Comscore Tracker

AFC Usulkan Jadwal Baru Kualifikasi Piala Dunia 2022

Timnas Indonesia masih sisakan tiga pertandingan lagi

Jakarta, IDN Times - Federasi Sepak bola Asia (AFC) memberikan opsi jadwal baru, lanjutan pertandingan babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, yang gagal digelar Maret-Juni 2020 lantaran pandemik COVID-19. Mereka menawarkan laga selanjutnya dimulai pada Oktober 2020.

Dikutip dari laman resmi AFC, jadwal barunya matchday ke-7 dan ke-8 akan berlangsung pada 8 dan 13 Oktober 2020. Sementara, matchdays 9 dan 10 dijadwalkan akan dimulai pada 12-17 November 2020.

1. AFC sudah berkonsultasi dengan FIFA untuk segera menggelar putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2020

AFC Usulkan Jadwal Baru Kualifikasi Piala Dunia 2022AFC. (thairath.co.th).

Keputusan ini diambil AFC untuk segera merampungkan babak kualifikasi putaran kedua pada November 2020. Ditambah, sebelumnya mereka sudah konsultasi dengan FIFA, untuk segera memulai babak ketiga kualifikasi Piala Dunia FIFA 2022.

Babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia ini juga direncanakan bakal dijadikan AFC sebagai ajang babak kualifikasi putaran ketiga, untuk menuju Piala Asia 2023 di Tiongkok sebelum fase tersebut digelar pada Maret 2021, sesuai kalender FIFA.

Baca Juga: Skandal Suap di Tubuh FIFA Kembali Dibongkar, Terkait Host Piala Dunia

2. AFC masih melihat kondisi dan kebijakan pemerintah setiap negara Asia

AFC Usulkan Jadwal Baru Kualifikasi Piala Dunia 2022Dok. IDN Times/PSSI

AFC belum memutuskan hal itu secara mutlak. Sebab, mereka bakal terus memantau situasi dengan seksama, untuk memastikan pertandingan tetap berjalan aman dan lancar, dengan memerhatikan keselamatan semua pihak.

Mereka tak mau seluruh orang yang terlibat dalam pertandingan, mulai dari pemain, pelatih, wasit, official, sampai penonton atau pemangku kepentingan lain, harus dikorbankan demi keberlanjutan beberapa agenda pertandingan yang masuk kalender AFC.

Mereka pun bakal kembali mengumumkan kepada khalayak jika kondisi tak memungkinkan kembali menggelar jadwal pertandingan sesuai rencana, karena dampak pandemik COVID-19 yang terus berkembang.

3. Peluang Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2022 sirna

AFC Usulkan Jadwal Baru Kualifikasi Piala Dunia 2022Pemain Timnas Indonesia senior saat melakukan latihan. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Timnas Indonesia sebetulnya masih menyisakan tiga laga terakhir yang harus dijalani pada babak kualifikasi Piala Dunia 2020. Sebelum menjamu Uni Emirat Arab (UEA), anak asuh Shin Tae-yong ini bakal terlebih dulu bertamu di kandang Thailand, sebelum menutup rangkaian ajang ini dengan menjajal kekuatan Vietnam.

Jika menilik jadwal tersebut, Timnas Indonesia akan kembali memulai kampanye di babak kualifikasi Piala Dunia 2020, sesuai jadwal Oktober mendatang. Pada 8 Oktober akan bertamu di markas Thailand dan 12 Oktober kembali ke Indonesia untuk menjamu Uni Emirat Arab.

Kans Timnas Indonesia lolos ke babak berikutnya memang agak mustahil. Maklum, sejauh ini skuat Garuda belum pernah sekali pun meraih kemenangan dalam lima laga yang sudah dijalani. Hal itu membuat mereka harus terdampar di posisi juru kunci Grup G, lantaran masih nirpoin.

Baca Juga: GBK Masuk Nominasi Stadion Terbaik Asia Tenggara Versi AFC

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya