5 Pemain Termahal di Bursa Transfer Musim Dingin 2020

Eriksen ternyata bukan yang paling mahal

Jakarta, IDN Times - Bursa transfer pemain musim dingin 2020 akan ditutup pada Jumat (31/1). Beberapa pemain telah berganti kostum, sementara yang lainnya masih melakukan negosiasi.

Di tengah sibuknya lalu lintas transfer pemain ini, ada perpindahan yang membuat tercengang lantaran nilai transfer yang cukup mahal.

Siapakah pemain yang memecahkan rekor tersebut? Berikut lima pemain termahal jelang penutupan bursa transfer musim dingin 2020.

1. Dejan Kulusevski dari Atalanta ke Juventus: €35 juta atau setara Rp543

5 Pemain Termahal di Bursa Transfer Musim Dingin 202090min.com

Dilansir dari laman transfermarkt, perpindahan Dejan Kulusevski dari Atalanta ke Juventus jadi yang termahal pada bursa transfer musim dingin 2020. Bagaimana tidak, Juventus harus menebus pemain asal Swedia itu dengan banderol €35 juta atau setara Rp543 miliar yang dicicil lima tahun.

Nilai transfer Kulusevski ini punya klausul khusus. Banderolnya akan meningkat jadi €44 juta jika performanya di Turin bisa maksimal. Hal ini terang saja menguntungkan Atalanta karena pemain berusia 19 tahun itu didatangkan dengan mahar €100 ribu saja, atau setara Rp1,5 miliar saja.

Kulusevski sendiri bakal berseragam Juventus hingga Juni 2024. Nilai pasar pemain yang sempat dipinjamkan ke Parma tersebut, pada saat ini mencapai €25 juta atau sama dengan Rp375 miliar.

2. Rainier Jesus dari Flamengo ke Real Madrid: €30 juta (Rp453 miliar)

5 Pemain Termahal di Bursa Transfer Musim Dingin 2020depor.com

Pada posisi kedua, ada nama Reinier Jesus, remaja dari Brasil yang didatangkan Real Madrid beberapa waktu lalu dari Flamengo. Pemain baru genap berusia 18 tahun ini didatangkan dengan mahar €30 juta atau setara Rp453 miliar.

Reinier merupakan pemain berposisi sebagai gelandang serang. Potensinya memang sangat luar biasa. Walau baru memulai debut dengan Flamengo, ia sudah terlibat dalam kesuksesan timnya di ajang Liga Brasil dan Copa Libertadores. Tak pelak, Los Blancos langsung ngebet mendatangkannya.

Reinier sendiri langsung mendapatkan kontrak jangka panjang berdurasi enam tahun di Madrid. Ia akan berseragam El Real hingga Juni 2026. Nilai pasar sang pemain sudah mencapai €25 juta atau sama dengan Rp375 miliar, padahal penggawa Timnas Brasil U-23 ini baru memulai debut bersama tim utama Flamengo pada Juli tahun lalu.

3. Lucas Tousart dari Lyon ke Herta Berlin: €25 juta (Rp375 miliar)

5 Pemain Termahal di Bursa Transfer Musim Dingin 2020gazzamercato.it

Gelandang Olympique Lyonnais, Lucas Tousart, resmi menandatangani kontrak bersama Hertha Berlin dengan kesepakatan transfer senilai €25 juta. Kedua klub sepakat untuk menyelesaikan transfer Tousart pada Senin (27/1) waktu setempat.

Namun, pemain berpaspor Prancis tersebut belum bisa membela Herta Berlin di Bundesliga hingga akhir musim ini. Ia akan tetap dipinjamkan ke klub Ligue 1 tersebut sampai selesai kompetisi.

Pemain berusia 22 tahun itu didatangkan Lyon dari Valenciennes pada 2015. Ia mencatatkan lebih dari 150 penampilan, termasuk 30 di antaranya di kompetisi Eropa dan kini memiliki nilai pasar €20 juta atau sekitar Rp300 miliar. Bersama timnas, ia sudah tampil sebanyak 24 kali untuk Prancis U-21.

4. Erling Haaland dari Salzburg ke Borussia Dortmund: €20 juta (Rp300 miliar)

5 Pemain Termahal di Bursa Transfer Musim Dingin 2020dw.com

Transfer Erling Haaland memang jadi transfer yang menyita perhatian publik. Maklum sang pemain jadi rebutan tim-tim raksasa Eropa seperti Juventus dan Manchester United. Namun, remaja berusia 19 tahun itu akhirnya berlabuh di Borussia Dortmund dengan banderol €20 juta.

Sebelumnya, Haaland tampil tajam bersama Salzburg di musim ini. Ia mengoleksi 28 gol dari  22 penampilannya, delapan gol di antaranya ditorehkan saat tampil pada fase grup Liga Champions.

Pemain asal Norwegia itu  telah meneken kontrak yang berlaku hingga Juni 2024. Sejauh ini, pemain yang digadang-gadang jadi bintang sepak bola dunia pada masa yang akan datang ini memiliki nilai pasar €45 juta atau setara Rp675 miliar.

5. Cristian Eriksen dari Tottenham Hotspur ke Inter Milan: €20 juta (Rp300 miliar)

5 Pemain Termahal di Bursa Transfer Musim Dingin 2020Christian Eriksen resmi diperkenalkan sebagai pemain baru Inter Milan. Twitter/@inter_en

Saga transfer yang melibatkan pemain asal Denmark Cristian Eriksen akhirnya paripurna. Tottenham Hotspurs sepakat melepas Eriksen ke Inter Milan dengan mahar €20 juta. Itu jumlah yang tak sedikit lantaran sang pemain tinggal menyisakan kontrak enam bulan lagi.

Di sisi lain, Tottenham ngotot tak mau melepas sang pemain dengan gratis pada bursa transfer musim panas nanti. Walhasil, The Lilly White melego sang pemain dengan harga lumayan agar mendapatkan keuntungan.

Kontrak berdurasi empat setengah tahun diberikan kepada pemain berusia 27 tahun tersebut oleh Inter Milan, nilai kontraknya digadang-gadang mencapai €90 juta atau setara Rp1,3 triliun. Dengan begitu, ia bakal berseragam biru-hitam sampai 2024 nanti.

Baca Juga: Ditinggal Eriksen, Tottenham Hotspur Permanenkan Lo Celso Hingga 2025

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya