Comscore Tracker

4 Tim yang Lolos ke Babak Semifinal Piala Eropa 2020

Siapa yang jadi jagoan kalian?

Jakarta, IDN Times - Piala Eropa 2020 sudah merampungkan babak perempat final pada Minggu (4/7/2021). Empat tim terbaik dipastikan terus melaju dan bakal memperebutkan tiket ke final yang bakal dihelat di Stadion Wembley Inggris.

Empat duel yang terjadi dalam babak perempat final berlangsung sangat menarik. Seperti biasa beberapa kejutan muncul karena tim yang begitu difavoritkan jadi juara, yakni Belgia dipastikan tersingkir. Tak hanya itu, tim kejutan Swiss juga harus ikut angkat koper. Keduanya harus menelan pil pahit lantaran dikalahkan lawannya masing-masing.

Berikut adalah daftar lengkap tim-tim yang berhasil lolos ke babak semifinal Piala Eropa 2020.

Baca Juga: Fantasy Football Euro 2020: Bintang Dadakan dan Muka Lama

1. Spanyol

4 Tim yang Lolos ke Babak Semifinal Piala Eropa 2020Potret laga saat Spanyol melawan Slovakia (twitter.com/SeFutbol)

Tim pertama yang memastikan langkahnya ke babak semifinal adalah Spanyol. Tim besutan Luis Enrique ini berhasil menang dalam duel melawan tim paling mengejutkan Swiss. Mereka harus susah payah mengalahkan Xherdan Shaqiri dan kolega melalui drama adu penalti (3-1).

La Furia Roja sebetulnya mendapatkan perlawanan yang sengit dalam duel kali ini. Usai unggul satu gol lewat gol bunuh diri Denis Zakaria, permainan mereka mulai diimbang Swiss. Shaqiri bahkan membuat Swiss mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1. 

Sempat terus memberikan ancaman, Spanyol mendapat keuntungan lantaran salah satu pemain Swiss Remo Freuler mendapatkan kartu merah dari wasit. Sang pengadil sempat dianggap melakukan keputusan yang keliru lantaran sang pemain sebetulnya layak mendapatkan peringatan terlebih dahulu dengan kartu kuning.

Kehilangan satu pemain membuat Swiss tampil bertahan. Mereka pun mampu melewati dua babak tambahan waktu tanpa kebobolan. Hanya saja, penampilan gemilang Unai Simon membuat Spanyol yang berhasil menjadi pemenang, sekaligus memastikan langkah ke babak semifinal.

2. Italia

4 Tim yang Lolos ke Babak Semifinal Piala Eropa 2020Andrea Belotti yakin Italia bisa jadi juara Piala Eropa 2020. (football-italia.net).

Tim yang tampil menawan sepanjang Piala Eropa 2020, Italia, terus menunjukkan konsistensinya. Tim peringkat satu dunia, Belgia yang kini menjadi korban paling anyar Italia. Mereka dibekuk Gli Azzuri dengan skor 2-1 dalam duel di babak perempat final.

Tampil menyerang di babak pertama, mereka berhasil membobol gawang Thibaut Courtois lewat Nicolo Barella dan Lorenzo Insigne. Belgia hanya mampu memperkecil kedudukan lewat tendangan penalti Romelu Lukaku. Walau pada babak kedua terus mendapatkan gempuran, Italia akhrinya berhasil menyelesaikan laga dengan kemenangan.

Hasil itu mengantarkan Italia melaju ke semifinal. Mereka juga kini jadi salah satu tim yang diunggulkan meraih gelar juara di Piala Eropa 2020.

3. Denmark

4 Tim yang Lolos ke Babak Semifinal Piala Eropa 2020Eriksen mulai bisa berbicara usai ambruk di tengah pertandingan Denmark vs Finlandia. (beinsports.com).

Kejutan terus ditunjukkan Denmark di Piala Eropa 2020. Mereka memastikan diri lolos ke semifinal menyusul Spanyol dan Italia. Kali ini, tiket ke fase selanjutnya diraih usai menekuk Republik Ceko dengan skor 2-1.

Mengawali turnamen dengan penampilan kurang baik, Denmark sebetulnya tak diperhitungkan untuk lolos ke fase gugur karena mengalami dua kali kekalahan. Namun, pada laga terakhir di babak penyisihan Grup B, mereka mengamuk dengan menggebuk Rusia 4-1.

Setelah itu, penampilan skuat Danish Dynaminte terus meningkat secara perlahan. Usai tragedi Christian Eriksen yang sempat kolaps di tengah pertandingan pada duel pertama, Denmark terus menunjukkan semangat juang tinggi di atas lapangan. 

Punya eksplosivitas tinggi, mereka kini terhitung sebagai tim yang cukup produktif  di Piala Eropa, yakni mencetak 11 gol. Catatan itu sama dengan Italia dan hanya kalah satu gol saja dari semifinalis lainnya, yakni Spanyol. Modal itu sudah cukup membuat mereka diperhitungkan di laga semifinal nanti.

4. Inggris

4 Tim yang Lolos ke Babak Semifinal Piala Eropa 2020Berikut adalah 4 tim yang lolos ke babak semifinal Piala Eropa 2020. (Twitter/@EURO2020).

Tiket terakhir babak semifinal Piala Eropa 2020 diraih Inggris. Bentrok dengan Ukrainan di babak perempat final pada Minggu (3/7/2021), mereka mampu menang dengan skor telak 4-0. 

Ini jadi kemenangan terbesar Inggris selama mentas di Piala Eropa 2020. Maklum, sebelumnya mereka dikenal sebagai tim yang kurang produktif, karena hanya bisa mencetak dua gol di babak penyisihan. Baru pada laga melawn Jerman pada babak 16 besar skuat The Three Lions bisa mencetak dua gol.

Menariknya, sejauh ini Inggris jadi satu-satunya tim yang belum pernah kebobolan sejak babak penyisihan. Hal ini membuktikan bahwa kuartet bek yang diisi Luke Shaw, Harry Maguire, John Stones, dan Kyle Walker masih cukup tangguh untuk lawan-lawannya.

Cukup menarik melihat performa Inggris yang terus meningkat dari pertandingan ke pertandingan. Konsistensi mereka pun bakal kembali diuji dalam duel panas di babak semifinal nanti. Mampukan Inggris melaju ke laga final Piala Eropa? aksi mereka layak dinantikan.

Baca Juga: Hasil Euro 2020: Imbang Lawan Ceko, Kroasia Jaga Asa Lolos ke 16 Besar

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya