Comscore Tracker

7 Negara Jadi Host Piala AFC 2021, Bali United Main di Mana?

Persipura harus melalui babak play-off lebih dulu

Jakarta, IDN Times - Federasi sepak bola Asia (AFC) resmi menunjuk negara yang bakal menyelenggarakan laga di fase grup Piala AFC 2021. Pengumuman tuan rumah ajang itu diunggah melalui laman resmi AFC pada Senin (1/3/2021) malam WIB.

Beberapa negara, yakni Bahrain (Grup A), Yordania (Grup B dan C), Maladewa (Grup D), Kirgistan (Grup E), Tajikistan (Grup F), Singapura (Grup H dan I), dan Hong Kong (Grup J), dipastikan jadi arena tempur Piala AFC usai melakoni proses undian. Sementara, venue untuk Grup G masih belum terkonfimasi.

Sebelumnya, AFC terpaksa memutuskan babak penyisihan Liga Champions dan Piala AFC dilakukan dengan sistem home tournament. Pandemik COVID-19 yang masih melanda dunia membuat mereka mengeluarkan kebijakan tersebut.

Lalu, di mana Bali United dan Persipura Jayapura bakal berlaga?

1. Venue duel Bali United belum diketahui

7 Negara Jadi Host Piala AFC 2021, Bali United Main di Mana?Instagram.com/baliunitedfc

Bali United dipastikan bakal mentas di Grup G bersama Hanoi FC (Vietnam), Boeung Ket (Kamboja), dan  pemenang play-off zona ASEAN 1. Ketiga tim yang bakal memperebutkan satu tiket di grup ini adalah Hanthawaddy United (Myanmar), Lao Toyota (Laos), Kasuka FC (Brunei Darussalam). Namun, tuan rumah grup G belum ditentukan

Sementara, Persipura masih belum tentu bisa tampil di babak penyisihan Piala AFC. Mereka mesti melewati babak play-off terlebih dahulu. Skuad Mutiara Hitam harus melewati Lalenok United (Timor Leste) atau Visakha (Brunei Darussalam) untuk memastikan satu tiket lolos ke fase penyisihan.

Jika berhasil, Boaz Solossa bakal tergabung di Grup H bersama Lion City Sailor (Singapura), Kedah (Malaysia), Saigon (Vietnam). Mereka bakal tampil di Singapura yang sudah ditunjuk menjadi penyelenggara babak penysiihan Grup H.

2. Laga zona Asia Barat digelar di Bahrain dan Yordania

7 Negara Jadi Host Piala AFC 2021, Bali United Main di Mana?Al Ahed, juara Piala AFC. (aawsat.com).

Pertandingan zona barat Grup A bakal digelar di Manama, Bahrain. Keempat tim yang bersaing di sini adalah Al Hidd (Bahrain), Al Nasr (Oman), Al Wahda (Suriah), dan juara bertahan Al Ahed FC (Lebanon).

Persaingan yang tak kalah seru terjadi di Grup B. Sebab, Al Ansar (Lebanon), Muharraq Club (Bahrain), Al Salt (Yordania), dan Balata Center (Palestina), harus saling sikut dalam laga yang digelar di Amman, Yordania.

Sementara, tiga tim di Grup C, yakni Al Faisaly (Yordania), Al Seeb Club (Oman), Tishreen (Suriah), dan satu tim pemenang babak play-off zona barat juga bakal bertanding di lokasi yang sama dengan Grup B.

3. Pembagian grup di zona Asia Selatan dan Tengah Piala AFC 2021

7 Negara Jadi Host Piala AFC 2021, Bali United Main di Mana?PSM bermain imbang 1-1 melawan Kaya FC Ilo-Ilo dalam laga lanjutan Grup H AFC Cup 2020 di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (10/3). (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib)

Memasuki zona selatan, laga Grup G bakal dihelat di Male, Maladewa. Klub yang bakal mentas di sana adalah ATK Mohun Bagan (India), Maziya Sports & Recreation (Maladewa), dan Bashundhara Kings (Bangladesh).

FC Dordoi (Kyrgizstan) bakal jadi tuan rumah Grup E bersama Ahal FC (Turkmenistan), FC Ravshan (Tajikistan), dan satu tim di babak play-off.

Sementara laga yang digelar di Dushanbe, Tajikistan, adalah persaingan di Grup F, antara FC Alay (Kirgistan), Altyn Asyr FC (Turkmenistan), FC Ravshan (Tajikistan). Satu tempat lainnya akan masih menunggu wakil Uzbekistan, AGMK FC atau FC Nasaf, yang bakal mentas di babak play-off Liga Champions Asia.

Sementara, Grup I zona Asean bakal digelar di Singapura. Tim-tim yang bakal bersaing di sini adalah Geylang International FC (Singapura), Kaya FC-Iloilo (Filipina), Terengganu FC (Malaysia). Satu tempat lainnya bakal diisi Ayeyewady United atau Shan United, tergantung dari hasil play-off Liga Champions Asia.

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya