AFC Sudah Siapkan Jadwal, Timnas Indonesia Segera Dikumpulkan

Timnas Indonesia harus perbaiki ranking FIFA

Jakarta, IDN Times - Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, mengungkapkan bahwa Timnas Indonesia bakal segera berkumpul guna menyiapkan diri untuk menghadapi tiga laga sisa di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Menurut Indra, dirinya diminta Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, untuk menyiapkan skuat Garuda dengan baik. Walau pun tak lagi menentukan, PSSI ingin Timnas Indonesia bisa tampil bagus dan meraih hasil maksimal di beberapa laga sisa.

"Ketua Umum PSSI memberi arahan kepada kami (Departemen Teknik) serta tim pelatih supaya merencanakan program persiapan Timnas Indonesia," kata Indra dalam rilis resmi, Senin (8/9).

1. Timnas Indonesia diminta hasil maksimal untuk perbaiki ranking FIFA

AFC Sudah Siapkan Jadwal, Timnas Indonesia Segera DikumpulkanIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Tiga laga sisa dianggap sangat penting juga bagi perjalanan Indonesia. Sebab, hal hasilnya bakal menentukan peringkat Indonesia. Walhasil, kemenangan bisa memaksimalkan langkah mereka dalam perbaikan ranking FIFA.

“Ketua Umum PSSI menaruh perhatian tinggi, agar peringkat Indonesia membaik, setidaknya menembus rangking 150 FIFA,” uar Plt Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi. 

Hasil terbaik juga setidaknya bisa mengangkat mental anak-anak ke depan. Maklum, setelah mengikuti ajang ini, tidak berselang lama Timnas Indonesia juga akan turun di Piala AFF yang direncanakan mulai bulan November 2020.

Baca Juga: PSSI Rapat Bareng FIFA, Piala Dunia U-20 Digelar Sesuai Jadwal

2. AFC sudah umumkan opsi lanjutan babak Kualifikasi Piala Dunia 2022

AFC Sudah Siapkan Jadwal, Timnas Indonesia Segera DikumpulkanKantor AFC di Malaysia. (the-afc.com),

Apa yang dikatakan oleh Indra merupakan bentuk respons dari PSSI. Sebab, Federasi Sepak bola Asia (AFC) sudah memberikan opsi jadwal baru, lanjutan pertandingan babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, yang gagal digelar Maret-Juni 2020 lantaran pandemik COVID-19. Mereka menawarkan laga selanjutnya dimulai pada Oktober 2020.

Dikutip dari laman resmi AFC, jadwal baru matchday ke-7 dan ke-8 akan berlangsung pada 8 dan 13 Oktober 2020. Sementara, matchday 9 dan 10 dijadwalkan akan dimulai pada 12-17 November 2020.

3. Timnas Indonesia sudah tersingkir dari Kualifikasi Piala Dunia 2022

AFC Sudah Siapkan Jadwal, Timnas Indonesia Segera DikumpulkanIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Timnas Indonesia masih menyisakan tiga laga terakhir yang harus dijalani pada babak kualifikasi Piala Dunia 2020. Sebelum menjamu Uni Emirat Arab (UEA), anak asuh Shin Tae-yong ini bakal terlebih dulu bertamu di kandang Thailand, sebelum menutup rangkaian ajang ini dengan menjajal kekuatan Vietnam.

Jika menilik jadwal tersebut, Timnas Indonesia akan kembali memulai kampanye di babak Kualifikasi Piala Dunia 2020, sesuai jadwal Oktober mendatang. Pada 8 Oktober akan bertamu di markas Thailand, 13 Oktober kembali ke Indonesia untuk menjamu Uni Emirat Arab, dan 12 November melawan Vietnam.

Kans Timnas Indonesia lolos ke babak berikutnya memang sudah tertutup. Maklum, sejauh ini skuat Garuda belum pernah sekali pun meraih kemenangan dalam lima laga yang sudah dijalani. Hal itu membuat mereka harus terdampar di posisi juru kunci Grup G, lantaran masih nirpoin.

Baca Juga: Usai Libur Lebaran, Shin Tae-yong Pimpin TC Virtual Timnas U-19

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya