Comscore Tracker

Balik ke Indonesia, Shin Tae Yong Tunggu Vaksin Dosis 2

Shin Tae Yong terlambat pimpin TC Timnas U-23

Jakarta, IDN Times - Shin Tae Yong dipastikan bakal terlambat memimpin Timnas U-23 menjalani pemusatan latihan (TC) pada Agustus 2021. Dia baru bertolak ke Indonesia usai menjalani vaksinasi tahap kedua di Korea Selatan.

Sejatinya, pelatih asal Korsel ini dijadwalkan kembali ke Indonesia pada 23 Juli 2021. Namun, rencana itu mundur dari perkiraan karena kondisi pandemik COVID-19 yang kembali meledak, membuatnya kesulitan melakukan perjalanan ke luar negeri.

PSSI memutuskan TC Timnas U-23 berlangsung di Kalimantan Timur dan Sumatera Selatan mulai 1 Agustus 2021. Hal ini membuat skuad Garuda dipastikan tak bisa dipimpin Shin hingga tiba di Tanah Air.

1. Shin kembali ke Indonesia pada 9 Agustus 2021

Balik ke Indonesia, Shin Tae Yong Tunggu Vaksin Dosis 2Latihan Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong (IDN Times/Herka Yanis)

Sejauh ini Shin masih berada di kampung halamannya. Dia melakukan pengobatan sambil menunggu vaksinasi tahap kedua yang digelar pada awal Agustus 2021. 

"Indonesia tak mengizinkan (WNA) masuk, kecuali sudah menyelesaikan vaksinasi. Jadi, dosis kedua vaksin (Pfizer) baru saya dapatkan pada 6 Agustus 2021. Baru tiga hari setelahnya saya berangkat ke Indonesia," kata Shin dikutip Hankook Ilbo.

Hal ini membuat Timnas U-23 bakal dipimpin sementara oleh asisten pelatih yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Ini Alasan Shin Tae Yong Tinggalkan Timnas Indonesia ke Korea Selatan

2. Jadi tuan rumah babak kualifikasi Piala Asia U-23 2022

Balik ke Indonesia, Shin Tae Yong Tunggu Vaksin Dosis 2Dok. PSSI/Herka Yanis P

Timnas Indonesia memang tengah melakukan persiapan serius untuk menjalani babak kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Berstatus sebagai tuan rumah, Timnas U-23 bakal tergabung di Grup G bersama Australia, Tiongkok, dan Brunei Darussalam. 

Mereka bakal berjibaku dalam duel yang digelar pada 27 hingga 31 Oktober 2021. Target lolos diusung PSSI dalam ajang ini demi bisa tampil perdana di putaran final Piala Asia U-23 2022. 

3. Shin Tae Yong bakal persiapkan tim untuk jalani babak play-off Piala Asia 2023

Balik ke Indonesia, Shin Tae Yong Tunggu Vaksin Dosis 2Timnas Indonesia Senior saat tampil di pertandingan (IDN Times/Herka Yanis)

Selain memimpin pemusatan latihan dalam rangka menyiapkan tim menuju kualifikasi Piala Asia U-23, Shin juga harus segera membentuk tim untuk menjalani play-off kualifikasi Piala Asia 2023. Mereka bakal bentrok dengan Taiwan dalam laga tersebut.

Pertandingan akan berlangsung dua leg. Duel leg pertama dijadwalkan pada 12 Oktober 2021.

"Pertandingan melawan Taiwan kami akan mempersiapkan Timnas Indonesia secara maksimal karena PSSI ingin meraih kemenangan dan tentunya dapat lolos ke Piala Asia 2023 mendatang," bebernya.

Baca Juga: Shin Tae Yong Semprot Wasit Usai Timnas Indonesia Kena Bantai

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya