Comscore Tracker

Alibi PSSI Soal Shin Tae-yong Pulang dengan Biaya Pribadi

Shin tae-yong sempat dinyatakan positif COVID-19

Jakarta, IDN Times - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia buka suara terkait kabar pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yang pulang ke kampung halamannya. Plt Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi menyebut, Shin pulang ke Korea Selatan dengan dana pribadi dan itu sudah disepakati pihak keluarga.

Kantor berita Korea Selatan Yonhap melaporkan, eks Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu pulang dengan ambulans udara. Tak main-main, dia harus merogoh kocek sangat besar untuk pulang, yakni sekitar 30 juta won atau Rp1,5 miliar. 

"Pihak kedutaan datang berkunjung ke PSSI dan langsung ketemu saya, Wakil Sekjen, Direktur Teknik Indra Sjafri, dan dokter timnas. Pertemuan itu berlangsung pada 26 Maret 2021 lalu," kata Yunus dikutip ANTARA.

1. Keluarga meminta izin untuk bawa pulang ke Korea Selatan

Alibi PSSI Soal Shin Tae-yong Pulang dengan Biaya PribadiPelatih Tim Nasional Indonesia, Shin Tae-yong (IDN Times/ Herka Yanis)

PSSI mengklarifikasi polemik yang timbul akibat kepulangan Shin Tae-yong. Yunus menyebut, pihak keluarga sudah meminta izin langsung kepada PSSI untuk mengajak sang pelatih melakukan pengobatan dan pemulihan di Korsel.

"Mereka (keluarga Shin Tae-yong) sekaligus menyampaikan kepada kami bahwa segala biaya yang timbul akan ditanggung oleh pihak keluarga, bukan kedutaan, seperti informasi yang beredar," ujar Yunus.

Baca Juga: Ada Lagi yang Positif COVID-19 di Timnas Selain Shin Tae-yong

2. Shin Tae-yong sudah membuat surat pernyataan

Alibi PSSI Soal Shin Tae-yong Pulang dengan Biaya PribadiLatihan Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong (IDN Times/Herka Yanis)

Yunus pun menyebut, agen sudah menyampaikan keinginannya untuk membawa Shin pulang. Bahkan, pihak Shin sudah membuat surat pernyataan yang mengatakan jika biaya kepulangan pelatih timnas itu bakal ditanggung pihak keluarga. 

Menurut dia, ada kontrak profesional yang harus saling dihargai, dan pihak keluarga Shin Tae-yong dapat memahami sepenuhnya.

PSSI sudah melakukan usaha untuk bertanggung jawab terhadap Shin Tae-yong. Salah satunya adalah menanggung biaya perawatan dia selama dirawat di rumah sakit saat positif COVID-19.

3. PSSI dianggap tak mau tanggung biaya kepulangan pelatih

Alibi PSSI Soal Shin Tae-yong Pulang dengan Biaya PribadiPemain Timnas Indonesia senior saat melakukan latihan. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Sebelumnya, Shin secara mengejutkan memilih kembali  ke negaranya usai dinyatakan negatif dari COVID-19. Hal itu dilakukan usai penyakit yang sebelumnya diidap memburuk.

Yonhap sempat menyinggung soal biaya transportasi yang harus dikeluarkan sang pelatih dari kantong pribadi. Walhasil, PSSI dianggap tak bertanggung jawab karena tak membiayai sang pelatih untuk pulang kampung.

Baca Juga: [BREAKING] Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Positif COVID-19  

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya