Comscore Tracker

5 Hal Kontroversial di Balik Serunya Derbi Madrid

Atletico beberapa kali merasa dirugikan

Jakarta, IDN Times - Duel panas bertajuk derbi antara Atletico Madrid melawan Real Madrid telah rampung. Dalam laga yang digelar di Stadion Wanda Metropolitano, Sabtu (9/2) berhasil dimenangkan Los Blancos dengan skor 1-3.

Tiga gol Real Madrid dilesakkan oleh tendangan salto Casemiro (16'), penalti Sergio Ramos (42'), dan ditutup oleh Gareth Bale (74'). Sedangkan, satu gol Atletico dicetak oleh Antoine Griezmann (26').

Pertandingan itu memang berjalan panas. Terbukti, wasit mengeluarkan 11 kartu kuning dan 1 kartu merah dalam pertandingan tersebut.

Pengadil yang memimpin jalannya laga, Xavier Esrtada Fernandez, tercatat melakukan beberapa keputusan kontroversial yang menuai banyak protes. Berikut pelbagai kejadian kontroversial yang terjadi dalam derbi Madrid.

1. Gol Griezmann dianggap tidak sah

5 Hal Kontroversial di Balik Serunya Derbi MadridMarca

Gol yang dicetak Griezmann untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-25 dinilai tak sah oleh salah satu wasit di Liga Spanyol bernama Anduraz Oliver. Gol tersebut berbau kontroversial karena sebelum gol sempat terjadi pelanggaran.

"Gol seharusnya tidak sah karena ada pelanggaran dari Correa kepada Viicius di tengah lapangan. Itu harusnya dilihat lagi oleh Estrada Fernandez melalui monitir VAR," ujar Andujar Oliver dilansir dari Marca.

Baca Juga: Terungkap! 3 Pemain Real Madrid Ini Ternyata Diincar Juventus

2. Penalti Ramos yang dipertanyakan

5 Hal Kontroversial di Balik Serunya Derbi MadridMarca

Gol penalti di penghujung babak pertama yang dieksekusi Sergio Ramos ternyata jadi bahan perdebatan. Namun, bukan masalah golnya yang jadi perdebatan, melainkan proses yang terjadi atas pelanggaran penalti tersebut.

Aduraz Oliver mengakui, penalti itu harusnya tak terjadi karena pada kenyataannya penalti terjadi di luar kotak penalti. "Itu bagian dari salah satu hal kontroversial dan diragukan. Saya menilai pelanggaran Gimenez kepada Vinicius terjadi di luar kotak," kata Aduraz.

3. Gol Morata tak seharusnya dianulir

5 Hal Kontroversial di Balik Serunya Derbi MadridMarca

Morata berhasil menyelesaikan umpan Gimenez dan memperkasai Courtois sehingga bisa menghasilkan gol pada menit ke-54. Bahkan, Morata dan kolega langsung berlarian untuk merayakan gol tersebut.

Hanya saja, ternyata gol tersebut dianulir oleh Fernandez. Sebab, Hernandez menganggap Morata terlebih dahulu offside sebelum dirinya bisa menceploskan bola.

4. Los Blancos harusnya terkena hukuman penalti

5 Hal Kontroversial di Balik Serunya Derbi MadridMarca

Pada menit ke-66, Morata akan mengeksekusi umpan dari rekannya di area berbahaya pertahanan Real Madrid. Namun, itu gagal karena Morata dihadang oleh Casemiro saat akan melakukan tembakan ke arah gawang yang dikawal Thibaut Courtois.

Setelah melihat tayangan ulang, Aduraz menilai Casemiro emasukan kakinya kedalam dan menjatuhkan Morata. Oleh sebab itu, lanjut dia, wasit yang memimpin jalannya laga harusnya memberikan hukuman maksimal.

5. Kartu merah Partney masih dipertanyakan

5 Hal Kontroversial di Balik Serunya Derbi MadridMarca

Thomas Partney harus mandi lebih cepat setelah dirinya harus diusir wasit menit ke-80 karena kartu merah. Ia melakukan pelanggaran kepada gelandang Madrid asal Jerman, Toni Kroos dan membuatnya mendapatkan kartu kuning kedua dalam laga tersebut.

Pemain Rojiblancos tersebut sebelumnya sudah mendapatkan kartu kuning pada menit ke-62 karena dianggap melanggar Reguilon.

Baca Juga: Jelang Derby, Berikut 5 Nama yang Pernah Bela Atletico dan Real

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You