Barcelona Gagal Menang Lagi, Bagaimana Nasib Ronald Koeman?

Ronald Koeman dihujani kritik oleh suporter Barcelona

Jakarta, IDN Times - Nasib Ronald Koeman di kursi pelatih Barcelona kian terpojok. Performa Blaugrana masih belum juga membaik. Paling anyar, mereka gagal meraih tripoin saat bersua Valencia.

Tampil di kandangnya, Stadion Camp Nou, Sabtu (19/12/2020) malam WIB dalam laga lanjutan LaLiga 2020/2021 pekan ke-14, Barcelona hanya bisa bermain imbang 2-2 dengan tamunya Los Murcelagos.

Tertinggal satu gol dari tamu lewat lesakan Mouctar Diakhaby (29'), Barcelona sempat menyamakan kedudukan melalui aksi Lionel Messi (45+4') di pengujung babak pertama. Mereka juga sempat membalikan keadaan menjadi 2-1 melalui gol Ronald Araujo (52') sebelum akhirnya Maxi Lopez (69') menyamakan kedudukan dan memaksa laga berakhir imbang 2-2.

1. Ronald Koeman mulai dihujani kritik oleh suporter

Barcelona Gagal Menang Lagi, Bagaimana Nasib Ronald Koeman?Camp Nou, Barcelona, Spanyol (Instagram.com/_campnou)

Situasi ini terang saja membuat Ronald Koeman semakin tertekan. Sejak kedatangannya ke Barcelona, dia belum bisa mengangkat performa Antoine Griezmann dan kolega. Hasil ini jadi kali ketiga kegagalan Barca meraih kemenangan dalam lima laga terakhirnya.

dilansir Marca, kini pelatih berpaspor Belanda itu mendapatkan tekanan hebat. Kritikan bahkan terus dihujankan para suporter kepada Koeman karena performa buruk ini.

Fans sudah hilang kesabaran lantaran tim kesayangannya tampil inkonsisten. Hal itu membuat posisi Koeman di kursi pelatih Barcelona semakin terancam.

Baca Juga: Valencia Vs Barcelona Tanpa Pemenang

2. Presiden Barcelona masih pasang badan

Barcelona Gagal Menang Lagi, Bagaimana Nasib Ronald Koeman?fcbarcelona.com

Walau tekanan suporter sangat besar, manajemen Barcelona nampaknya masih bersabar. Presiden interim Barca, Carles Tusquets bahkan rela pasang badan untuk Ronald Koeman. Menurut dia, manajemen masih memberikan kepercayaan penuh kepada pelatih berusia 57 itu.

"Saya menilai Koeman sudah bekerja cukup bagus dan saya tak akan menyalahkan siapa-siapa [atas performa inkonsisten Barcelona]. Koeman tetap mendapat dukungan penuh dari kami," kata Carles dikutip Cuatros.

"Saya dan Koeman selalu berdiskusi. Dia masih optimistis mengangkat performa Barca," lanjut dia.

3. Barca masih berada di posisi kelima klasemen Laliga

Barcelona Gagal Menang Lagi, Bagaimana Nasib Ronald Koeman?fcbarcelona.com

Hasil imbang tersebut membuat Barcelona bertengger di posisi lima klasemen sementara LaLiga musim ini. Mereka baru mengumpulkan 21 poin, hasil dari enam kali menang, tiga kali imbang, dan empat kali menelan kekalahan.

Mereka tertinggal empat poin dari Villareal yang berada satu strip di atasnya, serta defisit delapan poin dari pemuncak klasemen sementara, Ateltico Madrid yang sudah mengoleksi 29 poin dalam 12 laga yang sudah dijalani.

Baca Juga: 5 Striker Terbaik yang Pernah Dimiliki Barcelona di Era Modern, Moncer

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya