Ada yang Marah Varane ke Manchester United

Ben White dibeli dengan mahar hampir satu triliun

Jakarta, IDN Times - Legenda Arsenal, Sol Campbell, mengecam kebijakan transfer Arsenal musim ini. Terlebih, ketika Meriam London selangkah lagi mendapatkan jasa Ben White dari Brighton and Albion. 

Campbell memang menyayangkan Arsenal kenapa berani mengeluarkan dana 50 juta poundsterling atau Rp999 miliar untuk pemain muda yang belum teruji kemampuannya. Padahal, di sisi lain ada Raphael Varane yang sudah terang-terangan ingin pindah ke Premier League.

"Jika mendapatkan tugas untuk merekrut pemain, saya akan berupaya mendatangkan Varane. Dampak instan bakal langsung dirasakan. Coba amati apa yang sudah dia dapatkan selama ini (prestasi), pengalamannya sangat bagus untuk permainan tim," ujar Campbell dikutip talkSport.

Baca Juga: Adaptasi Jadi PR Besar Varane saat Merapat ke MU

1. Varane lebih murah

Ada yang Marah Varane ke Manchester Unitedindependent.co.uk

Yang membuat Campbell bingung, kenapa Varane dengan banderol lebih murah, tak jadi incaran Arsenal. Padahal, eks klubnya itu punya kesempatan besar mendatangkan Varane, lantaran MU hanya sendirian dalam perburuan bek asal Prancis tersebut.

Bayangkan saja, harga Varane saat ditebus MU masih jauh lebih murah dibandingkan White. Dia hanya dibanderol 35 juta poundsterling atau Rp699 miliar saja. Terpaut Rp300 miliar dengan pemain yang minim pengalaman tampil di kompetisi atau turnamen lebih bergengsi.

Tentu, Campbell mengatakan jika seharusnya hal itu jadi bahan pertimbangan tim yang bertugas melakukan perekrutan.

2. Ben White jelas lebih minim pengalaman ketimbang Varane

Ada yang Marah Varane ke Manchester Unitedtransfermarkt.com

White memang belum memiliki prestasi gemilang layaknya Varane. Paling banter, dia hanya bisa masuk skuad Inggris di Piala Eropa 2020. Itu pun hanya sebagai pemain cadangan, karena Gareth Southgate masih lebih memilih duet Harry Maguire dan John Stone. Jelas pengalaman pun berpihak pada Varane.

Siapapun akan sulit menampik, jika Varane kini dianggap sebagai salah satu bek terbaik dunia. Terbukti, dia sudah memberikan banyak gelar kepada Madrid, mulai dari LaLiga hingga Liga Champions. Belum lagi, Varane sudah meraih gelar Piala Dunia bersama Prancis pada 2018 silam. Itu bakal jadi pengalaman yang berharga untuk sang pemain membimbing anak muda di klub baru.

"Dia merupakan pemenang dan bisa memberikan bimbingan untuk koleganya di Arsenal. Itu pasti yang semua klub inginkan. Usianya masih begitu produktif, karena berada di usia emas. Kariernya di Real Madrid juga sangat istimewa. Hai Arsenal, kenapa tak merekrutnya?" kata Campbell.

3. Seharusnya Arsenal beli dua bek tangguh

Ada yang Marah Varane ke Manchester Unitedgoal.com

Campbell juga memberikan opsi lebih baik kepada Arsenal terkait pemilihan pemain belakang anyar. Dia mengatakan, bisa saja tim asal London itu tetap mendatangkan White, dengan catatan membawa Varane pula sebagai cara untuk meningkatkan kualitas tim.

Namun, nasi sudah menjadi bubur. Tak ada lagi yang harus bisa diratapi. Varane juga dirumorkan sudah sepakat untuk bisa membela MU musim depan. Sementara, White harus membuktikan diri punya kemampuan bersaing yang baik saat diragukan banyak pihak di Arsenal. 

"Tak banyak yang saya tahu mengenai kemampuan White. Yang saya tahu, jika Ben White masuk skuad Inggris untuk Piala Eropa 2020. Saya berharap dia bisa sukses. Seharunya jika ingin membangun tim dan mendapatkan kesuksesan dengan instan, datangkan White dan Varane secara bersamaan," bebernya.

Terlepas dari itu, apa yang diinginkan Campbell sudah sangat sulit terealisasi. Terlebih Varane sudah hampir dikenalkan MU sebagai pesaing abadinya. Dia pun tinggal berharap tuah White bisa memberikan angin segar buat Arsenal yang kini seret prestasi.

Baca Juga: Selangkah Lagi, Raphael Varane Gabung Manchester United

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya