AC Milan vs Inter Milan, Berebut Posisi Ketiga di Derby Madonnina

Inter Milan menang 1-0 atas AC Milan di duel pertama

Jakarta, IDN Times - Tinggal 11 laga hingga musim 2018/2019 kelar, AC Milan dan Internazionale cukup sulit mencapai posisi paling terhormat di klasemen akhir Serie A. Ketika menjalani laga Derby della Madonnina pada Senin (18/3) dini hari WIB, keduanya hanya mempertaruhkan posisi tiga besar!

Inter dan Milan sekarang berada di posisi lima besar klasemen sementara. Inter berada di peringkat empat dan AC Milan berada di depannya. Mauro Icardi dan kolega tertinggal hanya tertinggal satu poin dari La Beneamata.

Masalahnya, Inter kini layak disebut dalam kondisi krisis saat melangsungkan laga tandang. Sejak memasuki November, pasukan Luciano Spalletti selalu kesulitan jika menghadapi laga tandang. Buktinya, dalam sembilan lawatannya paling anyar, Inter cuma bisa meraih dua kemenangan saja.

Si Biru-Hitam seperti jatuh dari langit ketujuh setelah sempat merasakan level percaya diri nan tinggi saat mengalahkan Lazio 0-3 pada 30 November silam. Hasil impresif tersebut harusnya bisa menjadi dorongan moral, apalagi saat itu Inter masih menargetkan finis di dua besar. Tapi, saat kembali menjalani laga tandang berikutnya, Inter justru dihantam tuan rumah Atalanta 4-1, sekaligus membuat laga tandang Inter berikutnya jadi buram.

1. Inter tampil jeblok di kompetisi Eropa tengah pekan kemarin

AC Milan vs Inter Milan, Berebut Posisi Ketiga di Derby Madonnina7msport.com

Di kompetisi Eropa pun Inter baru saja melewati hasil jeblok di tengah pekan kemarin. Mereka harus kalah 0-1 dari Eintracht Frankfurt di Giuseppe Meazza. Tak pelak, itu bisa jadi penghambat Inter di Derby della Madonnina edisi kali ini.

"Performa negatif pada hari Kamis? Terdapat kekecewaan atas apa yang telah terjadi, itu jelas. Kami seharusnya memulai pertandingan dengan berbeda, kami juga melihat hal yang sama terjadi di leg pertama," kata Spalletti dilansir laman resmi klub.

"Kami harus kembali ke jalur yang tepat dengan peran yang berbeda. Jelas bahwa hasil kemarin terasa pahit, tapi kami harus menerimanya," ujar dia. Spalletti pun tak menampik di tengah pekan kemarin timnya tampil buruk, namun lanjut dia, sekarang menjadi momentum tepat bagi Inter untuk dapat kembali bermain lebih baik lagi.

Baca Juga: Kalah dari Cagliari, Posisi Inter Milan Rawan Tergusur

2. Hasil derbi sangat tergantung dari cara Inter bermain

AC Milan vs Inter Milan, Berebut Posisi Ketiga di Derby MadonninaGetty Images via theworldgame.sbs.com.au

Pelatih berusia 60 tahun itu menyebut bahwa peluang Inter dalam duel kali ini cukup besar. Sebab, kata dia, tak ada jarak yang antara kedua tim. "Yang menyakitkan adalah ketika Anda merasa Anda tidak bisa melakukannya dan hal itu tidak kami rasakan," bebernya ketika Inter tak diunggulkan dalam laga ini.

"Pertemuan sebelumnya berjalan seimbang, kami baru mampu merebut kemenangan di menit-menit akhir. Derby adalah sesuatu yang tidak bisa diprediksi," sambungnya. Yang terpenting, ungkap Spalletti, bagaimana cara Inter bermain dan hasilnya akan bergantung dari hal tersebut.

Disinggung mengenai target mereka untuk finish di atas AC Milan, eks Pelatih AS Roma itu menyebut bahwa Inter memang menargetkan berada di posisi empat besar. Menurutnya, AC Milan adalah saingan berat, tapi finish di peringkat tiga atau dua juga menurutnya memungkinkan.

3. Gattuso menghormati Inter di derbi Derby della Madonnina

AC Milan vs Inter Milan, Berebut Posisi Ketiga di Derby Madonninatwitter.com/acmilan

Di kubu lawan, allenatore AC Milan, Gennaro Gattuso, tak mau menganggap Inter sedang menjadi pesakitan. Menurut dia, setiap derbi memiliki kisahnya sendiri. Jadi pantang baginya untuk menilai Inter berdasarkan tren negatif di laga tandang atau hasil menyakitkan mereka di partai terakhir Liga Europa.

“Selama lima hari terakhir yang saya dengar adalah bahwa Inter sudah mati dan terkubur, tetapi ini adalah derbi. Kami perlu menghormati lawan kami, menggunakan kepala, menunjukkan hati, kecerdasan, dan tekad," ujar Gattuso kepada Football Italia.

"Kerumunan San Siro yang penuh sesak harus menjadi pemain ke- 12 kami," ungkap dia, tetapi lanjut eks pemain Timnas Italia itu, AC Milan harus menghormati Inter karena mereka memiliki mental juara di skuat mereka dan dapat menyebabkan masalah bagi AC Milan.

4. Gattuso minta timnya bermain lebih berani dibandingkan duel edisi pertama

AC Milan vs Inter Milan, Berebut Posisi Ketiga di Derby Madonninabeinsport

Di duel putaran pertama lalu, AC Milan memang kalah dominan dari Inter. Sepanjang laga mereka terus ditekan walau para penggawa ‎I Rossoneri hampir mencuri satu poin dari Inter, mereka harus kemasukan gol Mauro Icardi saat laga tinggal menyisakan perpanjangan waktu.

“Kita harus melarikan diri dari permainan mereka yang menekan, karena pada bulan Oktober mereka tidak pernah membiarkan kita bernapas dengan menghalangi kematian kita. Ini akan menjadi hal yang sama besok, jadi saya ingin sikap yang berbeda dan lebih banyak keberanian," tegas Gattuso.

Lebih jauh, Gattuso tak menampik Derby della Madonnina ini memiliki arti yang penting bagi kedua tim. Sebab, lanjut dia, ada banyak yang dipertaruhkan, tetapi pada akhirnya masih hanya tiga poin untuk diperebutkan dalam duel itu.

"Saya lebih khawatir dengan apa yang bisa terjadi pada level psikologis jika semuanya berjalan buruk. Kemenangan akan memberi kami dorongan mental, tetapi saya harus bekerja lebih keras pada para pemain jika kalah. Ini adalah batu loncatan yang penting dalam perjalanan kami,” ujar dia.

5. Perkiraan susunan pemain dan rekor pertemuan

AC Milan vs Inter Milan, Berebut Posisi Ketiga di Derby Madonninawww.inter.it

Perkiraan susunan pemain 

AC Milan (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Davide Calabria, Mateo Musacchio, Alessio Romagnoli, Ricardo Rodriguez; Franck Kessie, Tiemoue Bakayoko, Lucas Paqueta; Suso, Krzysztof Piatek, Hakan Calhanoglu.

Inter (4-2-3-1): Samir Handanovic; Danilo D’Ambrosio, Stefan De Vrij, Milan Skriniar, Kwadwo Asamoah; Roberto Gagliardini, Marcelo Brozovic; Matteo Politano, Joao Mario, Ivan Perisic; Lautaro Martinez.

 

Rekor pertemuan

22/10/2018    Inter      1 - 0    Milan      Serie A
04/04/2018    Milan    0 - 0    Inter        Serie A
28/12/2017    Milan    1 - 0    Inter        Coppa Italia
16/10/2017    Inter      3 - 2    Milan      Serie A
15/04/2017   Inter       2 - 2    Milan      Serie A

Baca Juga: Kalahkan Cagliari, Gennaro Gattuso: Inilah AC Milan yang Saya Mau!

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya