Comscore Tracker

Barito Putera vs Persipura: Jacksen F. Thiago Lupakan Romantisme

Barito Putera siap bangkit di tangan Djanur

Jakarta, IDN Times - Menapaki laga tandang kompetisi Shopee Liga 1 pekan ke-16, sedikit lebih emosional bagi pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Thiago. Maklum, kali ini ia harus datang ke markas Barito Putera sebagai lawan dalam laga yang dihelat di Stadion Demang Lehman Martapura, Jumat (23/8).

Namun demikian, Jacksen bakal mengesampingkan kegundahan hatinya itu. Ia tak segan untuk mengalahkan mantan anak asuhnya nanti. Baginya, profesionalisme adalah kunci utama dirinya kala menangani tim.

1. Dua laga tandang ke Kalimantan dinilai cukup berat

Barito Putera vs Persipura: Jacksen F. Thiago Lupakan Romantisme

Pelatih berpaspor Brasil ini menyebut bahwa dirinya bakal 100 persen menghadapi laga ini. Ia ingin timnya tetap mempertahankan tren positif di Liga 1 musim ini. Syaratnya cuma satu, menang atau minimal bermain imbang melawan penggawa Laskar Antasari.

"Dua laga away yang dijalani Persipura ke Kalimantan memang cukup berat. Sebab, tim yang dihadapi sangat bagus. Kami sudah berhasil mencuri poin atas Borneo FC, berikutnya lawan Barito juga harus meraih poin," kata mantan pelatih Timnas Indonesia tersebut.

Baca Juga: Menang Lagi, Persipura Lanjutkan Tren Positif

2. Persipura sedang dalam performa oke

Barito Putera vs Persipura: Jacksen F. Thiago Lupakan RomantismeANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Bagi tim tamu, kans untuk mendapatkan poin di markas Barito Putera memang cukup terbuka. Maklum, Persipura sedang dalam performa menanjak. Sejak ditangani Papi, sapaan akrab Jacksen, Boaz Solossa dan kolega langsung tampil moncer.

Buktinya, dalam lima laga yang sudah dilalui, Persipura sudah mengoleksi tiga kemenangan, satu kali imbang, dan sekali kalah saat menjalani laga away ke markas Persebaya.

3. Performa Barito Putera masih belum berubah

Barito Putera vs Persipura: Jacksen F. Thiago Lupakan RomantismePSMMakassar.co.id/Ahmad Alia

Kondisi tuan rumah memang sedang drop, usai ditinggalkan Papi, performanya urung naik. Bahkan, setelah ditangani Yunan Helmi, masalah itu tak berubah. Mereka tetap kesulitan untuk bisa bangkit dan harus menderita kekalahan tiga kali beruntun.

Kini, masalah itu coba diubah oleh suksesor keduanya, Djadjang Nurdjaman yang telah resmi menjadi pelatih Barito Putera. Ia diminta untuk memperbaiki performa Barito Putera untuk kembali tampil baik karena dihuni banyak pemain bagus.

4. Djanur diprediksi bisa bawa perubahan positif bagi Barito Putera

Barito Putera vs Persipura: Jacksen F. Thiago Lupakan RomantismePT Liga Indonesia Baru

Seharusnya hal itu bukan masalah sulit bagi Djanur, sebab ia terbilang sukses jika masuk di tengah jalan saat menangani tim pesakitan. Lihat saja, Persib bandung yang langsung melesat ke posisi lima di TSC 2016. Padahal performanya tak stabil saat menjalani laga bersama Dejan Antonic.

Selanjutnya, kala menukangi PSMS di babak delapan besar Liga 2 musim 2017. Djanur berhasil membawa Ayam Kinantan jadi runner up sekaligus meraih tiket promosi ke Liga 1 2018. Teranyar, masuk menggantikan Alfredo Vera di Persebaya, ia mampu mengantarkan tim tersebut finish di lima besar setelah sebelumnya terseok di papan bawah.

Angin segar itu tentu bisa membawa perubahan positif bagi Barito Putera yang tengah sakit. Dan, duel mereka melawan tim berjuluk Mutiara Hitam adalah momentum yang tepat untuk mengubah situasi.

5. Perkiraan susunan pemain Barito Putera vs Persipura

Barito Putera vs Persipura: Jacksen F. Thiago Lupakan RomantismeLiga-Indonesia.id

perkiraan susunan pemain

Barito Putera (4-3-3): Yoo Jae-hoon; Dandi Maulana, Lucas Rodrigues, Doni Monim, Nazar Zuraidin; Evan Dimas, Bayu Pradana, Gavin Kwan Adsit; Rizky Pora, Samsul Arif, Rafael da Silva.

Persipura Jayapura (4-3-3): Dede Sulaiman; Yohanis Tjoe, Ricardo Salampessy, Ribeiro, Valentino Telaubun; Muhammad Tahir, Oh In-kyun, Ibrahim Conteh; Todd Rivaldo Ferre, Boaz Solossa ,  Ian Louis Kabes .

Baca Juga: PSM vs Barito Putera: Upaya Jaga Rekor Kandang Positif

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You