5 Fakta Menarik Jelang Duel Panas Liverpool vs Manchester City

Manchester City punya rekor kalah mentereng lawan Liverpool

Jakarta, IDN Times - Dua kutub sepakbola terbaik di tanah Inggris bakal saling menolak akhir pekan ini. Sebab, Liverpool dan Manchester City bakal berhadapan dalam laga penuh gengsi pada lanjutan Premier League 2019/2020 yang bakal tersaji di Stadion Anfield, pada Minggu (10/11).

Mancehster City pasti menargetkan poin maksimal. Selain, statusnya sebagai juara nertahan yang enggan dibuat malu saat melawat ke Merseyside nanti, mereka juga butuh kemenangan untuk bisa menjaga jarak aman dengan Liverpool yang secara hitung-hitungan masih memimpin Premier League dengan keunggulan enam poin atas The Citizen.

Namun, persaingan keduanya bakal berjalan lama. Sebab, Liga Inggris baru memasuki pekan ke-11. Setidaknya, pemenang dalam aksi saling sikut nanti punya modal bagus untuk melanjutkan kompetisi dan seolah menempatkan mereka sebagai calon raja baru di Premier League musim depan.

Di luar hal itu, banyak hal penting yang terjadi jelang duel kali ini. Berikut adalah fakta penting jelang duel Liverpool kontra Manchester City di Premier League yang berhasil dihimpun IDN Times:

1. Liverpool dan Manchester City punya kekuatan berimbang

5 Fakta Menarik Jelang Duel Panas Liverpool vs Manchester CityPremierLeague.com

Ini akan menjadi pertemuan ke-35 antara The Reds dan Manchester City. Keduanya bisa dibilang cukup berimbang, karena masing-masing tim sudah memenangi sembilan pertandingan dan 16 laga lain berakhir dengan hasil sama kuat.

Hanya, dalam pertemuan terakhir, Manchester City mampu menumbangkan Liverpool yang memimpin klasemen dengan skor 2-1 pada Januari 2019 silam.

2. Liverpool lebih dominan atas Manchester City jika tampil di Anfield

5 Fakta Menarik Jelang Duel Panas Liverpool vs Manchester Citymancity.com

Liverpool punya rekor menawan jika berhadapan dengan Manchester City di Anfield. Sampai sejauh ini mereka baru sekali menderita kalah dalam 28 laga kandang kontra Manchester City yang telah dilangsungkan di Premier League. Kekalahan terakhir Liverpool di kandang dari City terjadi pada Mei 2003 dengan skor 1-2.

Sebaliknya, Manchester City tak pernah menang dalam 16 laga tandang terakhir Liga Inggris ke Liverpool dengan rincian 5 imbang dan 11 kali kalah. Ini menjadi rentetan tanpa kemenangan terpanjang City melawan sebuah tim dalam sejarah kompetisi paling elite Inggris berlangsung.

Baca Juga: Jadwal Super Padat, Liverpool Siap Turunkan 2 Skuat di 2 Tempat

3. Sudah 28 laga Liverpool di Premier League selalu berakhir tanpa kekalahan

5 Fakta Menarik Jelang Duel Panas Liverpool vs Manchester Citynbcsports.com

Liverpool memiliki catatan bagus dalam kiprahnya di Premier League. Bayangkan saja, dari 50 pertandingan terakhir termasuk satu kekalahan dari Manchester City Januari lalu, Liverpool tak tak pernah gagal meraih poin dalam 28 laga terakhir Premier League, ini adalah langkah terpanjang kedelapan mereka di kompetisi ini.

Pada musim ini, mereka pun tampil apik. Bahkan, mereka mampu menuai 10 poin saat posisi mereka tertinggal lebih dulu dari lawannya musim ini. Teranyar, Liverpool mampu menggulung lawan-lawannya dalam dua laga Premier League terakhir meski gawangnya harus kebobolan duluan.

4. Faktor Pep Guardiola dan Roberto Firmino membuat Mancheter City waspada

5 Fakta Menarik Jelang Duel Panas Liverpool vs Manchester CityTwitter/@goal

Manchester City memang sedang dalam kondisi kurang menguntungkan. Pep Guardiola memiliki catatan kurang bagus saat bersua Juergen Klopp saat masih menukangi Barcelona 2008 silam. Pep lebih banyak menderita kekalahan dari Klopp sebanyak tujuh kali, lebih banyak ketimbang manajer lain.

Selain itu, Liverpool juga diuntungkan dengan peran Roberto Firmino yang luar biasa kala berhadapan dengan Manchester City. Ia bahkan memiliki peran vital dalam 7 gol dari 8 penampilannya melawan Manchester City di Premier League dengan catatan 4 gol plus 3 asis.

5. Aguero tumpul di Anfield

5 Fakta Menarik Jelang Duel Panas Liverpool vs Manchester Cityindependent.co.uk

Mesin gol Manchester City, Sergio Aguero, puasa mencetak gol dalam tujuh penampilannya di Anfield pada ajang kompetisi paling elite di tanah Britania ini.

Itu jadi salah satu catatan terburuk dalam kariernya karena gagal membubuhkan namanya di papan skor dalam penampilan terbanyaknya melawan sebuah tim.

Namun, ada statistik yang cukup baik untuk membantunya membuka keran gol. Pemain berkebangsaan Argentina itu sudah membukukan 49 gol dari 79 pertandingan Liga Inggris yang dimainkan pada Minggu.

Ia menduduki posisi kedua pemain tersubur di hari Minggu, di bawah catatan Wyne Rooney yang mencetak 63 gol dalam 142 penampilannya di hari tersebut.

Baca Juga: Saingi Real Madrid, Manchester City Ikuti Perburuan Fabian Ruiz

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya