Barito Putera vs Persija: Laskar Antasari Tak Ciut Ancaman Marko Simic

Sudah tiga musim Persija tak pernah menang di kandang Barito

Jakarta, IDN Times - Menjelang pertemuan Barito Putera dengan Persija dalam laga perdana Liga 1 2018 di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Senin (20/5), Marko Simic kembali menjadi pusat perhatian. Penyebabnya, juru gedor Persija itu hampir dipastikan tampil dan berpotensi mengancam pertahanan Barito Putera.

Tak ayal, pemain belakang skuat Laskar Antasari, julukan Barito Putera, sedikit ketar-ketir saat akan bersua dengannya. Maklum pemain yang jadi top skor di Piala Presiden 2018 itu saban laga selalu mencatatkan namanya di papan skor jika tampil saat menghadapi Barito Putera.

1. Barito Putera tak tampil melawan Simic dan Bruno Matos saja

Barito Putera vs Persija: Laskar Antasari Tak Ciut Ancaman Marko Simicpssi.org

Namun, rasa khawatir lantaran bakal berhadapan dengan pemain berpaspor Kroasia itu tak ditunjukkan pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago. Walau Persija kali ini bakal diperkuat Simic dan satu pemain asal Brasil, Bruno Matos, yang tak kalah produktif, Jacksen tak merasa ciut sedikit pun.

"Kami (Barito Putera) tak main lawan Bruno Matos atau Simic, tapi main melawan Persija. Jadi tidak ada pemain yang diwaspadai secara khusus. Kami waspada dengan kekuatan timnya bukan per pemain," kaya pelatih yang kerap disapa Papi tersebut dalam sesi konferensi pers, Minggu (19/5).

Baca Juga: Profil Barito Putera: Siap Lunturkan Dominasi Klub Mapan

2. Simic sudah tak sabar menebar ancaman ke lini pertahanan Barito Putera

Barito Putera vs Persija: Laskar Antasari Tak Ciut Ancaman Marko SimicANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Terlepas dari cara eks pelatih Persipura itu menangani Persija, sosok Simic memang sedikit banyak berpengaruh kepada mental tim tuan rumah. Bagaimana pun, Simic telah membuktikan diri bahwa ia bisa ganas jika berhadapan dengan Barito Putera. Buktinya, tiga gol sudah ia lesakkan ke klub asal Kalimantan Timur tersebut.

"Saya sudah tak bermain tiga bulan dan saya merindukan hal tersebut. Terlebih, saya mendedikasikan hidup saya untuk sepakbola. Saya tak sabar bertanding hari ini dan berjanji akan memberikan penampilan yang terbaik di debut pertama setelah absen beberapa bulan," ujar Simic.

3. Persija kemungkinan masih mengandalkan pemain sayapnya

Barito Putera vs Persija: Laskar Antasari Tak Ciut Ancaman Marko SimicLiga-Indonesia.id

Tim yang dijuluki Macan Kemayoran tersebut sejauh ini memang tak melakukan banyak perubahan. Jika menilik materi pemain sekarang, kekuatan mereka relatif sama dengan musim lalu. Yang membedakan hanya pergantian pemain asing di lini belakang dan tengah, plus pelatih yang terbilang anyar musim ini.

Otomatis, cara bermain mereka pun tak akan jauh berbeda. Sebagaimana diketahui, Persija acap kali mengandalkan sayap dengan melepas umpan-umpan silang di lini pertahanan lawan untuk bisa dimanfaatkan Simic. Kualitas operan kedua sayap dan bek sayap mereka memang sudah tak diragukan lagi sehingga hal itu menjadi skema wajib.

4. Persija punya catatan minor saat berlaga dengan Barito Putera di Stadion 17 Mei

Barito Putera vs Persija: Laskar Antasari Tak Ciut Ancaman Marko SimicTwitter/@Persija_Jkt

Tapi, Persija datang ke Kaltim dengan catatan kurang baik. Sebab, sudah tiga musim Ramdani Lestaluhu dan kolega tak pernah merasakan kemenangan. Di Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016, Persija kalah 1-0 dan dua musim berturut-turut kalah dengan skor 2-1.

Namun demikian, pelatih Persija, Ivan Kolev, tak mau ambil pusing dengan rekor minor tersebut. Ia mengungkapkan hanya ingin fokus menghadapi laga besok dan berpikir kedepan, tanpa dibebani hasil jeblok di beberapa tahun ke belakang.

5. Ada beban di laga pertama, Kolev anggap hal wajar

Barito Putera vs Persija: Laskar Antasari Tak Ciut Ancaman Marko SimicIDN Times/Daruwaskita

“Ya, makanya itu kami harap besok bermain bagus dan hasilnya juga bagus. Pastinya, setiap gim ada beban, itu hal biasa," tutur pelatih asal Bulgaria tersebut. "Apalagi ini pertandingan pertama dalam kompetisi. Persija Jakarta tim juara dan kami mau juga berusaha bisa mengulangi prestasi musim lalu."

Paling tidak, ada modal bagus yang dibawa untuk bisa meraih poin di kandang Barito Putera, yakni mereka bisa mendapatkan tripoin sempurna usai menjungkalkan Shan United dengan skor telak 6-1 di laga terakhir fase grup Piala AFC 2019 yang digelar pekan lalu.

Baca Juga: Persija Jeblok, tapi Ivan Kolev Masih Dipercaya

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya