Comscore Tracker

Ban Kapten Pelangi Guncangkan Piala AFF 2020

Thailand dan Myanmar memakai ban kapten pelangi di Piala AFF

Jakarta, IDN Times -Timnas Thailand menjadi sorotan dalam laga pembuka Piala AFF 2020. Hal itu tak terlepas dari ban kapten yang digunakan Teerasil Dangda dalam pertandingan Grup A melawan Timor Leste, Minggu (5/12/2021).

Tak sedikit warganet yang mempermasalahkan ban kapten yang dikenakan Dangda. Terlebih, usai akun Instagram Timnas Thailand, mengunggah potret pelatih, Alexandre Polking, saat melingkarkan ban kapten yang bermotifkan pelangi ke lengan Dangda.

1. Penggunaan ban kapten pelangi belum umum digunakan di ASEAN

Ban kapten dengan warna tersebut identik dengan dukungan untuk komunitas LGBT. Sebenarnya, penggunaan ban kapten pelangi masih belum umum dipakai di Asia Tenggara.

Tapi, ban kapten ini sering dipakai di kompetisi Eropa. Bahkan, Timnas Jerman sangat sering memakainya di Piala Eropa 2020 lalu dan sempat pula menuai kontroversi setelah fans Hungaria melakukan penolakan.

Baca Juga: Shin Tae Yong Jawab Tantangan Bawa Indonesia Juara Piala AFF

2. Kapten Myanmar juga pakai ban kapten pelangi

Selain Thailand, ada juga kontestan Piala AFF lainnya yang kedapatan menggunakan ban kapten dengan simbol LGBT tersebut. Mereka adalah Myanmar, tim yang juga bakal jadi calon lawan Thailand di Grup A dalam ajang dua tahunan tersebut dalam babak penyisihan.

Kapten Timnas Myanmar, Maung Maung Lwin, yang menggunakan ban kapten pelangi tersebut. Hal itu dapat dilihat dari unggahan akun Instagram dengan nama @indonesiatillidie, saat Maung Lwin bersalaman dengan kapten Singapura, Harris Harun.

3. Beda nasib Thailand dan Myanmar dalam laga pertamanya di Piala AFF

Ban Kapten Pelangi Guncangkan Piala AFF 2020Thailand menang dan Myanmar kalah dalam dua laga pembuka Piala AFF. (affsuzukicup .com).

Pada pertandingan pembukaan Piala AFF 2020, Thailand mampu memulai langkahnya dengan baik. Mereka berhasil mengalahkan Timor Leste dengan skor 2-0 dalam duel yang digelar di National Stadium.

Sementara, Myanmar gagal meraih hasil positif saat bentrok dengan Singapura dalam laga kedua. Tak tanggung-tanggung, mereka harus kalah dengan skor telak 0-3 dari tuan rumah yang tampil cukup baik.

Baca Juga: Wayne Rooney Malaysia Tak Main di Piala AFF, Indonesia Jangan Lengah

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya