Comscore Tracker

Arsenal Mendominasi Piala FA, Ini 4 Fakta Menarik di Baliknya

Arsenal catatkan rekor sebagai raja Piala FA

Jakarta, IDN Times - Arsenal mengukuhkan statusnya sebagai raja di Piala FA usai meraih kemenangan sempurna kontra Chelsea pada babak final yang dihelat Sabtu (1/8/2020) malam. Sempat ketinggalan, The Gunners sukses membalikkan keadaan menjadi 2-1 untuk menggenapkan raihan gelar serupa menjadi 14 kali.

Kedua tim menyuguhkan laga yang cukup menegangkan demi meraih satu trofi pada musim ini setelah gagal di Premier League 2019/2020. Tak pelak, pertarungan antar pemain di lapangan hijau final Piala FA ini semakin membuat pertandingan tersebut cukup enak untuk dinikmati.

Anak asuh Mikel Arteta harus tertinggal lebih dulu, karena gol cepat yang diciptakan bintang The Blues, Christian Pulisic. Namun, hal itu ternayat menyulut ambisi para pemain Arsenal di lapangan, sampai akhirnya mereka bisa menguasai jalannya laga.

Topskor klub, Pierre-Emerick Aubameyang mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-28 dan membuat Arsenal dan Chelsea menutup laga pertama dengan skot 1-1. Kemudian, pemain asal Gabon itu berhasil melakukan brace sekaligus memastikan timnya meraih gelar juara di FA.

Di luar kemenangan ini, banyak hal yang sudah dilakukan oleh para penggawa Arsenal dan menghasilkan catatan menarik. Berikut adalah fakta-fakta di balik kemenangan Arsenal atas Chelsea.


Berikut 4 fakta menarik di balik kemenangan Arsenal di laga final Piala FA 2019/2020:

1. Arsenal perbesar rekor sebagai raja di Piala FA

Arsenal Mendominasi Piala FA, Ini 4 Fakta Menarik di Baliknyathescore.com

Keberhasilan Arsenal meraih satu gelar tahun ini lewat Piala FA menjadikannya sebagai penguasa turnamen tertua di Benua Biru itu. Hal itu tentu jadi catatan cukup baik, karena Arsenal tampil inkonsisten di kompetisi domestik musim ini.

Mereka kini berhasil mengoleksi 14 trofi, terpaut dua gelar saja dari Setan Merah mampu jadi pesaing Arsenal di Piala FA. Total, musuh bebuyutan Arsenal itu berhasil mengoleksi 12 gelar juara.

2. Dominasi Arsenal atas Chelsea di pertandingan puncak dalam satu dekade terakhir

Arsenal Mendominasi Piala FA, Ini 4 Fakta Menarik di Baliknyapaininthearsenal.com

Arsenal selalu menjadi mimpi buruk Chelsea ketika tampil dalam babak final di kompetisi serupa. Tim besutan Mikel Arteta ini mencatatkan kemenangan ketiga secara beruntun atas Chelsea ketika mentas di tiga edisi final berbeda Piala FA.

Catatan tersebut masuk dalam momen kekalahan Chelsea di 10 partai final terakhirnya. Itu merupakan rekor yang tak bagus bukan.

3. Pierre-Emerick Aubameyang samai catatan para legenda

Arsenal Mendominasi Piala FA, Ini 4 Fakta Menarik di BaliknyaArsenal.com

Pierre-Emerick Aubameyang tampil sebagai bintang dengan torehan dua golnya dalam laga final kontra Chelsea. Hal itu ternyata mencatatkan sebuah rekor penting yang mampu dipecahkannya.

Eks pemain Borussia Dortmund itu merupakan satu dari lima pemain yang menorehkan dua gol atau lebih bagi klubnya saat mentas di Stadion Wembley dalam satu laga. Dia mampu menyamai para legenda, seperti Eric Cantona serta Bryan Robson dari Manchester United, pendahulunya di Arsenal Ian Wright, dan bintang Liverpool pada masanya, Ian Rush.

4. Catatan rekor milik sang pelatih Mikel Arteta

Arsenal Mendominasi Piala FA, Ini 4 Fakta Menarik di BaliknyaMikael Arteta. express.co.uk

Dua rekor gemilang mewarnai gelar juara Piala FA yang berhasil dipersembahkan juru taktik Mikel Arteta. Hal itu membuktikan jika dirinya sudah dalam jalur yang benar dalam perjalanan karier sebagai pelatih kepala di kompetisi Inggris.

Pertama, Arteta merupakan satu-satunya orang yang mampu memenangan Piala FA dengan status sebagai pemain dan manajer. Kedua, dirinya juga menjadi satu dari dua pelatih Arsenal yang mampu menghadirkan gelar di musim perdananya, setelah catatan pertama yang diraih George Graham pada medio 1986.

Baca Juga: Arsenal Juara Piala FA untuk ke-14 Kali!

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya