Comscore Tracker

4 Pemain Tertua yang Mentas di Piala Eropa 2020

Goran Pandev akan jalani turnamen terakhirnya

Jakarta, IDN Times - Tinggal dua hari lagi kick-off Piala Eropa 2020 digelar. Walau harus menunggu setahun, pesta sepak bola terbesar Benua Biru itu akhirnya bisa dinikmati para penggilanya di seluruh dunia.

Sebanyak 24 negara Eropa bakal ambil bagian dalam ajang ini. Mereka terbagi ke dalam enam grup yang diisi masing-masing oleh empat negara. Dua tim teratas nantinya dipastikan bakal melaju ke fase gugur, sementara empat tim di posisi tiga terbaik bakal melengkapi kuota di babak 16 besar.

Spanyol, Inggris, hingga Turki jadi tim yang banyak mengandalkan pemain muda. Maklum, mereka tengah diuntungkan oleh melimpahnya talenta yang masih hijau dan punya potensi yang baik. 

Namun, banyak juga tim yang mengandalkan pemain senior, salah satunya Belgia. Mereka bahkan diisi pemain dengan rata-rata usia 28,7 tahun. Mereka juga difavoritkan menjadi kampiun di ajang ini lantaran masih mengandalkan generasi emas yang caps internasionalnya sangat banyak.

Jan Vertonghen, Eden Hazard, Axel Witsel, Thomas Vermaelen, hingga Dries Mertens merupakan sederet pemain yang usianya sudah di atas 30 tahun. Mereka adalah tulang punggung Setan Merah saat meraih posisi ketiga di Piala Dunia 2018.

Selain Belgia, masih banyak lagi tim-tim yang masih mengandalkan pemain tua. Tak cuma kenyang pengalaman, kepemimpinan mereka di lapangan juga begitu dibutuhkan untuk memompa semangat pemain-pemain muda agar tampil lebih baik.

IDN Times menyajikan sederet pemain yang paling tua di Piala Eropa 2020. Berikut adalah empat pemain tertua yang tampil di Piala Eropa kali ini.

1. Goran Pandev (Makedonia Utara) - 37 tahun 318 hari

4 Pemain Tertua yang Mentas di Piala Eropa 2020sport.tvp.pl

Tim paling mengejutkan yang bisa lolos ke Piala Eropa 2020, Makedonia Utara menjadi salah satu kontestan yang diperkuat salah satu pemain paling tua. Dia adalah penyerang yang kenyang pengalaman tampil bersama klub top Eropa, Goran Pandev. Dia masih bermain untuk negaranya saat menginjak usia 37 tahun 318 hari (sesuai jadwal kick-off).

Kapten Timnas Makedonia Utara ini bakal memimpin teman-temannya mengejar mimpi meraih prestasi di ajang Piala Eropa, yang notabene pertama kali diikuti sepanjang sejarah sepak bola negara tersebut.

Dia banyak menghabiskan karier di Serie A. Mencoba peruntungan bersama Inter Milan pada 2001. Namun, karena masih muda dan belum berpengalaman, dia sempat dipinjamkan ke Spezia saat masih tampil di kompetisi kasta ketiga Italia.

Selanjutnya, dia pindah ke Ancona dengan status pinjaman, lalu dibeli Lazio, dan kembali ke Inter Milan dengan meraih berbagai prestasi. Dia berhasil meraih treble winner bersama I Nerazzurri dengan mengoleksi trofi Serie A, Liga Champions, dan Piala Dunia Klub pada musim 2010.

Kini, dia tengah berada di pengujung karier. Bersama Makedonia Utara, dia berusaha menorehkan prestasi terbaik sebelum memutuskan pensiun usai Piala Eropa 2020.

Baca Juga: Piala Eropa 2020: Ujian Kemapanan Skuad Bintang Prancis

2. Pepe (Portugal) - 38 tahun 105 hari

4 Pemain Tertua yang Mentas di Piala Eropa 2020eurosport.com

Portugal juga bakal diperkuat pemain yang secara usia sudah tak muda lagi. Dia adalah Pepe, pemain yang selalu membela Tim Samba Eropa sejak 2008 silam. Dia bakal menginjak usia 38 tahun 105 hari saat kick-off Piala Eropa digelar pada 11 Juni 2020.

Menariknya, Pepe merupakan pemain kelahiran Brasil. Namun, dia memilih pindah kewarganegaraan pada 2007 silam. Hal itu dilakukan karena sudah kadung mencintai Portugal dan memilih realistis karena sulit dipanggil Timnas Brasil.

Keputusannya ternyata tak sia-sia. Dia akhirnya bisa masuk ke Timnas Portugal dan berjuang bersama Cristiano Ronaldo, hingga akhirnya mengantarkan Portugal menjadi juara Piala Eropa 2016 silam. Dia pun berambisi membuat sejarah dengan membawa negaranya itu meraih gelar back to back di ajang tersebut.

Selain itu, Pepe juga belum memutuskan bakal gantung sepatu bersama Portugal. Dia masih berusaha bersaing dengan pemain lainnya untuk bisa tampil di Piala Dunia 2022 nanti.

3. Craig Gordon (Skotlandia) - 38 tahun 163 hari

4 Pemain Tertua yang Mentas di Piala Eropa 2020Kiper Skotlandia, Craig Gordon jadi salah satu pemain tertua yang tampil di Piala Eropa 2020. (theprideoflondon.com).

Sektor penjaga gawang tentunya sudah biasa diisi dengan pemain senior. Hal itu pun terjadi di ajang Piala Eropa 2020. Salah satu peserta yang memanfaatkannya adalah Skotlandia. Mereka masih menggunakan jasa kiper Heart of Midlothian, Craig Gordon. 

Dia bakal berusia 38 tahun 163 hari saat Piala Eropa 2020 dibuka. Hal ini tentu menjadikan dia jadi pemain tertua kedua yang tercatat tampil di ajang ini. 

Pengalamannya masih sangat dibutuhkan Skotlandia di Piala Eropa kali ini. Sebab, tim dari United Kingdom ini baru pertama kali merasakan lagi tampil di ajang internasional elite usai tenggelam dalam 2,3 dasawarsa terakhir.

4. Maarten Stekelenburg (Belanda) - 38 tahun 257 hari

4 Pemain Tertua yang Mentas di Piala Eropa 2020Maarten Stekelenburg (bleacherreport.com)

Belanda tercatat dalam sejarah sebagai tim yang bakal menyertakan pemain tertua di ajang Piala Eropa 2020. Pemain yang dimaksud adalah Maarten Stekelenburg. Dia akan berusia 38 tahun 233 hari saat pembukaan Piala Eropa edisi kali ini.

Penampilan gemilangnya bersama Ajax Amsterdam dalam dua musim terakhir, membuat pelatih Belanda, Frank de Boer kepincut. Dia bahkan berpotensi jadi kiper utama lantaran Jasper Cillessen dicoret dari skuad De Oranje lantaran terjangkit COVID-19.

Pengalamannya tampil di kompetisi top Eropa, yakni di Premier League, Serie A, hingga Eredivisie, membuatnya layak diperhitungkan jadi andalan Belanda. Selain matang secara usia, dia bisa jadi pintu terakhir yang sangat kuat untuk menahan gempuran lawannya.

Baca Juga: Gaya Bintang ManCity Tiru Dewa Mabuk Inggris di Piala Eropa

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya