Comscore Tracker

Arhur Irawan Dipanggil Masuk Timnas Indonesia, Warganet Heboh

Timnas Indonesia bakal jalani laga kualifikasi Piala Dunia

Jakarta, IDN Times - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) memanggil Arthur Irawan untuk bergabung dalam pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia. Keputusan ini langsung membuat jagat media sosial bergolak.

Sebab banyak warganet yang mempertanyakan keputusan PSSI memanggil pemain yang sempat berseram Espanyol B itu.

FYI, Arthur merupakan pemain keenam yang diajak bergabung dalam TC Timnas Indonesia di Jakarta. Sebelumnya, Ilija Spasojevic, Muhammad Adi Satryo, Sidik Wahyu, Ady Setiawan, dan Rizky Ridho jadi pemain yang lebih dulu mendapatkan panggilan untuk mengganti beberapa pemain yang absen, seperti Yanto Basna, Muhammad Riyandi dkk. 

Tak sedikit warganet yang menilai Arthur masih belum pantas membela Timnas Indonesia. Sebab, selama membela PSS pun ia acap kali dicibir fans lantaran tak menunjukkan kemampuan terbaiknya. 

1. Warganet pertanyakan keputusan PSSI

Akun Instagram PS Sleman yang notabene merupakan klub Arthur Irawan, diserbu warganet sejak mengunggah foto bergambar sang pemain disertai keterangan Arthur dipanggil Timnas Indonesia. Banyak di antaranya yang heran kenapa pemain berusia 28 tahun itu, hingga mengkritik dengan nada satir soal keputusan PSSI.

“Setiap pemain punya peran masing-masing di timnas. Semua tergantung skema yang akan dimainkan pelatih. kebetulan Coach Shin Tae Yong membutuhkan pemain yang memancing emosi suporter,” tulis akun bernama @setonugro.

Lain halnya dengan yang diungkapkan akun milik James Purba. 

“Yaa semoga Mas Arthur bisa meningkat performanya bersama Timnas Indonesia. Mudah-mudahan coach STY bisa menggembleng arthur. Saya yakin, bila arthur bisa masuk timnas, Irkham dan Samsul Arifin pun bisa. Tapi exco lebih sayang king. Ora popo sing penting yakin,” tulis akun @jamespurba_.

Baca Juga: Selesai Jalani Karantina, Shin Tae Yong Pimpin TC Timnas Indonesia

2. Arthur Irawan punya kesempatan sama dengan pemain lainnya

Arhur Irawan Dipanggil Masuk Timnas Indonesia, Warganet HebohTwitter/@irawan_arthur

PSSI sendiri sudah merilis pernyataan resmi soal pemanggilan Arthur Irawan. Mereka berpendapat, setiap pemain punya kesempatan yang sama untuk bisa menjadi bagian dari Timnas Indonesia.

“Terkait Arthur Irawan, PSSI melalui coaching staff timnas Indonesia menyatakan bahwa tidak bisa mendeskripsikan kualitas satu atau dua pemain. Hal ini karena semua pemain punya kesempatan yang sama untuk dilihat kemampuannya,” tulis pernyataan resmi PSSI.

Arthur sendiri diproyeksikan masuk guna menjadi pengganti beberapa pemain yang cedera, termasuk soal Firza Andika  yang memilih mundur dalam TC Timnas Indonesia karena masih fokus menjalani pendidikan di Akademi TNI Angkatan Udara.  

3. Bakal tampil di UEA untuk hadapi kualifikasi Piala Dunia

Arhur Irawan Dipanggil Masuk Timnas Indonesia, Warganet HebohLatihan Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong (IDN Times/Herka Yanis)

Usai TC di Jakarta, Timnas Indonesia juga dijadwalkan bakal terbang ke Uni Emirat Arab (UEA) lebih cepat. Sebelum mentas di babak kualifikasi, mereka dijadwalkan bakal uji coba melawan Afghanistan (25 Mei) dan Oman (29 Mei).

Rangkaian agenda itu merupakan usaha Timnas Indonesia tampil maksimal menjalani laga sisa di babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Pratama Arhan dan kolega masih menyisakan tiga laga di babak penyisihan Grup G, yakni melawan Thailand (3 Juni), Vietnam (7 Juni), dan UEA (11 Juni).

Walau sudah dipastikan gugur, Shin Tae Yong menargetkan timnya tampil bagus. Dia tak mau timnya kehilangan muka di tiga pertandingan penting yang bakal digelar di UEA.

Baca Juga: Egy Maulana Gabung TC Timnas di Jakarta, Elkan Baggot Nyusul

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya