4 Klub Keberatan Lanjut Liga 1 2020, Apa Respons Exco PSSI?

Klub belum diberi tahu kejelasan regulasi kompetisi

Jakarta, IDN Times - Salah seorang anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Yoyok Sukawi merespons beberapa klub yang keberatan kembali mentas dalam lanjutan Liga 1 2020 yang bakal digelar Oktober 2020.

Pria yang juga menjabat sebagai CEO PSIS itu memaklumi sikap klub-klub yang keberatan melanjutkan musim ini. Terlebih, situasi saat ini belum menunjukkan grafik penurunan pandemik COVID-19.

1. Yoyok berharap sikap klub berubah

4 Klub Keberatan Lanjut Liga 1 2020, Apa Respons Exco PSSI?instagram.com/yoyok_sukawi

Selain itu, walau sepak mula sudah ditentukan, klub belum merasa terjamin lantaran belum mendapatkan regulasi, jadwal, dan izin yang jelas dari PT LIB selaku operator. Maklum, pasalnya hingga kini mereka masih menunggu Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19.

"Kalau kita melihat aspirasi klub, boleh-boleh saja. Klub kan merasa regulasi belum keluar. Jadwal dan izin juga belum ada. Mudah-mudahan kalau semua pertanyaan itu sudah terjawab, siapa tahu klub-klub bisa berubah," kata Yoyok dikutip ANTARA, Rabu (8/7/2020).

Baca Juga: PSSI Bikin Buku Panduan Protokol Kesehatan untuk Liga 1 dan Liga 2

2. Sebanyak empat klub keberatan melanjutkan kompetisi di tengah pandemik COVID-19

4 Klub Keberatan Lanjut Liga 1 2020, Apa Respons Exco PSSI?Liga-Indonesia.id

Klub juga masih bingung dengan kebijakan pembatasan wilayah yang masih terjadi di beberapa daerah akibat COVID-19. Bahkan, untuk sekadar melakukan latihan pun tak bisa. Otomatis mereka belum bisa melakukan persiapan.

Empat klub yang sudah terang-terangan merasa keberatan melanjutkan Liga 1 2020 adalah Persebaya, Barito Putera, Persik, dan Persita. Sebelumnya, Madura United pun menyatakan hal yang sama, tapi perlahan mereka mulai melunak.

3. PSSI coba samakan persepsi klub

4 Klub Keberatan Lanjut Liga 1 2020, Apa Respons Exco PSSI?ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

PSSI sendiri sampai saat ini terus melakukan dialog dengan klub-klub tersebut. Namun, sampai saat ini, mereka masih belum bisa mengeluarkan regulasi yang bakal diterapkan dalam lanjutan kompetisi kasta tertinggi kali ini lantaran menunggu sikap pemerintah terlebih dahulu.

"Ini PSSI pun masih menunggu langkah berikutnya dari pemerintah. Satu kebijakan kapan jelasnya kompetisi bisa dilanjutkan," tukas dia.

Baca Juga: PSSI Sebut Regulasi Pemain U-20 Wajib Main di Liga 1 Belum Final

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya