Comscore Tracker

Bakal Hadapi Dua Laga Berat, Persija Justru Dihantam Badai Cedera

Kondisi Bruno Matoas masih belum 100 persen

Jakarta, IDN Times - Persija Jakarta sukses membungkam PSS Sleman dengan skor 1-0 dalam laga lanjutan Liga 1, Rabu (3/7). Kemenangan yang cukup melegakan karena ini kemenangan pertama yang diraih Persija dalam lima laga awal musim ini.

Namun Macan Kemayoran, demikian Persija dijuluki, belum bisa bernafas lega. Sebab ada dua lawan berat yang telah menanti mereka pekan ini, yakni Borneo FC dan Persib Bandung. Beban Persija semakin berat karena jarak dua pertandingan tersebut berdekatan.

Persija akan menghadapi Borneo pada leg kedua babak semifinal Piala Indonesia 2018/19 yang akan digelar Sabtu (6/7). Tiga hari kemudian mereka harus meladeni Persib Bandung.

1. Persija tak bisa menurunkan kekuatan terbaiknya saat menjamu Persib

Bakal Hadapi Dua Laga Berat, Persija Justru Dihantam Badai CederaTwitter/@Persija_Jkt

Selain dua laga berat di depan mata, Persija juga tengah menghadapi problem lain, yakni cedera pemain. Beberapa pemain yang harus rehat lantaran cedera antara lain Andritany Ardhiyasa (harus absen sekitar sepuluh laga), Rezaldi Hehanusa (belum diketahui kapan pulih), Ramdani Lestaluhu, Steven Paulle, Ryuji Utomo, dan Heri Susanto yang juga masih diragukan tampil

Baca Juga: Dikalahkan Persija, Pemain PSS Salahkan Teriakan Penonton

2. Bunuelos: Persija tak tergantung satu pemain saja

Bakal Hadapi Dua Laga Berat, Persija Justru Dihantam Badai CederaIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Badai cedera tersebut membuat pelatih Persija, Julio Bunuelos, tak bisa menurunkan kekuatan terbaik timnya dalam dua laga penting. Karena itu ia harus memutar otak. Namun ia optimistis menatap dua laga berat yang akan dihadapi timnya.

"Kami sadar bahwa laga lawan Borneo FC bakal sulit. Memang, kami ada beberapa pemain cedera seperti Andritany, tapi kami memiliki tim yang kuat, kami tak tergantung satu pemain karena banyak pilihan dan memberikan banyak variasi," kata Bunuelos saat ditanya seberapa besar pengaruh pemain yang cedera mengurangi kekuatan Persija.

3. Bunuelos harus segera memperbaiki penurunan performa Persija pada babak kedua

Bakal Hadapi Dua Laga Berat, Persija Justru Dihantam Badai Cederapersija.id

Pelatih asal Spanyol tersebut mungkin bisa sedikit bernapas lega, lantaran para pemain pengganti mampu menjawab kepercayaan saat mempersembahkan kemenangan perdana bagi Persija di Liga 1 musim ini dengan mengalahkan PSS Sleman 1-0.

Hanya saja, hal itu terlihat agak riskan karena dalam laga tersebut Persija juga tampil bukan tanpa celah, sebab performa pemainnya terus menurun saat masuk di babak kedua dalam laga melawan PSS. Tentu, Bunuelos harus memperbaiki hal tersebut agar di dua laga berat nanti jika timnya tak mau tersandung.

4. Bunuelos tetap tak akan melepas dua laga penting

Bakal Hadapi Dua Laga Berat, Persija Justru Dihantam Badai Cederainstagram/@persijajkt

Sebetulnya, bisa saja kolega dari Luis Milla itu memilih laga yang jadi prioritasnya untuk bisa tampil maksimal dengan kekuatan yang tersisa. Namun, hal itu nampaknya tak akan jadi pilihan Bunuelos, sebab ia ingin memaksimalkan keduanya untuk bisa meraih poin penuh.

Disinggung mengenai cara membagi fokus untuk dua laga nanti, Bunuelos memilih untuk konsentrasi ke laga terdekat Persija saja. Sebab, kata dia, hal itu untuk mengurangi beban para pemainnya di lapangan. Sehingga, mereka bisa tampil lepas dari laga ke laga.

"Kami siap dan fokus lawan Borneo FC dulu, baru setelahnya lawan Persib Bandung," bebernya.

5. Matos terus berusaha adaptasi usai menderita cedera

Bakal Hadapi Dua Laga Berat, Persija Justru Dihantam Badai CederaInstagram/@persijajkt

Sementara, gelandang Persija, Bruno Matos, juga menyebut tak akan memprioritaskan salah satu laga dari kedua pertandingan berat itu. Menurut dia, timnya hanya berusaha fokus dan mencari hasil terbaik selangkah demi selangkah.

Ia sadar bahwa tekanan tinggi bakal datang ke para penggawa Persija. Namun, demikian hal itu, lanjut dia, tak dijadikan beban baginya. Yang terpenting, ia terus menunjukkan performa terbaik di setiap laga sehingga hasil akhir akan mengikutinya.

Ia pun terus berusaha untuk cepat beradaptasi kembali dengan tim sebelum menjalani dua duel seru pekan depan. Ia mengaku masih butuh penyesuaian dengan ritme tim untuk mencapai penampilan terbaiknya lantaran sejauh ini ia merasa kondisinya masih 60 persen.

Baca Juga: Kalahkan PSS Sleman, Pelatih Persija Puji Shahar Ginanjar

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You