Alasan Alaba Bungkam Arnautovic saat Austria Kalahkan Makedonia Utara

Arnautovic melakukan selebrasi kontroversial

Jakarta, IDN Times - Di balik kemenangan perdana Austria atas Makedonia Utara 3-1 di laga grup C Piala Eropa 2020, Minggu (13/6/2021), ada kejadian mengejutkan. Peristiwa itu melibatkan pencetak gol terakhir untuk Austria, Marko Arnautovic, dan sang kapten David Alaba.

Yang paling disorot adalah aksi Alaba yang coba membungkam mulut Arnautovic beberapa saat sebelum laga berakhir. Saat Arnautovic melakukan selebrasi, ia terlibat adu mulut dengan salah satu pemain Makedonia dan menunjukkan simbol “white power,” hal itu membuat Alaba yang menjadi kaptennya langsung bereaksi keras.

Aksi tersebut memang berbau kontroversial karena menyinggung masalah politik yang terjadi di negara pecahan Yugoslavia. 

1. Mencaci dan melakukan selebrasi menghina pemain Makedonia Utara

Alasan Alaba Bungkam Arnautovic saat Austria Kalahkan Makedonia UtaraDavid Alaba membungkan Arnautovic setelah melakukan selebrasi kontroversial. (talksport.com).

Dilansir Sportbible, kata-kata kasar yang diungkapkan Arnautovic dalam bahasa Serbia adalah makian berbau rasis yang merendahkan Ezgjan Alioski yang merupakan etnis Albania, yakni kelompok etnis warga negara Makedonia Utara.

Cacian tersebut membuat Alaba membungkam mulut Arnautovic untuk meredakan emosinya. Sang pemain sendiri sempat kaget lantaran Alaba melakukan hal itu.

Beruntung kejadian yang melibatkan keduanya mereda.

Baca Juga: [BREAKING] Diwarnai Hujan 4 Gol, Austria Jinakkan Makedonia Utara

2. Alaba sebut Arnautovic sedang dalam emosi yang tinggi

Alasan Alaba Bungkam Arnautovic saat Austria Kalahkan Makedonia UtaraDavid Alaba membungkan Arnautovic setelah melakukan selebrasi kontroversial. (telegraph.co.uk).

Usai laga berlangsung, Alaba pun mengungkapkan alasan kenapa harus membungkam mulut Arnautovic dengan cekikan. Menurut dia, penyerang andalan Austria itu memang tengah dalam emosi yang tinggi akibat tensi pertandingan yang tinggi.

Ditambah, menurut Alaba, ia juga tengah kesal karena tampil sebagai pemain pengganti dalam duel itu.

“Itu menunjukkan dia tak puas 100 persen, karena sebagai pemain, kesempatan tampil di lapangan jadi tujuan utama. Tapi, kami semua tahu karakter Arnautovic bagaimana, ia selalu memberikan kemampuannya,” ujar Alaba dikutip Kicker.

3. Austria pimpin klasemen grup C Piala Eropa 2020

Alasan Alaba Bungkam Arnautovic saat Austria Kalahkan Makedonia UtaraDavid Alaba membungkan Arnautovic setelah melakukan selebrasi kontroversial. (goal.com).

Dalam duel perdananya, Austria mampu tampil baik sepanjang laga. Selain Arnautovic yang mampu mencetak gol penutup, sebelumnya Stefan Lainer (18’) dan Michael Gregoritsch (78') juga mampu mencetak gol untuk timnya.

Sementara, Makedonia Utara berhasil mendapatkan gol penghibur melalui pemain seniornya, Giran Pandev (28’).

Kemenangan ini membuat Austria kokoh di peringkat pertama klasemen sementara Grup C Piala Eropa 2020. Mereka sama-sama mengumpulkan tiga poin dengan Belanda yang juga menang atas Ukraina di laga lain. Austria unggul produktivitas gol sehingga bisa berada di peringkat pertama.

Baca Juga: Piala Eropa 2020: Sempat Ditahan Imbang, Belanda Tekuk Ukraina 3-2

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya