Comscore Tracker

4 Pemain Calon Topskor Piala Eropa 2020, Ada Harry Kane!

Romelu Lukaku mencetak rekor untuk Belgia

Jakarta, IDN Times - Gelaran Piala Eropa 2020 bakal dimulai dua hari lagi. Selain laga big match, aksi para penyerang mencetak gol pun sangat ditunggu para pencinta sepak bola seluruh dunia.

Mereka biasanya berlomba-lomba meraih gelar individu sebagai top skor guna mendapatkan trofi sepatu emas. Hal ini tentu jadi persaingan tersendiri bagi para penyerang kelas dunia yang tampil di hajat sepak bola terakbar Eropa ini.

Sempat tertunda satu tahun akibat pandemik COVID-19, ajang empat tahunan ini akhirnya bisa digelar. Sebanyak 24 negara Eropa bakal ambil bagian dalam ajang ini. Mereka terbagi ke dalam enam grup yang diisi masing-masing oleh empat negara. 

Melihat rekam jejak para penyerang kelas atas yang bakal mentas di ajang ini, beberapa nama patut diperhitungkan masuk daftar pencetak gol terbanyak ajang ini. Berikut adalah deretan calon topskor Piala Eropa 2020.

1. Harry Kane (Inggris)

4 Pemain Calon Topskor Piala Eropa 2020, Ada Harry Kane!premierleague.com

Penyerang Inggris, Harry Kane termasuk dalam salah satu kandidat topskor Piala Eropa 2020. Performa penyerang Tottenham Hotpsur tersebut sangat impresif sepanjang musim. Selain jadi topskor Liga Inggris, ia juga meraih playmaker award di akhir kompetisi.

Kane didapuk sebagai mesin gol tersubur Premier League usai mencetak 23 gol. Ia juga mampu jadi pelayan yang baik bagi teman-temannya di lapangan. Ia dinobatkan sebagai raja asis lantaran mampu memberikan 14 umpan yang berhasil dikonfersi menjadi gol oleh rekan-rekannya.

Musim ini, Kane memang tampil sangat mendominasi di Liga Inggris. Bersama Son Heung Min, mereka menjadi kombinasi yang menakutkan bagi lawan. Kane menjalani peran yang unik musim ini. Ia mulai menjalani peran sebagai distributor bola di lini depan, menyajikan bola bagi para winger Tottenham, termasuk Son.

Tak hanya itu, penampilan menawan Kane bersama skuat The Three Lion pun sudah terlihat sejak mentas di babak kualifikasi Piala Eropa 2020. Ia tercatat sebagai pencetak gol terbanyak dengan torehan 12 gol dari enam laga. Hebatnya, seluruh gol itu lahir hanya dari 22 tembakan yang dilakukan.

Hal itu setidaknya menunjukkan Kane merupakan duet paling memastikan di Liga Inggris musim ini.

Baca Juga: Demi Merekrut Harry Kane, Manchester United Siap Melepas 5 Pemain Ini

2. Cristiano Ronaldo (Portugal)

4 Pemain Calon Topskor Piala Eropa 2020, Ada Harry Kane!bleacherreport.com

Nama Cristiano Ronaldo tentu tak bisa disingkirkan dari daftar calon topskor Piala Eropa 2020. Walau sudah dimakan usia, pemain Portugal itu masih punya performa menawan. Musim ini saja ia bisa mencetak 29 gol dan menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Italia. Ia unggul lima gol lebih banyak dari penyerang yang membawa Inter Milan juara, Romelu Lukaku.

Secara individu, prestasi Ronaldo masih luar biasa. Torehan golnya di Serie A musim ini membuatnya didapuk sebagai pemain pertama yang menyabet penghargaan top scorer di tiga kompetisi top Eropa, Serie A, Premier League, dan LaLiga.

pemain berusia 36 tahun ini juga menorehkan rekor anyar. Ia berhasil mencatatkan diri jadi satu-satunya pemain yang mampu mencetak 100 gol atau lebih bersama tiga klub top Eropa berbeda. 

Bersama Manchester United, Ronaldo mencetak 118 gol. Selanjutnya, dia tampil gila saat membela Madrid dengan torehan 450 gol. Sementara, selama berseragam Juventus sepanjang tiga musim, Ronaldo sudah mencetak 101 gol di berbagai kompetisi.

Kesuburan Ronaldo juga tak cuma di klub saja. Dia juga tampil trengginas saat membela Timnas Portugal. Total, sudah 103 gol dia ciptakan saat membela negaranya di kancah internasional. 

Portugal juga saat ini banyak diperkuat generasi emas yang para pemainnya bakal mempermudah Ronaldo meraih gelar topskor di Piala Eropa 2020.

3. Kylian Mbappe (Prancis)

4 Pemain Calon Topskor Piala Eropa 2020, Ada Harry Kane!Kylian Mbappe ketika membela tim nasional Prancis. (eurosport.fr)

Pemain muda yang menjadi generasi baru pemain terbaik dunia, Kylian Mbappe juga masuk daftar topskor Piala Eropa 2020. Penampilan menawannya baik bersama Paris Saint-Germain (PSG) ataupun Timnas Prancis, jadi modal meyakinkan untuknya bisa mencapai prestasi itu.

Terlebih, ia disokong banyak pemain berkualitas yang bisa melayaninya mencetak gol di ajang ini, seperti Paul Pogba, Antoine Griezmann, hingga beberapa pemain lainnya yang bisa memanjakannya dengan umpan-umpan manis.

Musim ini, Mbappe jadi penyerang yang paling menakutkan di Ligue 1. Ia berhasil menjadi topskor kompetisi kasta tertinggi Prancis itu dengan torehan 27 gol dari 30 laga yang sudah dijalani. Gelar individu sebagai pencetak gol terbanyak itu merupakan yang ketiga kalinya secara beruntun diraih Mbappe. 

Secara matematis ia mencetak 1,1 gol per pertandingan di Ligue 1. Dari sisi waktu, dia rata-rata mencetak satu gol setiap 88 menit bermain. Seluruh golnya itu dihasilkan dari 87 tembakan yang dilakukan ke gawang lawan. Hal itu membuat persentasenya memanfaatkan peluang menjadi gol mencapai 30 persen.

Hanya saja, pemain 22 tahun ini punya tantangan besar dalam mencetak gol dibandingkan pesaing lainnya. Prancis berada di Grup F dan bersaing dengan tim-tim kuat seperti Portugal, Jerman, dan Hungaria. Namun, hal itu tak menjadi kendala besar dirinya bisa menjadi mesin gol buas Prancis di Piala Eropa edisi kali ini. 

4. Romelu Lukaku (Belgia)

4 Pemain Calon Topskor Piala Eropa 2020, Ada Harry Kane!Romelu Lukaku ketika membela tim nasional Belgia. (eurosport.com)

Lukaku juga wajib jadi penyerang yang diperhitungkan dalam daftar calon kuat topskor Piala Eropa 2020. Ia merupakan pemain paling subur bagi negaranya dengan torehan 59 gol dalam 91 internasional. Ia pun masuk dalam daftar penyerang tersubur Eropa kesembilan.

Striker Inter Milan itu masih kalah dari Cristiano Ronaldo yang mengoleksi 103 gol bagi negaranya dan menjadikannya raja gol bagi timnas. Namun, Lukaku melakukan ini saat usianya belum mencapai 28 tahun, itu jadi rekor lain yang dilakukannya.

Lukaku semakin meneguhkan diri sebagai mesin gol andalan Belgia. Dia sudah menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Timnas Belgia sejak masih berusia 24 tahun. Lukaku juga mencapai 50 gol lebih cepat daripada Ronaldo, Harry Kane, dan dll.

Musim ini juga ia berhasil mengantarkan Inter Milan menjadi juara Serie A setelah 11 tahun puasa gelar. Ia juga mampu menorehkan 30 gol dan 10 asis di pelbagai ajang bagi klubnya. Walau tak jadi topskor, ia didapuk sebagai pemain terbaik musim ini.

Modal bagus itu membuanya sangat diperhitungkan jadi calon kuat topskor Piala Eropa 2020.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda Timnas Inggris yang Pernah Bermain di Piala Eropa

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya