5 Pemain Debutan di Skuat Timnas Indonesia

Skuat Timnas Indonesia diisi muka baru

Jakarta, IDN Times - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sudah merilis pemain-pemain yang bakal mengikuti pemusatan latihan (TC) di Jakarta, dengan rincian 46 pemain Timnas U-19 dan 29 untuk Timnas Indonesia senior.

Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, direncanakan bakal langsung memimpin pemusatan latihan (TC) yang akan digelar di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, pada 23 Juli-8 Agustus 2020.   

Yang paling menarik, beberapa muka baru menghiasi timnas senior. Tentu itu mengejutkan, sebab beberapa pemain yang acap kali masuk skuat Garuda seperti Stefano Lillipaly, Andik Vermansyah, sampai Alberto "Beto" Goncalves harus terlempar dari skuat.

Berikut adalah lima pemain debutan yang masuk dalam skuat Timnas Indonesia:

1. Kushedya Hari Yudo (Arema FC)

5 Pemain Debutan di Skuat Timnas IndonesiaKushedya Hari Yudo saat menghadapi Persija beberapa waktu lalu. IDN Times/Alfi Ramadana

Kushedya Hari Yudo merupakan pemain debutan yang musim ini baru didatangkan Arema FC dari PSS. Berstatus sebagai pemain non-bintang, namanya mencuat usai tampil gemilang di beberapa laga awal Arema FC.

Bahkan, dirinya menjelma jadi ujung tombak yang menakutkan, karena memiliki skill dan kecepatan di atas rata-rata. Terbukti, dia mampu menyumbangkan dua gol untuk Arema di tiga laga awal kompetisi Liga 1 2020.

Bermain untuk tim sebesar Arema FC tak membuatnya keder. Dia justru menunjukkan kerja keras hingga akhirnya dipercaya oleh pelatih Mario Gomez.

2. Arif Satria (Persebaya)

5 Pemain Debutan di Skuat Timnas IndonesiaInstagram.com/arifsatria_28/

Arif Satria mungkin tak menyangka, dalam waktu singkat dirinya masuk dalam skuat Timnas Indonesia. Padahal, tiga tahun silam Arif masih tampil membela PSP Padang dan Persis Gotong Royong di Liga 3 2017-2018 dengan status pinjaman dari Semen Padang.

Setahun kemudian, pemain kelahiran 17 September 1995 itu mencoba peruntungan mengikuti seleksi di Persela. Seperti sudah jalannya, semua proses seleksi pun dimudahkan sampai akhirnya bergabung dalam skuat Laskar Joko Tingkir besutan Aji Santoso.

Diberi kepercayaan penuh tampil sebagai bek, Arif pun mampu menunjukkan bakatnya hingga akhir musim. Sampai akhirnya dia dilirik Persebaya yang kembali ditangani Aji Santoso dan mampu bermain memukau di beberapa laga pramusim dan awal kompetisi Liga 1 2020.

Baca Juga: 10 Langganan Timnas Indonesia yang Gak Dilirik Shin Tae-yong

3. I Kadek Agung Widnyana (Bali United)

5 Pemain Debutan di Skuat Timnas IndonesiaPemain Bali United, I Kadek Agung. (baliutd.com).

Nama I Kadek Agung Widnyana Putra menjadi debutan berikutnya yang ada di list pemain saat TC Timnas Indonesia di Jakarta. Dia merupakan pemain potensial yang sudah masuk dalam skuat Bali United saat menjadi kampiun Liga 1 2019 lalu.

Kecemerlangannya pun acap kali membuatnya masuk skuat timnas kelompok umur sejak masih junior. Terakhir, dia merupakan pemain andalan di Timnas U-23 yang menyabet medali perak di SEA Games 2019 lalu.

Kini, kesempatan membela Timnas Indonesia terbuka kembali. Bedanya, dia bakal memulai debut bersama tim senior.

4. Miswar Saputra (PSM Makassar)

5 Pemain Debutan di Skuat Timnas IndonesiaKiper PSM Makassar, Miswar Saputra. Instagram/@miswarsyahputra

Musim lalu, Miswar Saputra merupakan penggawa Persebaya. Dia mampu tampil konsisten menjaga gawang Bajul Ijo sampai mencatatkan sebagai salah satu kiper dengan clean sheet cukup banyak di Liga 1 edisi sebelumnya.

Atas kinerjanya, kiper asal Aceh ini pun akhirnya direkrut PSM yang berambisi mendatangkannya. Namun, kariernya tak semulus biasanya, Miswar malah melakukan beberapa kesalahan PSM tampil di Liga 1 mau pun Piala AFC musim ini.

Perlahan, dia mulai bangkit dan menunjukkan penampilan gemilang usai kembali dipercaya pelatih Juku Eja, Bojan Hodak untuk menjaga mistar gawang timnya. Hasilnya, kerja keras Miswar membuahkan hasil karena dipercaya masuk skuat timnas senior untuk pertama kalinya.

5. Yakob Sayuri (PSM)

5 Pemain Debutan di Skuat Timnas IndonesiaPSM bermain imbang 1-1 melawan Kaya FC Ilo-Ilo dalam laga lanjutan Grup H AFC Cup 2020 di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (10/3). (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib)

Kolega dari Miswar di PSM, yakni Yakob Sayuri, jadi satu nama debutan lainnya yang berhasil masuk skuat timnas senior. Penampilannya gaya pemain timur yang memiliki kecepatan dan skill di atas rata-rata semakin mengesankan dirinya bisa jadi alternatif di skuat Timnas Indonesia. Penampilannya pun sangat menjanjikan dengan beberapa gol pembuktiannya saat PSM bersua Shan United di ajang AFC Cup beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Penuh Darah Muda, Rataan Umur Bek Timnas Indonesia 23,8 Tahun!

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya