Comscore Tracker

Ada Potensi Bendera Indonesia Berkibar di Piala Asia Wanita 2022

Timnas Indonesia akan menghadapi Australia di laga pertama

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan semringah, karena ada peluang bendera Merah Putih bisa dikibarkan di Piala Asia Wanita 2022. Dengan demikian, saat lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan sebelum Timnas Indonesia Wanita mentas, bendera Merah Putih bisa dikibarkan.

Skuad Garuda Pertiwi dijadwalkan bakal mentas dalam ajang turnamen elite se-Asia yang digelar di India pada 20 Januari-6 Februari 2022. Mereka berada di Grup B bersama Australia, Thailand, dan Filipina.

“Tadi saya mendengar sudah ada lampu hijau. Namun, saya belum tau kepastiannya. Ada rencana bisa dikibarkan, tapi saya belum tau juga. Ini akan diumumkan kemudian. Saya akan konfirmasi dulu, mudah-mudahan bisa dikibarkan di sana,” kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dalam acara pelepasan Timnas Indonesia Wanita, Minggu (16/1/2022). 

Baca Juga: PSSI Sebut Timor Leste Jadi Lawan Timnas Indonesia di FIFA Match Day

1. Indonesia dilarang menggunakan atribute kenegaraan di event olahraga internasional

Ada Potensi Bendera Indonesia Berkibar di Piala Asia Wanita 2022Skuad Timnas Indonesia merayakan gol Witan Sulaeman ke gawang Laos (Dokumentasi PSSI)

Sebelumnya, atribut kenegaraan dilarang berkibar di beberapa event olahraga, mulai dari bulu tangkis hingga terakhir Piala AFF 2020. Hal itu terjadi lantaran Indonesia mendapatkan sanksi dari Lembaga Anti-Doping Dunia (WADA). 

Walhasil, acap kali ketika atlet nasional mentas membawa nama bangsa, mereka dilarang membawa atau mengibarkan bendera Merah Putih. Hal itu trjadi saat Indonesia meraih gelar Piala Thomas 2020.’

Setelah itu, pada Piala AFF 2020, Timnas Indonesia juga dilarang menggunakan atribut seperti bendera Merah Putih. Sempat ada polemik kala suporter membawa bendera Merah Putih. Namun, AFF pada akhirnya menyatakan suporter boleh membawanya di dalam stadion.

Baca Juga: Indonesia Segera Bebas Sanksi Doping dari WADA?

2. Ketua Gugus Tugas Percepatan Sanksi WADA terus berusaha menyelesaikan masalah

Ada Potensi Bendera Indonesia Berkibar di Piala Asia Wanita 2022Raja Sapta Oktohari (ANTARA/Bayu Kuncahyo)

Selain itu, bendera Merah putih juga tak bisa dikibarkan dalam kejuaraan Asian Youth Para  Games 2021, Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2021, Kejuaraan Karate Asia 2021. Para atlet harus gigit jari walau berhasil meraih banyak prestasi di tiga ajang tersebut.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Sanksi WADA, Raja Sapta Oktohari, beberapa waktu lalu sempat memberikan sinyal kalau Indonesia segera lepas dari sanksi yang membelit. Okto menyatakan hal tersebut disebabkan adanya koordinasi yang positif dengan sejumlah pihak, termasuk WADA selaku otoritas doping dunia.

Namun demikian, Okto mengakui memang tak mudah dalam memperjuangkan Indonesia buat lepas dari sanksi WADA. Sebab, banyak hal yang harus diselesaikan oleh Indonesia.

3. Timnas Indonesia Wanita langsung diuji Asutralia

Ada Potensi Bendera Indonesia Berkibar di Piala Asia Wanita 2022Sam Kerr (kiri) jadi pemain yang patut diwaspadai Timnas Indonesia Wanita. (espn.com)

Jika benar sanksi itu sudah dicabut, kemungkinan besar Timnas Indonesia di Piala Asia Wanita 2022 sudah bisa mengibarkan bendera Merah Putih sejak laga babak penyisihan Grup B dimulai. Pasukan Srikandi dijadwalkan bakal bentrok dengan Australia pada 21 Januari 2022.

Mereka merupakan lawan yang sulit. Selain punya prestasi mentereng sebagai semifinalis Olimpiade, Australia juga dihuni banyak pemain berkualitas. Pemain bintang yang mentas di Women Super League, seperti Alanna Kennedy (Manchester City), Kyah Simon (Tottenham Hotspur) hingga Samantha Kerr (Chelsea) dipastikan bakal jadi ujian skuad Garuda Pertiwi. 

Nama Sam Kerr dipastikan jadi ancaman, karena dikenal sebagai pemain yang cukup tajam. Musim lalu saja, ia berhasil menjadi topskor dengan mencetak 21 gol dalam 22 aksinya bersama Chelsea.

Baca Juga: Ketum PSSI Mau Timnas Indonesia Wanita Lolos Fase Grup Piala Asia

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya