Comscore Tracker

Angka-angka di Balik Transfer Donny van de Beek

Donny van de Beek resmi diboyong Manchester United

Jakarta, IDN Times - Transfer Donny van de Beek dari Ajax Amsterdam menuju Manchester United akhirnya rampung juga. Van de Beek resmi menjadi rekrutan pertama Setan Merah setelah United mengumumkan perekrutannya pada Kamis (3/9/2020) dini hari tadi.

Selain peresmian transfer sang pemain, berikut detail angka-angka di balik berlabuhnya Donny van de Beek di Kota Manchester.

1. Biaya total transfer Donny van de Beek ada di angka €45 juta

Angka-angka di Balik Transfer Donny van de Beektwitter.com/ManUtd

Donny van de Beek diboyong MAnchester United dengan mahar sebesar €45 juta. Rinciannya adalah, €40 juta sebagai uang yang dibayarkan di muka oleh United kepada Ajax. Sementara sisa €5 juta klainnya adalah dana yang diberikan sebagai klausul bonus.

Baca Juga: Manchester United Siapkan £40 Juta untuk Donny van de Beek

2. Kontrak 5 + 1 tahun untuk Donny van de Beek

Angka-angka di Balik Transfer Donny van de BeekInstagram.com/donnyvdbeek

Donny van de Beek sendiri nampaknya benar-benar dianggap sebagai investasi jangka panjang oleh Ole Gunnar Solskjaer, manajer Manchester United. Buktinya, ia diberi kontrak dengan total durasi selama 6 musim, lho!

Kontrak awal Donny van de Beek sejatinya "hanya" 5 musim saja hingga Juni 2025, namun United menambahkan opsi perpanjangan otomatis selama 1 tahun selama rentang 5 tahun itu jika klub merasa performa Donny sangat optimal di Old Trafford.

3. Donny van de Beek pilih nomor punggung 34 di Manchester United demi sang sahabat, Abdelhak Nouri

Angka-angka di Balik Transfer Donny van de BeekDonny van de Beek akan mengenakan nomor punggung 34 di Manchester United. Twitter/@adidasUK

Donny van de Beek sendiri resmi akan memakai nomor punggung 34 di Manchester United musim depan. Dalam wawancaranya di situs resmi klub, Donny berujar bahwa itu dilakukannya untuk menghormati dan mengenang karier sang sahabat, Abdelhak Nouri.

"Seperti yang kalian tahu soal Nouri, dia adalah sahabat dekat saya. Ia terkena serangan jantung dan tak lagi bisa bermain sepak bola. Saya memutuskan mengenakan nomor punggung ini (34) dan ingin mengukir banyak memori manis dengan nomor ini bersama United," jelas Donny van de Beek dikutip dari situs resmi klub.

4. Donny van de Beek jadi pemain Belanda ke-13 yang bergabung bersama Manchester United

Angka-angka di Balik Transfer Donny van de BeekInstagram.com/donnyvdbeek

Belanda sendiri memang bukan negara yang asing bagi skuat Setan Merah. Sejumlah nama bintang top asal Negeri Kincir Angin sudah sering wara-wiri di skuat Manchester United dari masa ke masa. 

Khusus Donny van de Beek sendiri, ia menjadi pemain asal Belanda ke-13 yang bergabung bersama Manchester United. Ia menyusul jejak sejumlah nama pemain top dunia seperti Jaap Stam, Ruud van Nistelrooy, Edwin van der Sar, Memphis Depay, hingga senior van de Beek di Ajax, Daley Blind.

Rekor terlama seorang pemain Belanda di skuat Setan Merah sendiri adalah Raymond van der Gouw dan van der Sar yang bertahan 6 musim di Old Trafford. Bisakah van de Beek menyamai atau melewati catatan itu?

Baca Juga: Rashford Gak Sabar Tunggu Transfer Donny van de Beek?

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya