Aksi Unjuk Rasa Fans Paksa Duel MU vs Liverpool Ditunda

Jadwal baru dari Premier League belum ada

Jakarta, IDN Times - Laga akbar Manchester United kontra Liverpool dalam laga lanjutan Premier League 2020/21 resmi ditunda. The Reds pun mendukung keputusan operator kompetisi lantaran memprioritaskan keamanan dan keselamatan semua pihak.

Sejatinya, duel MU kontra Liverpool ini bakal di gelar di Stadion Old Trafford, Minggu (2/5/2021). Namun, Premier League akhirnya mengeluarkan keputusan darurat lantaran pendukung Setan Merah yang melancarkan aksi protes di Stadion menuntut pemilik klub, Malcolm Glazer.

Sekitar 200 fans melakukan aksi unjuk rasa sebelum duel akbar berlangsung. Beberapa menit jelang sepak mula, para pendukung itu semakin tak terkendali. Mereka merangsek ke dalam stadion dengan menyalakan cerawat dan melakukan aksi perusakan fasilitas stadion.

1. Liverpool mengeluarkan pernyataan resmi soal penundaan pertandingan

Aksi Unjuk Rasa Fans Paksa Duel MU vs Liverpool DitundaLiverpool vs Manchester United. (Twitter.com/LFC)

Liverpool menyadari laga melawan MU begitu penting. Hanya saja, keselamatan semua pihak jadi prioritas utama. Mereka pun menerima dan mendukung keputusan membatalkan duel bertajuk Derby North-West itu Minggu malam WIB.

"Liverpool sangat setuju atas keputusan penudaan laga ini akibat kondisi di Old Trafford yang tak memungkinkan. Kekuatan dalam menyiapkan zona aman bagi seluruh elemen yang berkaitan dengan pertandingan jadi yang paling utama," ujar Liverpool dalam rilis resminya.

"Hal itu tak mungkin jadi garansi pada situasi itu (demonstrasi fans) yang berlangsung cepat itu," lanjutnya.

Baca Juga: Mau Beli Manchester United? Siapkan Uang Rp80 Triliun

2. Belum tahu kapan duel MU vs Liverpool dijadwal ulang

Aksi Unjuk Rasa Fans Paksa Duel MU vs Liverpool DitundaManchester United vs Liverpool. (Twitter.com/ManUtd)

Namun, pihak Premier League belum menentukan kapan jadwal baru antara MU melawan Liverpool digelar. Masing-masing klub masih harus berdiskusi dengan operator Premier League dan otoritas terkait sebelum memutuskan jadwal baru dirilis.

"Liverpool terus berkomunikasi dengan Manchester United dan pihak kompetisi. Semua masih berembuk menentukan waktu yang paling tepat untuk pertandingan itu," tulis Liverpool.

Mereka pun memastikan bakal langsung mengumumkannya jika jadwal baru sudah disepakati. Semuanya akan dibeberkan kepada suporter Liverpool seperti seharusnya.

3. Fans Setan Merah amuk pemilik klub

Aksi Unjuk Rasa Fans Paksa Duel MU vs Liverpool DitundaPara pendukung Manchester United yang melakukan demonstrasi Anti-Glazer, Minggu (2/5/2021). (skysport.com).

Sebelumnya, aksi unjuk rasa para sempat mendapat dukungan baik dari legenda seperti Gary Neville dkk hingga manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer. Nama terakhir bahkan sempat memberikan pesan kepada fans jika demonstrasi harus dilakukan dengan damai. 

Gerakan anti-Glazer telah mendapatkan momentum besar dalam beberapa pekan terakhir. Salah satunya karena bergabungnya MU dengan Liga Super Eropa yang kontroversial.

Sebelumnya ketika wacana agar Glazer mundur, wakil ketua Manchester United, Joel Glazer, meminta maaf tanpa syarat kepada fans. 

"Kami salah, dan kami ingin menunjukkan bahwa kami dapat memperbaikinya," katanya.

Tapi kata-katanya tidak banyak meredam amarah fans Setan Merah dan demonstrasi pertama terjadi di luar Old Trafford.

Baca Juga: Jebol Old Trafford, Fans Manchester United Demo Memprotes Pemilik Klub

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya