4 Fakta tentang Pemain Terbaik dan Top Skor Piala Asia 2019

Almoez Ali kabarnya tengah serius diincar AC Milan

Jakarta, IDN Times - Piala Asia 2019 telah resmi selesai. Kejutan hadir menghiasi turnamen sepakbola antar-negara terbesar se-Asia karena Qatar berhasil menorehkan sejarah baru dengan menjadi kampiun di edisi kali ini. Ini juga tercatat jadi prestasi tertinggi yang pernah diraih oleh Qatar.

Keberhasilan Qatar kali ini tak lepas dari suksesnya proyek besar mereka dalam memanfaatkan pemain naturalisasi. Sebab, banyak pemain naturalisasi yang jadi tulang punggung, salah satunya adalah pemain kelahiran Prancis keturunan Sudan.

1. Pemain pertama Qatar yang mampu jadi top skor

4 Fakta tentang Pemain Terbaik dan Top Skor Piala Asia 2019the-afc.com

Pemain berusia 22 tahun, Almoez Ali, berhasil memukau publik lewat gol saltonya di laga pamungkas saat bersua Jepang pada Jumat pekan lalu. Gol itu juga merupakan koleksinya yang kesembilan dan membuatnya mampu menjadi pemain Qatar pertama yang bisa menjadi yang paling subur.

Baca Juga: Hebat, Inilah 4 Rahasia Lolosnya Qatar ke Final Piala Asia 2019

2. Pecahkan rekor legenda Iran, Ali Daei

4 Fakta tentang Pemain Terbaik dan Top Skor Piala Asia 2019the-afc.com

Torehan gol Almoez Ali ternyata juga membuat sejarah anyar. Bagaimana tidak, rekor yang sudah dua dekade lebih dicatatkan Ali Daei akhirnya patah. Almoez Ali-lah yang berhasil melewatinya setelah berhasil mencetak sembilan gol. Ali Daei berhasil mecetak delapan gol dalam enam laga yang dijalani pada Piala Asia edisi 1996. Itu jadi catatan terbanyak seorang pemain dalam sebuah edisi Piala Asia sejak pertama kali digulirkan.

3. Status naturalisasi Almoez Ali dipertanyakan

4 Fakta tentang Pemain Terbaik dan Top Skor Piala Asia 2019fifa.com

Banyak yang menuduh Qatar berencana melakukan proyek besar naturalisasi untuk bisa bersaing di Piala Dunia yang akan digelar di negaranya. Dan hal itu yang jadi sorotan federasi Uni Emirat Arab untuk melakukan protes atas status Almoez Ali dan rekannya, Bassam Al Rawi.

Almoez Ali merupakan pemain Sudan yang lahir di Prancis. Ia dianggap tak memenuhi syarat bisa tampil di Piala Asia bersama Qatar lantaran tempat tinggal yang belum pasti. Ia disinyalir tak tinggal di negaranya selama lima tahun berturut-turut, atau kurang dari kurun waktu tersebut setelah berusia 22 tahun.

4. Almoez Ali sedang diincar AC Milan

4 Fakta tentang Pemain Terbaik dan Top Skor Piala Asia 2019sentinelassam.com

Dilansir dari Fox Sport Asia, ada sebuah laporan bahwa salah satu klub Serie A, AC Milan tengah memantau bintang Qatar, Almoez Ali. Bahkan, pemandu bakat dari AC Milan sudah memantaunya sejak Piala Asia berlangsung. AC Milan berencana ingin membawa Ali di jendela transfer berikutnya. Hal itu tentu akan jadi keuntungan bagi Ali karena akan mendapatkan pengalaman berharga tampil di salah satu tim raksasa Italia tersebut.

Baca Juga: Hebat, Inilah 4 Rahasia Lolosnya Qatar ke Final Piala Asia 2019

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya