id

Menilik statistik pertemuan kedua tim, Persib punya modal lebih baik. Mereka tampil dominan di tiga duel terakhir melawan Persija dengan meraih dua kemenangan dan sekali bermain imbang.

Teranyar, tim besutan Robert Alberts ini menang dengan skor 2-0 di Liga 1 2019. Frets Butuan dan mantan mesin gol Ezechiel N’Douassel berhasil membuat bobotoh berpesta di kandangnya.

Rekor keduanya jika bertemu di laga final pun masih dimenangkan Persib. Namun, hal itu tak terlalu berpengaruh banyak terhadap Persija. Mereka juga dipastikan tak mau kalah dalam laga final nanti. Terlebih, mereka tampil cukup baik di Piala Menpora 2021.

4. Persija selalu tampil di laga final sebuah turnamen

4 Fakta Menarik Jelang Final Piala Menpora Persib Vs PersijaPemain Persija merayakan kemenangan atas Bhayangkara FC di Stadion Kanjuruhan. Instagram/persija

Persija rajin tampil di partai final dalam empat ajang berformat turnamen. Hal itu diawali saat mereka meraih gelar Piala Presiden 2018. Saat masih ditangani Stefano Cugurra, Persija mampu menundukkan Bali United di laga final. Marko Simic jadi top scorer di laga ini dengan torehan 11 gol.

Setahun berselang, Macan Kemayoran masih menunjukkan penampilan menawan. Mereka berhasil melaju ke final Piala Indonesia 2018/19 berhadapan dengan PSM Makassar. Sayang, mereka harus mengakui keunggulan PSM yang jadi kampiun dalam ajang itu.

Setahun berselang, tepatnya saat masa persiapan musim baru sebelum pandemik melanda Indonesia, Persija juga berhasil lolos ke laga final saat tampil di ajang Piala Gubernur Jawa Timur 2020. Namun, mereka dipermak dengan skor 1-4, oleh Persebaya di partai puncak.

Paling anyar, Persija bakal bersua Persib di Piala Menpora 2021. Lalu, apakah mereka akan meraih kemenangan dalam duel nanti? Pastinya, laga ini layak untuk dinantikan.

Baca Juga: PSSI Pastikan Wasit Final Piala Menpora 2021 Berlisensi FIFA

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya