Atletico Madrid vs Juventus: Awas Ada Ronaldo, Los Colchoneros!

Atletico Madrid dianggap memiliki set piece terbaik

Jakarta, IDN Times - Terakhir kali Juventus berkunjung ke Stadion Wanda Metropolitano di Liga Champions, mereka kalah tipis 1-0 dari si empunya stadion, Atletico Madrid. Potensi ulangan skor serupa saat keduanya kembali bertemu di stadion yang sama, Kamis (21/2) dini hari WIB nanti. Mungkin sulit terjadi, tapi peluang Atletico menang tetap terbuka lebar.

Andai memiliki mesin waktu dan bisa kembali ke masa lalu, ada dua pertandingan yang pasti diingat oleh pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone. Pertama adalah duel perdana melawan Juventus di Liga Champions 2014 (menang 1-0) dan leg kedua tampil imbang (0-0) saat bersua lawan yang sama.

Los Colchoneros tentu dibayanagi kenangan indah itu saat bertemu Si Nyonya Tua dalam duel di babak 16 leg pertama kali ini. Apalagi, modal tripoin akan sangat berharga untuk meringkankan duel jilid dua yang akan dihelat di Allianz Stadium.

1. Ronaldo sudah cetak 22 gol ke gawang Atletico Madrid

Atletico Madrid vs Juventus: Awas Ada Ronaldo, Los Colchoneros!cronaldodaily.com

Akan tetapi, Atletico juga dihantui catatan kurang baik karena sosok Cristiano Ronaldo. Acap kali bertemu, pemain asal Portugal itu lebih sering membuat Atletico Madrid menderita kekalahan. Wajar jika Ronaldo dianggap menjadi momok menakutkan dalam duel kali ini.

Secara keseluruhan, Ronaldo sudah pernah tampil melawan Atletico Madrid sebanyak 31 kali. 15 kali di antaranya dapat diakhiri dengan kemenangan, dan sisanya delapan kali kalah serta delapan kali seri.

Yang paling penting, Ronaldo juka cukup produktif kala berhadapan dengan Atletico Madrid, karena bisa membobol jala lawan sebanyak 22 kali dan memberi asis 8 kali.

Baca Juga: Tersukses di Atletico Madrid, Diego Simeone Resmi Teken Kontrak Baru 

2. Kehadiran Ronaldo di Juventus menguntungkan, tapi ...

Atletico Madrid vs Juventus: Awas Ada Ronaldo, Los Colchoneros!goal.com

Allenatore Juventus, Massimiliano Allegri, mengungkapkan bahwa kehadiran Ronaldo menguntungkan timnya jika melihat catatan statistiknya. Namun demikian, Allegri tetap menilai laga yang akan digelar nanti akan berjalan sulit.

"Memiliki Ronaldo jelas merupakan keuntungan, sebab dalam 10 tahun terakhir pencetak gol terbanyak turnamen ini adalah dia dan Lionel Messi," kata Allegri seperti dilansir Standard. "Dengan Ronaldo, yang terbaik di dunia, Anda memiliki lebih banyak peluang untuk menang, tapi Anda tidak memenangkannya secara otomatis."

Pelatih berusia 51 tahun itu pun memastikan timnya tak mau mengambil hasil imbang dalam laga nanti. Ia juga menilai pentingnya mencetak gol pada leg pertama, walau dalam dua laga selalu mencetak angka akan lebih baik.

3. Allegri sebut Atletico Madrid miliki set-piece terbaik

Atletico Madrid vs Juventus: Awas Ada Ronaldo, Los Colchoneros!dreamnewshub.com

Laga ini memang bukan pertandingan biasa, sebab pertandingan ini akan sangat penting bagi kedua tim. "Sama seperti tahun lalu, dua tahun lalu, tiga tahun lalu, empat tahun lalu dan lima tahun lalu. Ini karena Liga Champions selalu menjadi tujuan bagi Juventus," ungkap Allegri.

"Ini akan menjadi pertandingan yang bagus antara dua tim yang memiliki organisasi yang sangat baik. Atletico telah mempertahankan kekuatannya dan memanfaatkan set-piece terbaik," kata dia. Ini adalah leg pertama dari dua pertandingan yang akan digelar, dan Allegri ingin mencari modal dasar untuk melaluinya.

4. Simeone lebih tertarik membahas timnya ketimbang Ronaldo

Atletico Madrid vs Juventus: Awas Ada Ronaldo, Los Colchoneros!gmc.com.ar

Di sisi lain, Diego Simione enggan terpengaruh dengan performa Ronaldo kala berhadapan dengan timnya. Walau diakuinya, Ronaldo akan menjadi sorotan dalam pertandingan nanti. Namun, pelatih asal Argentina itu tak tertarik membicarakannya. Ia lebih tertarik mengomentari kesiapan timnya. Terlebih, para pemainnya menunjukan semangat luar biasa jelang pertandingan.

"Dia (Ronaldo) membuat keputusan untuk berubah dan telah mengambil tantangan besar untuk pergi ke Juventus, tapi kami malah memikirkan tentang (Antoine) Griezmann, (Alvaro) Morata, (Diego) Costa, Koke, dan Saul. Mereka bersemangat dan ingin menunjukan permainan yang bagus," ujar dia.

5. Simeone anggap peluang Atletico Madrid dan Juventus sama kuat

Atletico Madrid vs Juventus: Awas Ada Ronaldo, Los Colchoneros!calciomercato.com

Ia juga mengakui bahwa Juventus merupakan lawan kuat. Terutama Allegri yang mampu membawa tim cukup konsisten dalam waktu bertahun-tahun. Ditambah lagi, skuat Juventus juga diisi pemain-pemin berkualitas.

"Tapi, kami memiliki cara untuk membawa permainan seperti apa yang kami inginkan," bebernya."Kedua tim ini memiliki peluang yang sama, yakni 50 persen. Tak ada pihak yang memiliki keunggulan lebih besar dari yang lain."

 

Prakiraan pemain:

Atletico Madrid (4-5-1): Jan Oblak; Santiago Arias, Diego Godin, Jose Maria Gimenez, Juanfran; Thomas Partey, Saul Niguez, Angel Corea, Thomas Lemar, Antoine Griezmann; Alvaro Morata.

Juventus (4-3-3): Woljciech Szczesny; Joao Cancelo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, 12-Alex Sandro; Miralem Pjanic, Rodrigo Bentancur, Blaise Matuidi; Paulo Dybala, Mario Mandzukic, Cristiano Ronaldo.

 

Rekor pertemuan

09/12/2014     Juventus              0-0     Atletico Madrid        (Liga Champions)
01/10/2014     Atletico Madrid   1-0     Juventus                   (Liga Champions)

Baca Juga: Hadapi Atletico Madrid, Allegri: Cristiano Ronaldo Untungkan Juventus

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya