Comscore Tracker

Akira Nishino Didepak dari Kursi Pelatih Timnas Thailand

Akira Nishino tak mampu membuat Thailand berprestasi

Jakarta, IDN Times - Pelatih asal Jepang, Akira Nishino, resmi menanggalkan jabatannya sebagai pelatih Timnas Thailand. Dua tahun menangani negara kuat Asia Tenggara tersebut, posisi Akira akhirnya dicopot federasi sepak bola Thailand (FAT). 

Kerja sama antara kedua pihak dihentikan lantaran Akira dinilai gagal total dalam mengangkat prestasi tim, termasuk di babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Tim Negeri Gajah Perang tampil di luar ekspektasi pada ajang ini, karena hanya memenangkan dua dari delapan pertandingannya.

1. FAT nilai Akira tak bisa mengangkat sepak bola Thailand

Akira Nishino Didepak dari Kursi Pelatih Timnas Thailandthe-afc.com

FAT tak lagi memberikan kepercayaan penuh kepada Akira lantaran sudah dinilai gagal membawa Timnas Thailand berkembang dalam tiga tahun terakhir. Padahal, sejak didatangkan pada 2019 silam, ia dijagokan bisa membawa Thailand disegani di level Asia. Sayang, Akira tak bisa memenuhi target tersebut.

“Karena permainan Thailand tak sesuai dengan keinginan FAT, kedua pihak akhirnya sepakat mengakhiri kerja sama ini walau masih menyisakan kontrak enam bulan lagi,” tulis pernyataan resmi FAT.

Baca Juga: Ada Apresiasi Menanti Atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

2. Gagal bersinar

Akira Nishino Didepak dari Kursi Pelatih Timnas Thailandthe-afc.com

Sepak terjang Akira bersama Timnas Thailand memang tak begitu menonjol. Menangani tim senior dalam 11 laga, Nishino cuma bisa meraih dua kemenangan, lima imbang, dan empat kali menelan kekalahan. 

Sementara, ketika bersama Timnas U-23, ia mampu meraih empat kemenangan, dua kali imbang, dan tiga kali kalah. 

Sejak melanjutkan kampanyenya di kualifikasi Piala Dunia 2022 Juli 2021 lalu, performa Timnas Thailand terus mendapatkan sorotan, karena nirmenang di tiga laga terakhir. Walhasil, kemampuan Akira dipertanyakan.

3. Punya catatan bagus saat menangani Timnas Jepang di Piala Dunia 2018

Akira Nishino Didepak dari Kursi Pelatih Timnas ThailandAkira Nishino. (japantimes.com).

Catatan tersebut memang sedikit mengejutkan. Sebab, sebelumnya Akira sukses membawa Jepang lolos ke fase gugur Piala Dunia 2018. Kala itu, Jepang yang berada di Grup H, berhasil menjadi runnerup dengan meraih empat poin, satu strip di bawah Kolombia yang menjadi juara grup dengan mengoleksi enam poin.

Sayang, langkah mereka terhenti oleh tim peringkat satu dunia, Belgia. Bentrok di babak 16 besar, Jepang harus mengakui keunggulan lawannya itu dengan skor tipis 2-3. Walhasil, mereka harus angkat koper dari Rusia.

Kini, kursi pelatih Timnas Thailand pun tengah kosong. FAT mengungkapkan, bakal mengumumkan pelatih pengganti Akira Nishino beberapa waktu ke depan.

Baca Juga: 7 Timnas yang Paling Sering Dibobol Cristiano Ronaldo, Lumbung Gol!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya