Comscore Tracker

Bali United Main Sisa Laga AFC Cup 2020 di Vietnam, Bagaimana PSM?

Bali United masih berpeluang lolos ke babak gugur

Jakarta, IDN Times - Federasi sepak bola Asia (AFC) memutuskan untuk memilih Vietnam menjadi venue lanjutan kompetisi AFC Cup 2020. Walhasil, Bali United pun harus tampil di sana lantaran pandemik COVID-19.

AFC sudah mengumumkan hal itu sejak.pekan kemarin. Dan tawaran tersebut pun langsung diterima oleh federasi sepak bola Vietnam (VFF) untuk menggelar semua laga di fase penyisihan untuk Grup F dan Grup G zona ASEAN.

"VFF memberi konfirmasi siap menjadi tuan rumah Piala AFC zona ASEAN pertandingan babak penyisihan Grup F dan G yang menyisakan tiga pertandingan untuk masing-masing klub, yakni pada 23-29 September 2020," tulis pernyataan resmi AFC.

1. Bali United akan tampil di Stadion Quang Ninh Cam Pha

Bali United Main Sisa Laga AFC Cup 2020 di Vietnam, Bagaimana PSM?Pemain baru Bali United, Gavin Kwan Adsitdan rekan-rekannya dalam pertandingan babak kualifikasi Liga Champions Asia . baliutd.com

Bali United bakal mentas di Stadion Quang Ninh Cam Pha bersama klub-klub di Grup G, seperti tuan rumah Than Quang Ninh, Svay Rieng, serta klub yang baru menyatakan bangkrut, Ceres-Negros dan kini berganti nama menjadi United City.

Sementara, laga di Grup F bakal dihelat di Stadion Thong Nhat, Ho Chi Minh. Ada empat klub yang bakal bersaing di dalamnya, yakni Ho Chi Minh City, Yangon United, Hougang United, dan Lao Toyota.

Baca Juga: Ini Jadwal Baru PSM Makassar di AFC Cup 2020

2. Bali United masih bisa lolos ke babak semifinal zona ASEAN

Bali United Main Sisa Laga AFC Cup 2020 di Vietnam, Bagaimana PSM?Gelandang Bali United, Brwa Nouri. baliutd.com

Peluang Bali United untuk lolos ke fase selanjutnya masih terbuka walau mereka berada di posisi paling buncit dengan torehan tiga poin.

Perolehan poin antar tim sangat tipis, di mana United City (7) menduduki peringkat pertama, kedua ada Than Quang Ninh (4), diikuti Svay Rieng dan skuat Serdadu Tridatu dengan peroleh poin yang sama.

Dengan catatan mereka bisa menyelesaikan semua laga nanti dengan kemenangan, setidaknya satu tiket untuk runner-up terbaik cukup realistis bisa diraih untuk menapakkan kaki di babak semifinal zona ASEAN. Sebab, hanya ada tiga tim juara Grup F,G,H serta satu runner up terbaik saja yang lolos ke babak semifinal tersebut.

3. PSM belum tahu bakal main di mana

Bali United Main Sisa Laga AFC Cup 2020 di Vietnam, Bagaimana PSM?PSM bermain imbang 1-1 melawan Kaya FC Ilo-Ilo dalam laga lanjutan Grup H AFC Cup 2020 di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (10/3). (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib)

Sebelum mengumumkan Vietnam sebagai tuan rumah Piala AFC Grup F dan G,  AFC sudah menentukan venue pertandingan babak penyisihan zona Asia Selatan Grup E. Mereka memilih Maladewa yang bakal menggelar pertandingan pada 23 Oktober-4 November 2020.

Namun sejauh ini AFC belum mengumumkan siapa yang bakal jadi host dalam babak penyisihan Piala AFC musim ini untuk Grup H. Belum ada kejelasan mengenai tuan rumah yang bakal menggelar pertandingan klub zona Asia Tenggara tersebut, yang diisi wakil Indonesia, PSM, Shan United, Tampines Rovers, dan Kaya-Iloilo.

Selain pertandingan yang digelar terpusat di beberapa wilayah, Piala AFC edisi kali ini pun mengalami beberapa perubahan regulasi akibat pandemik COVID-19, termasuk seluruh laga yang digelar memasuki fase semifinal bakal dilangsungkan satu leg saja.

Baca Juga: Format AFC Cup Berubah, PSM Tunggu Kepastian Venue

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya