Bali United vs Persija, Tribune Kedua Pendukung Dipisahkan

Polisi pastikan keadaan aman hingga pertandingan Liga 1 usai

Jakarta, IDN Times - Suporter Bali United dan Persija tak bisa duduk berdampingan saat kedua timnya berduel di laga pekan pertama Liga 1 2022/23. Pihak kepolisian memindahkan pendukung kedua tim demi menghindari bentrokan.

Sebagaimana diketahui, Bali United langsung menantang Persija dalam laga pembuka Liga 1 yang digelar di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu (23/7/2022). Cukup banyak suporter Persija, The Jakmania, hadir langsung dalam laga ini.

“Untuk suporter Persija, kami khususkan untuk gate, pintu masuknya di Gate 14. Itu khusus Persija,” kata Kapolres Gianyar AKBP I Made Bayu Sutha Sartana dikutip ANTARA.

1. Polisi bakal pastikan kondisi tertib hingga duel Bali United kontra Persija usai

Made juga menyebut, pihak kepolisian bakal terus memantau seluruh jalannya laga hingga selesai. Dia ingin memastikan jika sampai pertandingan Bali United melawan Persija selesai, kondisinya tetap kondusif dan berjalan tertib.

“Kami memastikan kepada perwira pengendalian bahwa mereka paham dengan tanggung jawabnya masing-masing. Mereka tak boleh meninggalkan tugas sebelum acara ini usai dan sebelum suporter dan kedua tim meninggalkan stadion,” ujar dia.

Baca Juga: Prediksi dan Peta Kekuatan Jelang Laga Bali United VS Persija Jakarta  

2. TNI bantu Polri amankan pertandingan Bali United vs Persija

Bali United vs Persija, Tribune Kedua Pendukung DipisahkanBintang Persija Jakarta, Hanno Behrens, usai jebol gawang RANS Nusantara FC / Instagram @Persija

Dia menyebut, seluruh petugas keamanan yang diturunkan dalam duel Bali United melawan Persija, berasal dari unsur Polri dan TNI. Jumlah keamanan yang menjaga keselamatan hingga ketertiban selama pertandingan ini berjumlah 13 orang.

“Itu dari Polres Gianyar, Polda Bali, dan TNI,” ujar Made.

Mereka dibantu petugas dari satuan keamanan adat (pecalang), petugas Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan satuan pengamanan (satpam) yang berjumlah 500 orang di kompleks stadion.

3. PSSI terus edukasi suporter

Bali United vs Persija, Tribune Kedua Pendukung DipisahkanPintu masuk kantor PSSI saat masih berada di kawasan Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Sebelumnya, PSSI sendiri memastikan, terus meminimalkan terjadinya pelanggaran yang dilakukan suporter di kompetisi Liga 1 2022/23. Berbagai cara pun dilakukan agar hal-hal yang mengganggu jalannya pertandingan dalam kompetisi bisa dihindari.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengungkapkan jika departemen khusus suporter yang dipimpin Budiman Dalimunte terus berkoordinasi dengan seluruh suporter Indonesia untuk memberikan edukasi.

“Dia terus intens setiap saat mendatangi teman-teman suporter di seluruh klub, baik Persib ada Viking, Persija ada The Jakmania, kemudian Bonek [Persebaya] dan lain sebagainya. Sehingga, apa yang diinginkan pemerintah dan federasi [Liga 1 berjalan lancar] itu segera sampai ke mereka,” bebernya

Baca Juga: Menanti Persija Jakarta Rasa Eropa di Liga 1 2022/23

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya