6 Negara Tolak Bermain di Pertandingan Sepak Bola Lawan Rusia

Banyak negara mengecam invasi Rusia ke Ukraina

Jakarta, IDN Times - Sebanyak enam negara mengumumkan jika tim nasionalnya menolak bertanding lawan Rusia di pertandingan sepak bola. Langkah itu dilakukan usai Rusia melakukan invasi ke Ukraina.

Berikut ini adalah daftar federasi sepak bola beberapa negara yang memastikan menolak bertanding kontra Rusia dilansir Antara yang mengutp Reuters.

1. Inggris

6 Negara Tolak Bermain di Pertandingan Sepak Bola Lawan Rusiapotret Timnas Inggris(skysports.com)

Inggris menolak bertanding dengan Rusia sebagai bentuk solidaritas kepada Ukraina. Mereka pun mengutuk invasi yang sudah dilakukan pemimpin Rusia hingga menyebabkan kerugian bagi banyak orang.

“Kami tidak akan bermain melawan Rusia dalam pertandingan internasional apa pun pada masa mendatang. Ini termasuk setiap pertandingan mendatang dalam semua level senior, kelompok usia, atau para sepak bola,” kata federasi sepak bola Inggris (FA).

2. Polandia

6 Negara Tolak Bermain di Pertandingan Sepak Bola Lawan RusiaTwitter.com/EURO2020

Timnas Polandia pun sudah memastikan diri enggan berhadapan melawan Rusia di lapangan hijau. Alasannya masih sama, tak lepas dari eskalasi agresi pemimpin Rusia terhadap Ukraina.

"Ini satu-satunya keputusan yang tepat,” cuit ketua Asosiasi Sepak Bola Polandia Cezary Kulesza dalam Twitter.

Baca Juga: Sabuk Hitam Kehormatan Taekwondo Vladimir Putin Dicopot!

3. Swedia

6 Negara Tolak Bermain di Pertandingan Sepak Bola Lawan RusiaTwitter.com/EURO2020

Swedia juga melakukan langkah serupa. Mereka menilai, Rusia sudah melakukan invasi ilegal dan sangat tidak adil kepada Ukraina. Walhasil, mereka menilai jika pertandingan sepak bola melawan Rusia menjadi tidak mungkin. 

Mereka bahkan mendorong FIFA untuk membatalkan laga babak play-off Piala Dunia pada Maret ini. 

"Oleh karena itu kami mendesak FIFA membatalkan pertandingan play-off yang melibatkan Rusia. Tetapi terlepas dari apa yang dipilih FIFA untuk dilakukan, kami tidak akan bermain melawan Rusia pada Maret,” kata FA Swedia

4. Republik Ceko

6 Negara Tolak Bermain di Pertandingan Sepak Bola Lawan Rusiapotret Patrik Schick bersama Timnas Republik Ceko(skysports.com)

Sama seperti tiga negara sebelumnya, Republik Ceko juga tak mau memainkan pertandingan apapun melawan Rusia. 

"Komite eksekutif FA dengan suara bulat menyetujui keputusan bahwa tim nasional Ceko dalam situasi apa pun tidak akan memainkan pertandingan melawan tim Rusia dalam kualifikasi Piala Dunia 2022," kata FA Ceko.

Baca Juga: FIFA Jatuhkan Sanksi ke Rusia, Tapi Lembek

5. Irlandia

6 Negara Tolak Bermain di Pertandingan Sepak Bola Lawan Rusiarte.ie

Federasi sepak bola Irlandia (FAI) menyampaikan dukungan penuh dan tegas kepada FA Ukraina. Atas sikap solidaritas yang dirasakan, mereka pun memastikan Timnas Irlandia menolak duel dengan Rusia. 

“Kami menegaskan bahwa tidak ada tim Irlandia yang akan bermain menghadapi Rusia dalam level mana pun sampai pemberitahuan lebih lanjut," kata Asosiasi Sepak Bola Irlandia via Twitter.

6. Skotlandia

6 Negara Tolak Bermain di Pertandingan Sepak Bola Lawan RusiaTimnas Skotlandia (breakingnewsworld.info)

Federasi sepak bola Skotlandia memastikan pihaknya terus berkomunikasi dengan UEFA dan FIFA mengenai play-off Piala Dunia FIFA putra, hingga kualifikasi Piala Dunia putri.

“Jika keadaan saat ini berlanjut, kami tidak akan menyetujui pencalonan tim untuk berpartisipasi dalam pertandingan UEFA Regions Cup melawan Rusia yang akan dimainkan Agustus," tulis pernyataan FA Skotlandia.

Baca Juga: Dihukum FIFA dan UEFA, Rusia Gagal ke Piala Dunia 2022

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya